image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir yang Membandel

eva mulia – Istilah jerawat pasir sering dikaitkan pada jerawat yang muncul secara berbarengan dengan jumlah yang cukup banyak (mirip seperti pasir). Hal ini pasti akan mengganggu penampilan dan bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang.
Lalu, bagaimana cara mengatasi jerawat pasir agar wajah kembali bersih seperti dulu?Apa itu jerawat pasir?Sebenarnya jerawat pasir sama dengan jerawat biasa.
Namun biasanya jerawat ini memiliki ukuran yang kecil  yang biasanya berisi nanah atau lemak serta kotoran dan datang secara bergerombol.
Bila jerawat sudah muncul, biasanya akan berwarna kemerahan. Banyak orang mengalami jerawat ini dibagian pipi atau dahi. Hal ini akibat dahi termasuk dalam zona T, artinya adalah dahi menjadi bagian di wajah yang produksi minyaknya jauh lebih besar dibandingkan bagian lainnya.
Selain itu, biasanya dahi juga menjadi bagian wajah yang sering terpapar minyak dari berbagai produk perawatan rambut.
Kombinasi inilah yang membuat area dahi menjadi tempat favorit jerawat pasir untuk tumbuh, terutama di atas alis dan tepat di bawah garis rambut.Stres yang juga menjadi faktor utama munculnya jenis jerawat yang satu ini.
Perubahan hormon yang signifikan seperti saat menstruasi, kehamilan, dan menopause juga berpengaruh dalam kemunculan jerawat pasir.

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir Berdasarkan Jenis Jerawat

jerawat pasir

Macam-Macam Jenis Jerawat

Berikut ini beberapa jenis jerawat yang biasa muncul sebagai jerawat pasir serta cara menghilangkan jerawat pasir, yaitu:

1. Whiteheads (komedo putih)

Kumpulan komedo putih yang datang secara berkelompok menjadi jenis paling umum yang sering disebut jerawat pasir. Biasanyanya, komedo putih akan terbentuk ketika pori-pori di wajah tersumbat oleh sebum dan sel kulit mati. Selain itu bagian pori-pori juga akan tertutup sehingga terlihat seperti benjolan kecil yang menonjol di kulit.

Dalam mengatasi komedo putih jauh lebih sulit dibanding dengan komedo hitam karena pori-pori yang tersumbat biasanya sudah tertutup. Dengan menggunakan produk yang mengandung asam salisilat dapat membantu meringankan jerawat. Namun bila tidak kunjung hilang juga, periksalah ke dokter kulit.

2. Papula

Papula terjadi ketika dinding yang mengelilingi pori-pori wajah pecah dari peradangan yang parah. Ini menyebabkan pori-pori menjadi iritasi dan meradang. Pada saat itulah papula timbul berupa benjolan kecil berwarna merah pada kulit.

Menggunakan produk yang mengandung benzoil peroksida bisa membantu mengatasi jerawat pasir yang berasal dari papula. Sehingga, benzoil peroksida mampu mengurangi pembengkakan dan menyingkirkan bakteri di dalam kulit. Selain itu, produk ini juga dapat menghilangkan kelebihan minyak pada wajah. Biasanya juga dokter akan memberikan antibiotik minum atau oles dan krim retinoid untuk mengatasi peradangan.

3. Pustula

Tak seperti papula, biasanya pustula diakibatkan oleh dinding di sekitar pori-pori pecah. Pustula terlihas seperti benjolan yang berwarna merah dan penuh dengan nanah. Jerawat ini terlihat mempunyai kepala kuning dan putih di atasnya yang menandai keberadaan nanah di dalamnya. Sama seperti papula, jenis jerawat ini dapat diobati dengan obat yang mengandung benzoil peroksida dan krim retinoid.

Dikutip dari National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Disease, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulit berjerawat Anda, yaitu:

  • Rajinlah untuk membersihkan kulit yang berjerawat setiap hari. Gunakan pembersih yang ringan di pagi hari, setelah berolahraga berat, dan malam hari sebelum Anda tidur. Hindari menggunakan sabun dengan scrub yang kasar karena jerawat Anda bisa iritasi.
  • Keramaslah secara teratur sebab rambut yang berminyak dan kotor bila terkena wajah dapat memperparah jerawat Anda.
  • Jangan menggosok atau menyentuh bagian kulit yang berjerawat dengan tangan kotor. Hal ini bisa membuat jerawat jadi iritasi dan menimbulkan bekas jerawat.
  • Gunakanlah kosmetik yang tepat untuk wajah Anda. Karena ada beberapa kosmetik dapat memperparah jerawat Anda. Untuk itu hidari menggunakan kosmetik yang berlebihan di bagian kulit yang berjerawat.

Konsultasikan  lebih dulu ke dokter untuk mengetahui dengan jelas penyebab pasti dari jerawat pasir yang menyerang Anda, sebelum mengambil tindakan pengobatan. Demikian ulasan kali ini mengenai cara menghilangkan jerawat pasir. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat yang Tepat

Leave a Reply