image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Cara Mengatasi Sakit Gigi - Sakit gigi adalah hal menyebalkan, apa lagi jika sakitnya datang ketika sedang puasa. Kerusakan gigi berlubang, adanya abses penumpukan nanah akibat infeksi, gigi retak, pembengkakan gusi, tumbuh gigi dan lain sebagainya.

Mengatasi Sakit Gigi

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan Wajah Cara Mengatasi Sakit Gigi Sakit gigi adalah hal menyebalkan, apa lagi jika sakitnya datang ketika sedang puasa. Kerusakan gigi berlubang, adanya abses penumpukan nanah akibat infeksi, gigi retak, pembengkakan gusi, tumbuh gigi dan lain sebagainya.

Efeknya kalian akan merasakan sesnsasi sakit pada gigi yang bervariasi, mulai dari yang ringan sampai parah. Gejalanya pun kadang hilang-timbul atau bahkan rasa sakit nya muncul secara terus menerus. Tidak jarang, hal ini membuat kalian merasa tidak nyaman, apa lagi ketika sedang puasa.

Penyebab Sakit Gigi Ketika Puasa

Sakit gigi memang cenderung akan mudah dialami saat berpuasa, jika kalian memang memiliki gigi sensitif. Hal ini karena rongga mulut berada dalam keadaan yang lebih kering dari hari biasanya, akibatnya aktivitas mengunyah yang berkurang selama berpuasa. Ini mengakibatkan prodoksi air liur lebih sedikit sehingga gigi sensitif.

  • Kerusakan gigi berlubang,
  • adanya abses penumpukan nanah akibat infeksi,
  • gigi retak,
  • pembengkakan gusi,
  • tumbuh gigi

Jika sakit gii yang kalian rasakan disebabkan karena gigi berlubang, sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Hal ini karena gigi berlubang tidak bisa sembuh jika tidak ditangani oleh peralatan medis. Menggunakan obat peredam rasa sakit hanya bekerja sebentar saja, setelah efeknya hilang sakit kembali datang.

Obat Sakit Gigi

Kumur Air Garam:

Salah satu cara terbaik untuk meredakan sakit gigi adalah dengan berkumur air hangat yang sudah dicampurkan garam. Caranya campurkan setengah sendok makan garam ke dalam gelas air hangat, alalu kumur-kumur selama beberapa saat. Selain bersifat analgesik, berkumur juga dapat membersihkan bakteri di mulut.

Minyak Cengkeh

Cengkeh adalah obat tradisonal yang ememiliki senyawa kimia utama eugenol yang berfungsi sebagai anestesi alami. Sebelum mengoleskan minyak cengkeh pada gigi yang bermasalah, pastikan kalian sudah membersihkan dengan menyikatnya.

Kemudia beri 2 tetes minyak cengkeh pada kapas dan tempelkan di gigi yang bermasalah sambil di tekan selama beberapa menit sampai sakitnya mereda. Kalian bisa mendapatkan mnyak cengkeh di apotik terdekat. Jika tidak gunakan cengkeh bubuk dan tempelkan di gigi yang sakit.

Kompres Dengan Es Batu

Ada cara mudah lainnya yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi sakit gigi apa lagi ketika puasa, yaitu dengan kompres es batu. Masukan es batu dalam sebuah plastik kecil, lalu tempelkan plastik tersebut pada pipi kalian atau tempelkan secara langsung pada area yang sakit selama 15-10 menit.

Kumur Dengan Cairan Hydrogen Peroxide

Hydrogen peroxide adalah obat antiseptik ringan yang bisa kalain gunakan di kulit dan obat pencahar mulut. Campurkan cairan hydrogen peroxide dengan air lalu kumur dalam mulut selama 1 menit. Kemudian buang dan bilas dengan air putih. Pastikan pencampuran cairian ini dengan air, karena berbahaya jika digunakan dalam bentuk murni.

1 Comment

Leave a Reply