image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan - Kalian mungkin sudah tahu dengan jahe, sebuah rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masak karena memiliki aroma yang khas dan menyegarkan.

Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan Wajah Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Kalian mungkin sudah tahu dengan jahe, sebuah rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masak karena memiliki aroma yang khas dan menyegarkan. Akan tetapi, tahukan kalian rempah dengan sebutan jahe merah?

Tidak kalah menyehatkan dengan jahe biasa, jahe merah menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan. Bahkan manfaat jahe merah sudah dikenal sejak zaman dahulu untuk mengatasi berbagai macam penyakit (baik penyakit dari dalam atau penyakit dari luar).

Jahe adalah tanaman obat yang berbentuk rumpun dan berbatang semu. Akar tumbuhan ini berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna keputihan, kekuningan, atau kemerahan. Jahe memiliki aroma yang khas, seperti agak pedas. Bentuk daunnya menyirip dan tangkai daunnya berbulu.

Manfaat Jahe Merah

Mahkota bunganya berbentuk tabung dengan helai yang agak sempit dan tajam, berwarna kuning kehijauan. Sementara bibir bunga dan kepala sarinya (putik) berwarna ungu agak gelap dan memiliki bintik-bintik putih kekuningan.

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah -  Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan - Kalian mungkin sudah tahu dengan jahe, sebuah rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masak karena memiliki aroma yang khas dan menyegarkan.

Tidak jarang banyak orang merasa sulit membedakan antara jahe dan lengkuas. Pasalnya, kedua rempah ini memiliki tampilan yang mirip. Faktanya, jahe memang masih satu family dengan lengkuas. Bahkan, jahe juga masih satu keluarga dengan temulawak, temu hitam, kencur, kunyit.

Kandungan pada jahe seperti flavonoid, gingegor, antibakterial, antiperadangan, dan yang lainnya dipercaya mampu memberikan manfaat baik pada kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh:

Menurunkan Asam Urat

Manfaat jahe merah ternyata juga membantu menurunkan asam urat. Mengutip dalam laman situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), diketahui bahwa jahe merah masuk dalam 10 urutan tanaman herbal yang efektif untuk mengobati asam urat.

Arthritis gout, alias penyakit asam urat adalah sebuah situasi yang terjadi ketika asam urat terasa penumpukkan di persendian, sehingga membuat peradangan dan timbulah nyeri. Jahe merah membantu mengurangi peradangan di sendi dan mengurai tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah. Alhasil, tingkat asam urat yang semulanya tinggi bisa berangsur-angsur menurun ke dalam tipe yang normal.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat jahe merah dan putih untuk mengatasi beberapa masalah pencernaan ini sudah terkenal semenjak zaman dahulu. Dari generasi ke generasi, jahe adalah salah satu obat herbal alami yang sering dipakai untuk memperlancar sekaligus mencegah beberapa masalah pencernan.

Ekstrak minyak jahe merah dapat menjaga sistem pencernaan kita dari bakteri, sehingga melindungi kalian dari masalah pencernaan, seperti sakit perut. Agen antibakteri yang ada dalam jahe dapat melawan bakteri jahat, seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcus aureus.

Mengurangi Nyeri Otot Dan Nyeri Sendi

Manfaat Jahe merah ternyata tak hanya berguna sebagai minuman penghangat saat cuaca dingin saja. Pasalnya, tumbuhan herbal satu ini juga dapat menguranagi rasa sakit atau nyeri akibat peradangan. Manfaat jahe merah untuk mengurangi peradangan ini sudah didukung oleh penelitian.

Sebuah riset yang dilakukan pada atlet sepak takraw mengatakan bahwa pemberian ekstrak jahe selama 10 hari dapat mengurangi nyeri otot pada atlet sepak takraw. Penelitian berbeda yang diterbitkan oleh American College of Rheumatology membuktikan bahwa ekstrak jahe dapat membantu mengurangi gejala osteoarthritis, seperti nyeri otot.

Salah satu penelitian bahkan mengatakan bahwa jahe lebih efektif mengurangi peradangan di dalam tubuh ketimbang obat antiinfalamsi non streoid (NSAID).

Meningkatkan Keseuburan Pria

Sebuah riset yang dilakukan oleh semua peneliti dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta mengtakan bahwa minyak atsiri jahe merah memiliki efek afrodisiak. Meski begitu, efek aprodisiak minyak atsiri jahe merah masih lebih kecil dibanding dengan pasak bumi.

Afrodisiak sendiri adalah zat kimia yang dipakai merangsang daya seksual dengan cara meningkatkan serta melancarkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh. Apabila sirkulasi darah meningkat, maka bisa jadi aliran darah di daerah lemin meningkat. Alhasil, memungkinkan pria untuk mengalami ereksi.

Selain itu, riset lain juga menemukan bahwa rempah satu ini mengandung antioksidan dan memiliki androgenik. Hal tersebut membuat manfaat jahe merah diyakini dapat menambah jumlah hormon testosteron serta dapat meningkatkan kesuburan pria.

Leave a Reply