image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

cara mencegah jerawat - klinik eva mulia

5 Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

evamuliaclinic.com – Jerawat merupakan musuh bagi pria dan wanita karena akan mengganggu penampilan. Ternyata, banyak yang belum sadar jika penyebab jerawat adalah dari kebiasaan sehari-hari. Yuk, ketahui dan terapkan cara mencegah jerawat yang cepat, mudah, dan efektif seperti di bawah ini!

Bakteri Salah Satu Penyebab Jerawat

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara mencegah jerawat, tentu Anda harus tahu dulu mengenai penyebab jerawat. Salah satu penyebab munculnya jerawat pada wajah atau bagian tubuh lainnya yaitu karena adanya penumpukan bakteri yang akhirnya menyebabkan pertumbuhan jamur pada usus dan saluran pencernaan.

Tentu ada beberapa faktor yang membuat bakteri dan jamur tumbuh atau bahkan berkembang biak di dalam tubuh, khususnya saluran pencernaan. Bila jerawat semakin banyak dan tak kunjung sembuh, maka Anda harus segera memerhatikan alat pencernaan.

Cara Mencegah Jerawat

Mengobati tentu jauh lebih sulit daripada mencegah dan hal ini pun berlaku pada jerawat. Jerawat yang sudah parah dan diobati tentu akan meninggalkan bekas. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penyebabnya dan ketahui cara mencegah timbulnya jerawat.

Berikut cara mencegah jerawat yang mudah dan efektif

1. Kurangi Konsumsi Gula

Makanan manis memang selalu menggoda, tapi sayangnya makanan yang tinggi gula akan mempercepat pertumbuhan jamur dan bakteri. Cara mencegah jerawat yang pertama tentunya dengan mengurangi konsumsi gula.

Di sisi lain, Anda mungkin kurang mengonsumsi makanan tinggi serat, padahal serat akan menekan pertumbuhan bakteri jahat.  Buah-buahan dan sayuran yang direbus tentu baik untuk pertumbuhan bakteri baik dan menekan pertumbuhan bakteri jahat. Pemilihan makanan yang salah juga akan mempercepat timbulnya jerawat pada wajah atau bagian tubuh lain.

2. Hindari Antibiotik

Siapa di antara Anda yang sering mengonsumsi antibiotik ketika sakit? Kalau Anda salah satunya, maka sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi antibiotik. Bukan tanpa alasan, ini bisa menjadi cara mencegah jerawat yang paling ampuh.

Faktanya, antibiotik bekerja dengan cara membunuh semua bakteri dalam tubuh. Artinya bukan hanya bakteri jahat, tapi bakteri baik pun bisa terbunuh. Inilah yang menyebabkan wajah berjerawat.

3. Hindari Lemak Jahat

Cara mencegah jerawat yang selanjutnya yaitu dengan menghindari makanan yang mengandung lemak jahat. Salah satu contohnya adalah makanan yang digoreng menggunakan minyak yang sudah digunakan berulang kali. Biasanya hal ini memang sulit dikontrol saat kita jajan di luar.

Banyak yang mengatakan bahwa minyak goreng yang semakin hitam akan memberikan rasa gurih, tetapi kenyataannya ini malah sangat berbahaya bagi pencernaan. Lemak jahat yang berkumpul dalam tubuh terbukti mampu menjadi salah satu faktor penyebab jerawat. Untuk itu, sebaiknya hindari jajan di luar dan masak di rumah menggunakan minyak satu kali pakai.

4. Perhatikan Tingkat Higienis Barang

Coba perhatikan apa yang Anda pegang dan kebersihan barang di sekitar, salah satunya adalah sprei dan handphone. Keduanya tentu digunakan sehari-hari dan bisa berpengaruh sebagai penyebab jerawat karena tanpa disadari, sangat banyak kuman dan bakteri yang menempel pada kedua benda tersebut.

Selanjutnya, Anda juga harus memerhatikan kebersihan tangan karena tanpa disadari, setiap harinya kita akan beberapa kali mengusap wajah menggunakan tangan. Bakteri dan kuman pada tangan yang kotor bisa membuat kulit menjadi meradang dan menyebabkan jerawat.

5. Menggunakan Tea Tree Oil

Cara mencegah jerawat yang terakhir adalah dengan menggunakan sabun pencuci wajah yang mengandung tea tree oil (TTO). Kenapa? Perlu Anda ketahui bahwa TTO mengandung minyak esensial yang dapat membunuh bakteri secara alami pada kulit. Tentunya ini harus dilakukan secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: 12 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Leave a Reply