image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

jerawat membandel - klinik eva mulia

Cara Menghilangkan Jerawat Membandel yang Tidak Kunjung Sembuh

evamuliaclinic – Terkadang jerawat sering muncul dengan tiba-tiba dan setelah beberapa hari jerawat tersebut hilang dengan sendirinya. Tetapi, jika Anda mempunyai jerawat yang membandel alias susah hilang, Anda tidak perlu khawatir untuk menghilangkannya. Karena Anda bisa melakukan beberapa pengobatan medis dan perawatan rumah. Jika Anda ingin tau cara menghilangkan jerawat yang membandel. Yuk simak ulasan berikut ini.

Baca juga jerawat di dagu.

Apa itu Jerawat Membandel?

jerawat membandel

Jerawat yang membandel merupakan jenis jerawat yang timbul secara abnormal. Jerawat bisa bertahan selama beberapa hari di kulit. Biasanya jerawat ditandai karena sedang mengalami pubertas dan masa-masa remaja. Namun,pada usia lebih dari 20 tahun jerawat juga masih bisa tumbuh lho. Terkadang, jerawat tidak kunjung menghilang meskipun Anda sudah mencoba beberapa metode perawatan di rumah. Anda harus menemui dermatologist atau dokter kulit seperti evamuliaclinic. Setelah 4 hingga 8 minggu mencoba mengobati jerawat sendiri, namun jerawat tak kunjung menghilang.

Baca juga:

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Obat

Ketika Anda ingin menemui dermatologist, maka dokter kulit akan memeriksa kondisi kulit Anda terlebih dahulu. Selanjutnya dermatologist akan berdiskusi dengan Anda untuk merancang program yang sesuai dengan masalah jerawat yang sedang dialami. Beberapa obat mungkin akan dianjurkan, seperti antibiotik, benzoil peroksida, asam salisat. Obat-obatan ini digunakan secara oral atau diterapkan secara topikal (dalam bentuk krim atau salep) ke area yang bermasalah.

Jika jerawat Anda lebih parah, Anda mungkin harus menggunakan isotretinoin. Obat ini dapat digunakan untuk mengobati jerawat nodul (jerawat kista) ketika pengobatan lainnya seperti benzoil peroksida tidak bekerja. Jika Anda sedang hamil, Anda tidak boleh menggunakan obat ini.

Ada juga pengobatan lain dimana Anda tidak harus menggunakan obat-obatan. Terapi cahaya dikombinasikan dengan terapi vakum, atau pengobatan laser, adalah beberapa pengobatan yang dapat dipertimbangkan. Perawatan ini efektif, tetapi mahal. Anda harus berpikir dengan seksama sebelum memilih.

Baca juga:

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Merubah Gaya Hidup

Perawatan kulit untuk jerawat juga penting untuk mencegah jerawat makin parah atau kambuh lagi di lain waktu. Maka dari itu, cara menghilangkan jerawat dengan berbagai jenis obat-obatan tetap tidak akan efektif jika tidak diiringi dengan perawatan pribadi di rumah seperti berikut ini:

  • Jagalah kebersihan kulit tetapi jangan mencuci area yang bermaslah lebih dari dua kali sehari. Ini dapat mengiritasi kulit dan memperparah jerawat.
  • Gunakan air bersih dan sabun ringan untuk mencuci kulit. Air tidak boleh terlalu panas atau terlalu dingin. Air suam-suam kuku adalah pilihan terbaik.
  • Jangan mencoba memecah jerawat. Ini dapat membuat jerawat terinfeksi dan menciptakan bekas jerawat yang lebih besar.
  • Jika dimungkinkan, jangan dulu menggunakan make-up sewaktu kulit Anda sedang bermasalah. Produk make-up dapat menyumbat pori-pori. Jika Anda harus menggunakan make-up, cobalah produk berbasis air atau produk non-komedogenik. Produk ini lebih baik untuk situasi Anda. Dan ingatlah untuk membersihkan make-up sesegera mungkin. Gunakan produk khusus untuk menghapus make-up.
  • Olahraga dan diet juga dapat membantu. Ini membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Jangan biarkan keringat berada lama di kulit, ini tidak baik untuk jerawat.
  • Ingatlah untuk mencuci rambut Anda. Kuman dari rambut dapat menyebar ke kulit.

Jerawat yang membandel sulit untuk dikendalikan. Jika Anda memiliki jerawat yang tidak sembuh setelah 4 hingga 8 minggu, Anda harus mempertimbangkan untuk pergi menemui dermatologist. Pengobatan khusus dapat membantu Anda mengatasi kondisi jerawat yang membandel.

Baca juga: Sering Dijadikan Alternatif untuk Mencerahkan Kulit Secara Instan, Ini Dia Risiko Menggunakan Suntik Vitamin C

Leave a Reply