image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Sumber Protein Rendah Kalori - Banyak Orang yang memilih makanan tinggi protein dan rendah kalori untuk membantu menurunkan berat badan. Seperti yang kita ketahui, protein bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat kenyang lebih lama, sehingga protein menjadi sumber nutrisi wajib dalam menu diet sehat.

Sumber Protein Rendah Kalori Untuk Diet

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan Wajah Sumber Protein Rendah Kalori Banyak Orang yang memilih makanan tinggi protein dan rendah kalori untuk membantu menurunkan berat badan. Seperti yang kita ketahui, protein bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat kenyang lebih lama, sehingga protein menjadi sumber nutrisi wajib dalam menu diet sehat.

Akan tetapi, protein yang dipilih juga harus memiliki kandungan rendah kalori. Untuk itu, ketahuilah sumber makanan berprotein rendah kalori untuk menurunkan berat badan dan tetap menyehatkan badan.

Cara Kerja Protein Menurunkan Berat Badan

Protein adalah salah satu nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan. Protein memiliki peran dalam mengatur berat badan setiap orang. Pada dasarnya, otak meregulasi rasa lapar dan kenyang pada tubuh, termasuk berapa banyak makanan yang bisa kita makan.

Otak akan memberikan sinyal melalui hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang. Ketika tubuh mendapatkan makanan tinggi protein, kadar hormon ghrelin akan berkurang dalam tubuh. Dengan begitu protein dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama.

Untuk orang dewasa biasanya mengkonsumsi 2000 kalori setiap hari, setidaknya membutuhkan 50 hingga 75 gram protein. Akan tetapi kebutuhan kalori dan asupan protein ditentukan berdasarkan umur, tinggi badan, jenis kelamain, berat badan dan kegiatan fisik.

Greek Yogurt

Greek yogurt adalah makanan yang mengandung tinggi protein rendah kalori. Greek yogurt bertekstur tebal dan agak kreamy karena banyak mengandung protein. Dalam 170 gram greek yogurt mengandung 15-20 gram protein. Lebih banyak dari yogurt biasa yang hanya mengandung 9 gram protein saja.

Mengkonsumsi greek yogurt yang diimbangi dengan makanan tinggi protein lainnya dapat meningkatkan metabolise dan membakar kalori dalam tubuh. Namun jangan lupa sertakan makanan karbohidrat berserat lainnya serta lemak sehat ddalam tubuh.

Dada Ayam

Kalian bisa memilih dada ayam tanpa lemak dan kulit dalam jadwal menu makan. Sajikan 100 gram dada ayam yang telah dimasak, biasanya mengandung 30 gram protein. Protein pada dada ayam juga membantu membangun masa otot dan menguatkan tulang serta diimbangi dengan olahraga.

Mengkonsumsi dada ayam bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga mencegah kalian makan lebih banyak. Dalam sebuah studi Jurnal Obesity mengungkap jika diet rendah kalori dan tingi protein pada orang obesitas dapat memperbaiki dan mengontrol nafsu makan mereka.

Kedelai

Kedelai adalah salah satu sumber protein rendah kalori yang berasal dari nabati, rendah lemak dan bebas kolesterol. Kedelai dalam menu diet memberikan dampak kesehatan untuk jantung dengan menurunkan tekanan darah. Kedelai mengandung isoflavon, senyawa antioksidan yang mampu menjaga gula darah dan kadar kolesterol tubuh.

Selain itu, kedelai juga mengandung serat yang tinggi dan protein yang tinggi sehingga bisa membuat kalian kenyang lebih lama. Superfood ini juga memiliki nilai indeks glikemik (IG) rendah yang membantu menjaga gula darah dan nafsu makan jadi terkendali. Tentunya kedelai bisa membantu menjaga berat badan ideal.

Putih Telur

Mengkonsumsi telur secara keseluruhan memang dapat menyehatkan jantung kalian. Untuk menurunkan berat badan, cobalah untuk mengkonsumsi putih telur saja. Pitih telur 5 gram protein dan 16 kalori. Jadi untuk mencapai berat badan ideal, kalian bisa lakukan dengan memilih makana berprotein tinggi.

Bahkan makanan yang memiliki nilai indeks glikemik rendah, membantu menjaga gula darah. Sehingga kalian bisa mengendalikan nafsu makan dan mengontrol asupan kalori untuk menurunkan berat badan dengan sehat.

Leave a Reply