image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Minyak Pappermint Untuk Rambut - Selain terkenal karena manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita, kadnungan minyak peppermint juga dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk pertumbuhan rambut.

Minyak Peppermint Untuk Rambut

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan Wajah Manfaat Minyak Pappermint Untuk Rambut Selain terkenal karena manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita, kadnungan minyak peppermint juga dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk pertumbuhan rambut. Apa kah benar? Berikut adalah ulasan tentang minyak peppermint untuk rambut.

Tumbuhan dengan nama latin Mentha piperita ini adalah tanaman asal Eropa yang sering dipakai sebagai obat lambung di seluruh dunia. Salah satu bentuk olahan peppermint yang cukup menjanjikan adalah minyak esensial.

Minyak esensial peppermint yang terbuat dari ekstrak peppermint tersebut termasuk jenis minyak yang dijual bebas dan dapat digunakan untuk kesehatan dan kecantikan.

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Minyak Pappermint Untuk Rambut - Selain terkenal karena manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita, kadnungan minyak peppermint juga dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk pertumbuhan rambut.

Manfaat Minyak Peppermint Untuk Rambut

Kandungan mentol pada minyak itu tidak hanya memberikan aroma dan sensasi dingin pada peppermint, tapi berperan besar dalam memberikan khasiatnya, salah satunya adalah untuk pertumbuhan rambut. Hal ini diperlihatkan melalui sebuah penelitian dari Toxicological Research yang menggunakan tikus sebagai hewan percobaan.

Minyak peppermint yang dioleskan pada tikus yang rambutnya sudah dipangkas mampu melancarkan peredarah darah pada dermal papila rambut. Dermal papila adalah bagian yang lumayan penting pada kulit karena bertugas mengalirkan darah ke epidermis (lapisan luar kulit).

Bahkan, minyak peppermint dinilai efektif memicu pertumbuhan rambut pada tikus percobaan. Minyak yang satu ini juga diyakini dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk terapi rambut rontok dan mencegah kebotakan pada manusia.

Kandungan menthol yang ada dalam peppermint berperan sebagai vasolidator, yang memberikan efek melancarkan peredaran darah. Pada beberapa kasus kebotakan, kerontokan yang terjadi dikarenakan aliran darah yang tidak lancar menuju folikel rambut.

Dengan menambah sirkulasi darah menggunakan menthol, peppermint dipercaya lebih efektif dalam mencegah risiko kebotakan akibat rambut rontok.

Tips Menggunakan Minyak Pappermint

Setelah mengetahui bagaimana minyak peppermint bisa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan rambut, kalian perlu tahu cara memakainya dengan tepat agar bisa mendapat manfaat yang optimal. Untuk menggunakan minyak peppermint untuk mencegah rambut rontok, kalian dapat mengikuti cara berikut:

  • Campurkan satu sendok makan minyak peppermint dengan minyak pijat kulit kepala.
  • Minyak pijat kulit kepala bisa diganti dengan minyak kelapa, jojoba, atau shea butter.
  • Oleskan minyak tersebut secara merata pada kulit kepala dan pijat.
  • Diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan sampo.
  • Jika sensasi dingin dari mentol terlalu kuat bagi kalian, campurkan dengan minyak lainnya.

Selain langsung mengoleskannya ke kulit kepala, kalian bisa menambah lima tetes minyak peppermint dalam botol sampo atau kondisioner. Setelah itu, kalian menggunakannya seperti biasa saat keramas. Jangan lupa untuk selalu memerikasa label pada kemasan minyak peppermint agar tahu apakah ada bahan yang membuat kalian alergi atau berbahaya.

Leave a Reply