image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

klinik eva mulia - jerawat di dagu

Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Menghilangkannya!

Eva Mulia – Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Menghilangkannya! Meskipun sudah teratur menggunakan semua produk perawatan kulit. yang namanya jerawat memang suka muncul tiba-tiba.

Bisa di pipi. dahi, di hidung, bahkan jerawat di dagu sekalipun. Jika dilihat, jerawat di bagian dagu memang menjadi salah satu spot favorit jerawat muncul.

Berbeda dengan jerawat kecil atau beruntusan yang lebih sering tumbuh di dahi, umumnya jerawat di dagu berukuran besar. Jerawat di dagu yang meradang bisa membuat kita merasakan sakit saat berbicara ataupun makan.

Ternyata munculnya jerawat di dagu ini bukanlah tanpa alasan, ada beberapa alasan spesifik mengapa dagu menjadi spot favorit munculnya jerawat. Berikut adalah penyebab dan cara menghilangkan jerawat di dagu yang wajib Anda ketahui.

Baca juga:

jenis jenis jerawat

jerawat di hidung

Penyebab Jerawat di Dagu

penyebab jerawat di dagu
jerawat di dagu

Salah satu penyebab munculnya jerawat yaitu karena wajah yang berminyak. Selain jenis kulit berminyak, ada juga orang yang mempunyai jenis kulit kombinasi di mana bagian dahi dan pipi lebih kering, sedangkan area T zone dan dagu cenderung berminyak.

Hal ini lah yang membuat dagu menjadi area sensitif. Nah, berikut ini adalah beberapa faktor mengapa pada akhirnya muncul jerawat di dagu yang merupakan area sensitif!

1. Faktor Hormonal

Penyebab jerawat di dagu yang pertama yaitu karena faktor hormonal. Penyebab yang satu ini memang sulit dihindari dan sering kali menyerang para wanita. Jerawat di dagu disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang biasanya muncul saat masa menstruasi, kehamilan, menopause, atau akibat pengaruh pil KB.

2. Kurang Menjaga Kebersihan

Salah satu penyebab jerawat di dagu yang paling sering terjadi yaitu karena kurangnya menjaga kebersihan. Secara umum memang penyebab jerawat adalah akibat penyubatan pori-pori yang disebabkan oleh banyaknya sisa kotoran di wajah. Oleh karena itu, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kebersihan seluruh area wajah, termasuk dagu.

Bukan hanya harus memerhatikan kebersihan dagu saja, tapi perhatikan juga berbagai benda yang mungkin bersentuhan dengan dagu. Penggunaan helm, syal, atau benda lainnya yang bersentuhan dengan dagu dan kurang bersih, tentunya memungkinkan timbulnya reaksi pada kulit.

3. Pola Hidup

Pola hidup juga sangat berpengaruh pada timbulnya jerawat. Kebiasaan konsumsi makanan berminyak dan junk food bisa menyebabkan jerawat. Di sisi lain, ada juga yang sensitif terhadap kacang-kacangan. Selain itu, kebiasaan merokok, minum alkohol, dan begadang juga ternyata bisa menjadi pemicu rentannya kulit wajah terhadap jerawat.

4. Stres

Bagi sebagian orang, stres yang berlebihan bisa menimbulkan jerawat. Hal ini masih berhubungan dengan timbulnya jerawat akibat pengaruh hormon. Stres yang berlebihan bisa membuat hormon kita tidak seimbang dan pada akhirnya munculkah jerawat.

5. Make Up dan Skin Care

Faktor penyebab jerawat di dagu selanjutnya adalah karena penggunaan make up dan skincare yang salah. Timbulnya jerawat dapat mengindikasikan adanya kandungan dalam make up dan skin care yang berbahaya atau tidak cocok dengan kulit Anda. Kasus lainnya adalah kebiasaan menghapus make up yang kurang bersih sehingga meninggalkan kotoran yang akhirnya menyumbat pori-pori.

Baca juga:

Cara Menghilangkan Jerawat di Dagu

Setelah mengetahui beberapa penyebab munculnya jerawat di dagu. Saatnya kita untuk membahas mengenai cara mengatasi jerawat. Berikut adalah beberapa cara yang dapat menjadi pilihan Anda!

  • Menjaga Kebersihan

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan wajah Anda. Bersihkan wajah dua kali sehari dan selalu lakukan deep cleansingsetelah Anda menggunakan make up. Hindari menyentuh tubuh dengan benda-benda yang kotor.

  • Menggunakan Masker Alami

Menghilangkan jerawat di dagu dapat dilakukan dengan cara menggunakan masker alami. Ada beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai masker penghilang jerawat yaitu lidah buaya, perasan lemon, madu, mentimun, tomat, kulit pisang, lidah buaya, dan masih banyak lagi. Bahan alami yang mengandung antibakteri dan antiinflamasi akan sangat bermanfaat  untuk mengurangi jerawat.

  • Pilih Produk Make Up dan Skin Care yang Tepat

Pastikan Anda menggunakan produk make up dan skin care yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selalu periksa dengan teliti kandungan dalam make up. Pilih make up yang oil-freedan water based jika diperlukan. Jika jerawat masih meradang, usahakan untuk berhenti sementara dari penggunaan make up.

  • Berpikir Positif

Cara yang satu ini bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat yang dipengaruhi oleh hormon. Berpikir positif dapat menghindarkan Anda dari stres dan juga mampu untuk menjaga mood Anda agar ketidakseimbangan hormon tidak menimbulkan efek yang semakin parah.

Cara ini dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat yang dipengaruhi oleh hormon. Berpikir positif bisa menghindarkan Anda dari stres dan mampu untuk menjaga mood Anda agar ketidakseimbangan hormon tidak menimbulkan efek yang semakin parah.

Demikianlah beberapa  penyebab dan cara untuk menghilangkan jerawat di dagu. Sebelum memilih cara untuk mengobatinya, pastikan Anda mengenali penyebab spesifik dari munculnya jerawat di dagu Anda. Selamat mencoba!

Baca juga: manfaat kolagen untuk jerawat

Leave a Reply