image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Jamu Untuk Kecantikan - Minuman Tradisional atau yang lebih dikenal dengan jamu ini sudah banyak dan lama dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan, mengobati penyakit dan juga menjaga penampilan agar senantiasa tempil cantik alami.

7 Jamu Kecantikan Yang Wajib Dikonsumsi

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan WajahJamu Untuk Kecantikan Minuman Tradisional atau yang lebih dikenal dengan jamu ini sudah banyak dan lama dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan, mengobati penyakit dan juga menjaga penampilan agar senantiasa tempil cantik alami.

Ramuan berkhasiat atau yang sering disebut jamu ini bukan sembarang minuman, karena jamu yang merupakan minuman tradisional ini menggunakan bahan-bahan (rempah-rempah) alami yang memiliki berbagai macam khasiat. Nah pasti kalian sebagai penduduk indonesia paham jamu kecantikan kan? Berikut penjelasannya:

Jamu Kecantikan

Beras Kencur

Jamu kecantikan beras kencur adalah salah satu minuman tradisional yang banyak disukai anak-anak, remaja, orang dewasa dan orang tua. Selain dapat membuat badan lebih segar dan bugar, beras kencur juga baik diminum perempuan karena memberikan efek samping yang dapat mengatasi jerawat, masalah kulit dan menjaga tubuh agar tetap ramping.

Bahan yang digunakan untuk membuat minuman ini adalah olahan beras dan kencur, kemudian ditambah dengan asam, kunyit, jahe, kapulaga dan kedaung. Jamu kecantikan ini lebih nikmat diminum dalam keadaan dingin.

Kunyit Asem

Minuman tradisional yang banyak dikenal masyarakat sebagai jamu kecantikan adalah kunyit asem. jamu tradisional ini dipercaya dapat menurunkan berat badan, membuang racun tubuh, melancarkan haid, mengatasi peradangan, menghilangkan bau badan dan membuat kulit tampak awet muda.

Jamu tradisional kunyit asem mengandung vitamin A dan C yang dapat membuat kulit bersih serta bebas dari jerawat. Sedangkan untuk menghiangkan bau badan terdapat dari kandungan minyak astri yang mengontrol produksi keringat dan melawan bakteri penyebab bau badan.

Jamu Pahitan

Sesuai dengan namanya, minuman tradisional ini memang memiliki rasa yang pahit. Hal ini dikarenakan bahan dasar membuat jamu ini terdiri dari brotowali, sambiloto, lempuyang, serai, daun meniran, lengkuas, temu ireng, widoro laut, widoro putih dan adas yang memiliki rasa pahit. Manfaat jamu kecantikan ini adalah melancarkan peredaran darah, mencegah jerawat, mengatasi gatal dikulit dan mencegah bau badan.

Sinom

Sinom biasanya diminum setelah mengkonsumsi jamu yang pahit. Bahan dasar yang digunakan seperti kunyit, temulawak, daun asam jawa, kapulaga, kayu manis ditambah gula merah dan gula putih secukupnya. Jamu kecantikan ini dipercaya bisa membuat badan segar dan membantu proses detoksifikasi. Jika racun dalam tubuh terbuang, maka kulit kalian akan lebih cerah, bersinar dan terbebas dari jerawat.

Kunci Sirih

Jamu kecantikan Kunci sirih juga menjadi minuman tradisional yang banyak dikonsumsi wanita Indonesia. Hal ini karena manfaatnya untuk mengurangi keputihan, merapatkan organ intim, bau tidak sedap, memperkuat email gigi dan mencegah peradangan. Untuk membuat minuman ini kalian bisa mengolah daun sirih dengan temu kunci dan gula merah. Kalian juga bisa menambahkan kunyit, kencur, jahe, kayu manis, asam jawa, kapulaga, serai, air jeruk nipis, garam, serta delima.

Jamu Bersih Darah

Minuman tradisional jamu bersih darah ini bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, alergi, bisul dan menghilangkan bercak hitam. Berbahan dasar temulawak, temu ireng, kunyit, daun ayang-ayang, akar alang-alang, daun pegagan, bidara laut dan kulit kayu pulai. Cara membuatnya cukup dibersihkan, dikupas kulitnya dan direbus hingga mendidih, saring airnya dan tunggu hingga dingin. Kalian bisa mengkonsumsinya 2 kali sehari sebelum makan.

Jamu Gepyokan

Gepyokan berasal dari bahasa Jawa yang artinya dipukul. Hal ini dikarenakan proses pembuatan minuman ini berbahan dasar, kunyit, lengkuas, jahe, kencur, temu giring, temu lawak, daun katuk dan lempuyang yang semua bahannya dipukul atau digeprek lalu direbus dan ditambah gula merah. Jamu kecantikan ini bermanfaat untuk mengecilkan perut, memperlancar asi dan menghilangkan bau tidak sedap.

Leave a Reply