image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa - Kalian mungkin saja mengalami berbagai masalah pada mulit, terlebih lagi ketika puasa. Mulai dari bibir pecah-pecah hingga bau mulut. Hal ini karena tidak ada makan dan minum hampir seharian dan bisa menyebabkan halitosis.

Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan WajahCara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Kalian mungkin saja mengalami berbagai masalah pada mulit, terlebih lagi ketika puasa. Mulai dari bibir pecah-pecah hingga bau mulut. Hal ini karena tidak ada makan dan minum hampir seharian dan bisa menyebabkan halitosis.

Untuk itu kalian membutuhkan cara yang ampuh dalam mencegah dan menghilangkan bau mulut saat puasa. Menurut penelitian Harvard Health Publishing, bau mulut bisa berasal dari dalam atau luar mulit. Penyebabnya bau mulut adalah bakteri di sekitar gigi, lidah dan gusi.

Walaupun puasa seharian, bukan berarti kita tidak bisa menghilangkannya. Kalian bisa mencoba beberapa cara untuk menghilangkan bau mulut saat bulan puasa.

7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Sikat Gigi

Setelah waktu berbuka dan sahur, jangan lupa untuk sikat gigi. Pastikan kalian menjangkau seluruh bagian dalam mulut, sermasuk sela-sela gigi. Hal ini bisa menjadi cara menghilangkan bau mulut saat puasa, karena bagian dalam mulit bersih dari sisa makanan yang bisa menjadi tempat bakteri berkembang.

Namun beberapa orang kurang nyaman kalau harus menyikat gigi dengan pasta gigi saat puasa. Kalian bisa menggunakan pasta gigi herbal atau cukup basahi sikat gigi dengan air saja.

Berkumur

Banyaknya bakteri dan sisa makanan di mulut dapat menimbulkan bau mulut. Kalian dapat menghilangkan bakteri ini dengan cara berkumur menggunakan obat kumur atau mouthwash. Sebaiknya gunakan yang non alkohol dan dapat membunuh bakteri dimulut. Berkumur saat puasa bisa menjadi menghilangkan bau mulut saat puasa.

Bersihkan Lidah

Lidah kalian juga bisa jadi sarang bakteri sehingga muncul bau mulut. Bila merasa napas jadi tidak sedap, kalian bisa membersihkan lidah dengan alat khusus pembersih lidah yang sekarang sudah banyak dijual di toko. Tidak hanya menjaga kebersihan lidah, ini merupakan cara menghilangkan bau mulut saat puasa.

Menjaga Kesehatan Gusi

Bau mulut memang bisa terjadi ketika kebersihan gigi dan mulut tidak terjaga. Bukan hanya gigi, bagian gusi yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Hal ini karena bakteri atau sisa makanan yang berkumpul pada dasar gigi sehingga menjadi bau.

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa karena masalah gusi ini pun bisa kalian lakukan dengan berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter gigi. Kondisi seperti gingivitis atau periodontitis ini memerlukan penanganan langsung.

Manfaatkan Soda Kue Atau Cuka Apel

Jika kalian kehabisan obat kumur, cobalah untuk memanfaatkan cuka apel atau soda kue untuk menghilangkan bau mulut saat puasa. Kalian bisa melarutkannya agar bisa dijadikan obat kumur alami. Baking soda atau soda kue memiliki kandungan natrium bikarbonat yang efektif membunuh kuman.

Sedangkan cuka apel memiliki senyawa asam yang bermanfaat untuk mengurangi pertumbuhan bakteri. Campurkan dua sendok makan dengan satu cangkir air hangat. Lalu kumur selama 30 detik dan bersihkan mulut dengan air biasa.

Mengkonsumsi Jus Buah

Kalian bisa memanfaatkan jus buah tertentu sebagai cara menghilangkan bau mulut saat berbuka puasa. Seperti jus nanas yang diklaim efektif mengatasi kondisi ini. Meski belum ada penelitian yang spesifik, buah nanas memiliki kandungan yang bisa mengatasi masalah peradangan dalam tubuh.

Ditambah dengan senyawa bromelain di dalam buah ini yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh serta menurunkan masalah infeksi akibat bakteri.

Minum Air Putih

Saat menjalani puasa kalian tidak mungkin menjaga asupan air mineral disiang hari. Salah satu cara menghilangkan bau mulut saat buka puasa adalah menjaga area mulut tetap lembap. Kalian bisa menjaga asupan air di waktu buka puasa sampai sahur.

Kalian bisa mengaturnya sesuai dengan kemampuan. Ketika asupan mineral terjaga, maka produksi air liur pun tetap ada, sehingga mencegah bakteri yang berkembang di dalam mulut.

1 Comment

Leave a Reply