Toner Dipakai Setelah Cleansing? Apa Saja Manfaatnya?

Setelah membersihkan wajah dengan menggunakan pembersih wajah, apa yang biasanya kamu lakukan? Apakah kamu langsung menggunakan pelembap ataukah menggunakan toner terlebih dahulu? Jika kamu belum terbiasa menggunakan toner, kamu mungkin bertanya-tanya apakah toner benar-benar dibutuhkan setelah cleansing dan apa saja manfaatnya.

Pada artikel ini, kita akan membahas manfaat penggunaan toner setelah cleansing dan memberikan tips untuk memilih toner yang tepat untuk kulitmu. Simak terus artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Manfaat Penggunaan Toner Setelah Cleansing:

  1. Membantu Mengangkat Sisa Kotoran dan Minyak pada Wajah

Saat membersihkan wajah dengan pembersih wajah, sisa kotoran dan minyak masih mungkin tersisa pada kulit wajah. Toner dapat membantu mengangkat sisa-sisa tersebut sehingga kulit wajah benar-benar bersih dan segar.

  1. Menyeimbangkan pH Kulit Wajah

pH kulit wajah yang sehat berada pada kisaran 4-6. Namun, pembersih wajah yang terlalu kuat dapat mengganggu keseimbangan pH kulit. Toner yang tepat dapat membantu menyeimbangkan kembali pH kulit wajahmu sehingga kulit wajah tetap sehat dan terlindungi.

  1. Memperkuat dan Menghidrasi Kulit Wajah

Beberapa toner mengandung bahan-bahan yang membantu memperkuat dan menghidrasi kulit wajah. Ini sangat penting bagi kulit yang kering atau sensitif. Jadi, pastikan kamu memilih toner yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Tips Memilih Toner yang Tepat:

  1. Sesuaikan dengan Jenis Kulit Wajahmu

Pastikan kamu memilih toner yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu. Jika kulitmu cenderung berminyak, pilih toner yang mengandung asam salisilat atau asam glikolat. Jika kulitmu kering, pilih toner yang mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid atau glycerin.

  1. Cek Daftar Bahan

Pastikan kamu membaca daftar bahan yang tertera pada kemasan toner. Hindari toner yang mengandung alkohol atau parfum yang dapat membuat kulitmu kering dan iritasi.

  1. Tes Terlebih Dahulu

Sebelum menggunakan toner pada seluruh wajah, tes terlebih dahulu di area kecil pada wajahmu untuk memastikan tidak menyebabkan reaksi alergi atau iritasi.

Penggunaan toner setelah cleansing dapat memberikan berbagai manfaat bagi kulit wajahmu seperti mengangkat sisa kotoran dan minyak, menyeimbangkan pH kulit wajah, dan memperkuat serta menghidrasi kulit wajah. Namun, penting untuk memilih toner yang sesuai dengan jenis kulitmu dan cek daftar bahan sebelum membeli. Jangan lupa juga untuk tes terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan toner pada seluruh wajah.

Dengan memperhatikan tips memilih toner yang tepat dan menggunakan toner setelah cleansing secara rutin, kulit wajahmu dapat terjaga kesehatannya dan terlihat lebih segar dan bersih. Jadi, jangan ragu untuk mencoba menggunakan toner setelah cleansing dan rasakan manfaatnya sendiri untuk kulitmu.