image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Tanaman Singawalang - Daun Anamu - Sebagai jenis tanaman yang berasal dari hutan Amazon, daun manfaat singawalang atau daun anamu untuk kesehatan tubuh amant bagus. Bahkan, di benua Amerika tanaman dengan nama latin Petiveria alliacea ini diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat Tanaman Singawalang (Daun Anamu) Untuk Kesehatan

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan Wajah Manfaat Tanaman Singawalang Daun Anamu Sebagai jenis tanaman yang berasal dari hutan Amazon, daun manfaat singawalang atau daun anamu untuk kesehatan tubuh amant bagus. Bahkan, di benua Amerika tanaman dengan nama latin Petiveria alliacea ini diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Apakah kalian sudah tau manfaat daun anamu ini? Penasaran dengan khasiat yang ditawarkan oleh tumbuhan Amerika ini? Berikut adalah penjelasan yang dibahas secara tuntas.

Manfaat Tanaman Singawalang

Beberapa penelitian menunjukan jika anamu atau tanaman singawalang mengandung senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan manusia. Mulai dari antioksidan, antiinflamasi hingga antibakteri dalam satu tumbuhan itu. Tanaman singawalang juga bisa diolah menjadi kapsul, ekstrak dan teh.

Membantu Mengurangi Rasa Sakit

Manfaat tanaman singawalang dalam mengurngi rasa sakit amat membantu. Tanaman singawalang ini memiliki manfaat anti-peradangan. Sifat anti-peradangan tersebut cukup bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Dalam sebuah percobaan, ektrak anamu membantu menghambat peradangan saluran napas, kemokin, mengatur sitokin, dan meningkatkan fungsi paru-paru. Meskipun demikian, masih dibutuhkan banyak penelitian lebih lanjut pada manusia untuk memastikan manfaat daun anamu.

Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, daun anamu ternyata juga dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi otak. Sebuah penelitian dalam Journal of Ethnopharmacology meneliti manfaat ekstrak tanaman singawalang pada tikus menunjukan jika ekstrak yang diberikan meningkatkan memori jangka panjang.

Bahkan, resiko terhadap penyakit Alzheimer pun turut berkurang. Meskipun hailnya terlihat menjanjikan, tetap saja masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk manusia. Akan tetapi tidak ada salahnya mengkonsumsi ekstrak tanaman singawalang untuk tubuh.

Mengurangi Bahaya Radikal Bebas

Manfaat tanaman singawalang adalah mngurangi bahaya radikal bebas. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa antioksidan dalam anamu cukup tinggi. Menurut Journal of Ethnopharmacology, tanaman singawalang memiliki senyawa myricitrin, yaitu glikosida flavonoid yang mempunyai sifat antioksidan, analgesik dan anti-peradangan.

Sudah bukan rahasia jika antioksidan perperan penting untuk melawan radikal bebas. Jika bahaya radikal bebas dapat memperngaruhi kesehatan sperti kerusakan sel, penyebab diabetes, penyakkut jantung hingga alzheimer.

Memiliki Senyawa Antikanker

Pada 2008 peneliti mengungkap bahwa manfaat tanaman singawalang berpotensi memiliki senyawa antikanker. Hal ini didukung dengan fakta ekstrak singawalang membantu mengaktifkan apoptosis, yaitu kematian sel yang sudah terprogram dalam sel kanker.

Kondisi ini terjadi secara alami. Jika sel kanker menyerang tubuh, pergantian sel tersebut akan terganggu dan bisa membuat sel kanker bertahan serta berlipat ganda. Manfaat singawalang bisa meningkatkan apoptosis, hasilnya cukup baik pada kanker payudara, kanker usus besar, melanoma hingga leukimia.

Menkipun terlihat menjanjikan, bukan berarti jika hal tersebut membuat tanaman anamu benar-benar mengandung senyawa antikanker yang bermanfaat bagi manusia. Hal ini dikarenakan terdapat faktor lainnya yang membuat apoptosis terjadi.

Dosis Mengkonsumsi Singawalang

Sampai saat ini masih belum ada penelitian yang benar-benar merokomendasikan dosis . Sementara ini, sebagian besar label aturan pakai suplemen singawalang memberikan dosis antara 400-1250 mg per hari meskipun belum diketahui efektif atau tidak.

Hal ini dikarenakan keterbatasan uji coba anamu terhadap manusia membuat para ahli masih belum yakin apa yang akan terjadi ketika dosisnya melebihi aturan pakai. Ketika digunakana dalam waku yang lama ternyata menimbulkan efek samping seperti:

  • Gelisah dan bingung
  • Rasa ngantuk
  • Tubuh bergemetar
  • Kejang

Tanaman singawalang memang menawarkan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Perlu kalian ingat untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan singawalang secara rutin.

Leave a Reply