image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

menghilangkan bopeng bekas jerawat

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat yang Tepat

eva mulia – Bopeng merupakan bekas luka yang dalam pada kulit, biasanya bekas luka ini sulit untuk dihilangkan. Bentuk dari bekas luka ini adalah cekung, seperti lubang atau lekukan kulit. Hal ini terjadi karena lapisan kulit dalam mengalami kerusakan. Banyak orang yang mencoba segala cara menghilangkan bopeng bekas jerawat. Agar lebih tahu bagaimana cara menghilangkan bopeng tersebut, Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat

1. Chemical Peeling

menghilangkan bopeng bekas jerawat

Perawatan Chemical Peeling

Banyak orang memilih melakukan peeling atau pengelupasan kulit untuk mengurangi  jaringan parut. Lapisan asam akan diterapkan pada wajah selama perawatan chemical peeling dilakukan.

Perawatan ini dapat menghilangkan lapisan luar kulit dan membantu sel-sel baru agar beregenerasi. Namun perawatan peeling  tidak benar-benar dapat menghapus bopeng di kulit wajah. Perawatan chemical peeling lebih ditujukan untuk membuat pengelupasan kulit pada bekas luka yang tidak dalam. Peeling wajah ini dapat dilakukan dengan menggunakan cairan khusus wajah yang mengandung:

  • Asam piruvat
  • Asam glikolat
  • Asam salisilat
  • Asam trikloroasetat (TCA)

Biasanya efek samping yang akan di rasakan adalah kulit jadi kemerahan dan iritasi setelah pengelupasan.

2. Krim Wajah Penghilang Bopeng

menghilangkan bopeng bekas jerawat

Menggunakan Krim Wajah

Ada banyak apotek yang menjual krim wajah untuk menyembuhkan bekas luka. Umumnya, krim ini bekerja dengan melembapkan kulit dan mengurangi gejala seperti gatal atau kemerahan saja. Namun penggunaan krim ini akan memakan waktu berbulan-bulan sampai bertahun-tahun prosesnya. Tergantung dari komposisi krim tersebut dan kecocokan dengan kulit. Penggunaan krim ini juga harus dilakukan terus menerus.

Selain itu beberapa masker juga telah mengandung bahan seperti dalam krim ini untuk merangsang pertumbuhan kulit baru dan membantu mengurangi tanda-tanda bekas luka. Tapi. penggunakan masker tidak berpengaruh besar pada wajah. Maka diperlukan waktu yang lama untuk menghasilkan hasil yang diinginkan.

3. Dermabrasi

menghilangkan bopeng bekas jerawat

Perawatan dengan Dermabrasi

Perawatan wajah menggunakan Dermabrasi membuat hasil kulit merata tanpa penggunaan bahan kimia. Pada  proses ini kawat kecil halus akan berputar pada kulit yang mengalami luka untuk mengikis lapisan kulit. Dengan Dermabrasi akan menghilangkan lapisan kulit yang bopeng baik pada bagian dermis (kulit terluar) dan lapisan tengahnya (dermis). Sehingga menciptakan tampilan yang lebih merata pada kulit. Untuk itu carilah  dokter yang ahli dalam bilang dermabrasi. Karena jika cara dermabrasi yang dilakukan tidak tepat, maka akan meningkatkan risiko yang akan menimbulkan bekas luka baru yang membesar atau menyebabkan infeksi kulit.

4. Mikrodermabrasi

menghilangkan bopeng bekas jerawat

Melakukan Microdermabrasi

Penggiat dunia kecantikan, pasti sering mendengar istilah mikrodermabrasi di mana-mana. Perawatan wajah ini bertujuan untuk mengurangi bopeng dengan menghilangkan lapisan kulit terluar. Mikrodermabrasi menggunakan bahan abrasif, seperti kristal kecil bikarbonat atau aluminium oksida untuk menggosok lapisan kulit. Perawatan ini cocok digunakan pada bagian bekas jerawat bopeng yang permukaannya tidak terlalu luas. Proses pada perawatan ini tidak memiliki efek samping, namun akan terlihat dampaknya jika sudah dilakukan secara teratur.

5. Laser Fraksional

menghilangkan bopeng bekas jerawat

Saat ini banyak orang yang melakukan terapi dengan laser untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat. Terapi ini bertujuan untuk merangsang regenerasi pada bekas luka itu sendiri. Sinar yang terdapat pada laser akan diarahkan ke jaringan parut dari bagian bekas luka yang bopeng. Sehingga nantinya, laser ini akan membakar lapisan luar kulit yang bopeng  dan menstrimulasi pertumbuhan sel baru. Setelah melakukan teknik menggunakan laser, bopeng akan terlihat lebih samar.

6. Derma filler

menghilangkan bopeng bekas jerawat

Sederhananya, dermal filler dilakukan dengan mengisi atau menambal bagian kulit yang berlubang. Dermal filler adalah prosedur penyuntikan wajah untuk mengangkat luka bopeng supaya ketinggiannya rata dengan area kulit lainnya.

Bahan yang digunakan untuk suntik filler di wajah biasanya berupa kolagen, lemak Anda sendiri, atau bahan lainnya seperti asam hialuronat. Karena efeknya tidak bertahan lama, cara ini harus dilakukan secara berulang kali dengan jarak 6 sampai 18 bulan supaya hasilnya maksimal.

Baca juga:

Leave a Reply