Pakai Sunscreen Berapa Kali Sehari? Ini Jawabannya!

Pernahkah kamu bertanya-tanya, berapa kali sehari sebaiknya kita menggunakan sunscreen? Apakah cukup sekali saja atau harus dioleskan berulang-ulang setiap beberapa jam sekali? Ternyata, hal ini cukup penting untuk diperhatikan karena penggunaan sunscreen yang tepat dapat membantu melindungi kulit dari bahaya sinar matahari yang berbahaya.

Di bawah ini, kita akan membahas tentang berapa kali sehari kita harus menggunakan sunscreen, dan beberapa tips untuk memilih sunscreen yang tepat untuk kulit kita.

Pakai sunscreen sebanyak dua kali sehari

Penggunaan sunscreen sebanyak dua kali sehari sudah cukup untuk melindungi kulit kita dari sinar matahari yang berbahaya. Pertama kali adalah saat pagi hari sebelum keluar rumah, dan kedua kalinya adalah di siang hari setelah beberapa jam menggunakan sunscreen sebelumnya.

Namun, jika kamu melakukan aktivitas yang banyak terpapar sinar matahari, seperti berolahraga di luar ruangan atau berenang, kamu harus mengoleskan sunscreen lebih sering. Setidaknya, oleskan sunscreen sebelum aktivitas dan setelah aktivitas berakhir.

Pilih sunscreen dengan SPF yang tepat

SPF atau Sun Protection Factor adalah angka yang menunjukkan seberapa banyak radiasi UVB yang dapat dicegah oleh sunscreen. Semakin tinggi angka SPF, semakin tinggi pula tingkat perlindungan yang diberikan oleh sunscreen.

Sebaiknya, kamu memilih sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk melindungi kulit dari sinar UVB. Jangan lupa pilih juga sunscreen dengan perlindungan UVA agar kulit kamu terlindungi dengan baik.

Oleskan sunscreen dengan cara yang tepat

Cara mengoleskan sunscreen juga cukup penting untuk diperhatikan agar perlindungan sunscreen dapat bekerja dengan optimal. Oleskan sunscreen dengan merata pada seluruh permukaan kulit yang terpapar sinar matahari, termasuk wajah, leher, lengan, dan kaki.

Pastikan kamu mengoleskan sunscreen secara merata dengan takaran yang cukup, yaitu sekitar 1 sendok teh untuk setiap bagian tubuh yang terpapar sinar matahari.

Jadi, berapa kali sehari kita harus menggunakan sunscreen? Sebanyak dua kali sehari sudah cukup untuk melindungi kulit kita dari sinar matahari yang berbahaya. Pilih sunscreen dengan SPF yang tepat dan oleskan dengan cara yang tepat agar perlindungan sunscreen dapat bekerja dengan optimal.

Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat melindungi kulitmu dari bahaya sinar matahari yang berbahaya dan membuat kulitmu tetap sehat dan bersinar. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen setiap kali beraktivitas di luar ruangan!

Tak hanya itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih sunscreen untuk kulit kita. Pertama-tama, pastikan sunscreen yang dipilih cocok dengan jenis kulit kita. Jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya memilih sunscreen yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya atau pewangi.

Selain itu, perhatikan juga tanggal kedaluwarsa sunscreen. Penggunaan sunscreen yang sudah melebihi tanggal kedaluwarsa dapat menyebabkan kulit kita terpapar sinar matahari dengan bebas dan bahkan dapat merusak kulit.

Tak kalah penting, selalu simpan sunscreen di tempat yang sejuk dan kering agar kualitas sunscreen tetap terjaga. Jangan lupa juga untuk selalu membaca petunjuk penggunaan yang terdapat pada kemasan sunscreen sebelum menggunakannya.

Dalam menjaga kesehatan kulit, penggunaan sunscreen bukanlah satu-satunya cara yang dapat dilakukan. Ada beberapa hal yang juga dapat dilakukan untuk menjaga kulit kita tetap sehat dan terhindar dari bahaya sinar matahari, seperti menggunakan topi atau payung saat berada di luar ruangan, menghindari terlalu lama berada di bawah sinar matahari, serta menjaga kesehatan kulit dengan pola hidup sehat seperti olahraga dan konsumsi makanan yang bergizi.

Dalam kesimpulannya, penggunaan sunscreen yang tepat sangatlah penting untuk melindungi kulit kita dari bahaya sinar matahari. Oleh karena itu, pastikan kamu mengikuti tips yang telah dijelaskan di atas untuk mendapatkan perlindungan sunscreen yang optimal dan menjaga kesehatan kulitmu. Tetap jaga kesehatan dan kecantikan kulitmu dengan penggunaan sunscreen yang tepat!