image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Cara Menghilangkan Bercak Coklat di Wajah - Mempunyai wajah yang halus dan bersih pastinya menjadi dambaan untuk wanita maupun pria. Sayangnya, ada banyak faktor yang dapat membuat kulit wajah kalian mengalami masalah, seperti bercak coklat pada kulit wajah.

Cara Menghilangkan Bercak Coklat di Wajah

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan WajahCara Menghilangkan Bercak Coklat di Wajah Mempunyai wajah yang halus dan bersih pastinya menjadi dambaan untuk wanita maupun pria. Sayangnya, ada banyak faktor yang dapat membuat kulit wajah kalian mengalami masalah, seperti bercak coklat pada kulit wajah.

Penyebab Bercak Coklat di Wajah – Bercak coklat pada wajah biasanya muncul karena berbagai faktor seperti melasma, freckles dan hiperpigmentasi pascaperadangan.

  • Melasma
    • Melasma adalah bercak coklat hingga kehitaman yang biasanya muncul di wajah. Umumnya melasma terjadi karena adanya penumpukan pigmen gelap di area tertentu. Terutama pada daerah yang menonjol dan banyak terpapar sinar matahari.
  • Hiperpigmegtansi Pascaperadangan
    • Hiperpigmentasi pascaperadangan adalah reaksi peradangan pada kulit yang biasanya diakibatkan oleh bahan kimia tertentu dan proses trauma fisik yang akhirnya meninggalkan bekas kecoklatan di kulit.
  • Freckles
    • Frekles adalah bercak coklat di wajah yang umumnya muncul karena faktor genetik. Biasanya freckles muncul ketika lahir di wajah. Kondisi ini terjadi pada orang yang memiliki warna kulit dan mata yang berwarna terang.

Cara Menghilangkan Bercak Coklat di Wajah

Bercak coklat pada wajah sedikit susah untuk dihilangkan. Meskipun dapat memudar, bercak kecoklatan tersebut tidak dapat hilang sepenuhnya. Tapi berbeda jika kalian melakukan perawatan kecantikan dengan dokter spesialis kulit. Pada umumnya dokter akan mencari penyebabnya.

Misalkan penyebapnya penggunaan alat kosmetik atau alat kontrasepsi, maka penggunaannya perlu dihentikan. Namun jika disebabkan oleh paparan radiasi sinar UV berlebihan, dokter akan menyarankan kalian menggunakan krim tabir surya. Berikut adalah perawatan wajah yang sering digunakan.

Chemical Peeling

Terapi atau perawatan wajah yang biasa digunakan untuk menghilangkan bercak kecoklatan di wajah adalah dengan chemical peeling. Hal ini ditujukan untuk menghapus daerah kulit dengan tumpukan melanin berlebih didalamnya. Dengan begitu bercak kecoklatan akan berkurang dan perlahan menghilang.

Agen Pemutih

Terapi yang sering dilakukan untuk menghilangkan bercak coklat di wajah dengan menggunakan agen pemutih. Kandungan dalam pemutih yang bisa diresepkan seperti hidroquinon, retinol, arbutin, asam kojic dan lainnya. Kalian perlu berkonsultasi ke dokter kulit untuk menemukan agen pemutih sesuai kondisi kulit kalian.

Terapi Laser ND: Yag

Selain chemical peeling, perawatan lainnya juga bisa dikombinasikan dengan terapi laser Nd: Yag untuk memecah penumpukan melanin. Terapi laser ini mampu mencapai lapisan jaringan kulit yang lebih dalam dibandingkan laser jenis lainnya.

Obat Minum

Tidak hanya terapi langsung ke kulit yang bermasalah, terkadang dokter juga memberikan obat minum. Biasanya kandungan obat yang diberikan mengandung asam askorbat, glutation, vitamin E dan bahan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit kalian.

Jika satu pengobatan tidak cukup, dibutuhkan kombinasi pengobatan lainnya untuk menghilangkan bercak coklat diwajah. Dokter juga memberikan tabir surya, krim wajah dan obat minum yang sesuai kebutuhan kita.

Leave a Reply