image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

manfaat tepung beras untuk wajah

5 Manfaat Tepung Beras Untuk Kecantikan Wajah

Eva mulia – Melakukan perawatan kecantikan kulit menggunakan air beras untuk wajah mungkin sudah banyak dilakukan beberapa orang. Selain air beras, ternyata tepung beras juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Sejak dulu, tepung beras sudah digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan alami oleh para wanita di berbagai negara Asia. Hal ini karena tepung beras dipercaya efektif untuk mengatasi masalah pigmentasi kulit, garis-garis halus pada wajah, dan mencegah penuaan dini pada kulit wajah. Penasaran apa saja manfaat tepung beras untuk wajah? Berikut ulasannya!

Manfaat Tepung Beras Untuk Wajah

1. Menghilangkan Jerawat

manfaat tepung beras untuk wajah

Manfaat tepung beras untuk wajah yang pertama adalah bisa menghilangkan jerawat di wajah. Hal ini berkat sifat antiseptiknya yang bisa menghilangkan kuman dan bakteri penyebab jerawat. Tepung beras juga mengadung allantoin yang bisa memperbaiki tekstur kulit.

Cara menggunakannya cukup mudah, buatlah masker wajah dari 2 sdm tepung beras, 1 sdm madu, dan 2 sdm gel lidah buaya. Lalu aduk hingga bahan berbentuk pasta. Aplikasikan masker oada wajah yang berjerawat. Tunggu selama 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

2. Mencerahkan Kulit

manfaat tepung beras untuk wajah

Manfaat tepung beras untuk wajah yang kedua adalah mampu mencerahkan kulit wajah. Berkat kandungan asam amino dan vitamin yang terkandung di dalam tepung beras mampu mencerahkan kulit dengan meningkatkan kadar kolagen dan elastisitas kulit. Adapula kandungan tirosinase yang bisa mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit.

Cara menggunakannya cukup mudah, campurkan 2 sdm tepung beras, 1 sdt kunyit, dan 4 sdm air jeruk nipis kedalam mangkuk. Aduk hingga berbentuk pasta. Aplikasikan masker pada wajah. Tunggu selama 15 menit sebelum wajah dibilas dengan air hangat.

3. Mencegah Penuaan Dini

manfaat tepung beras untuk wajah

Tepung beras mempunyai kandungan ferulic acid yang berfungsi sebagai anti-oksidan. Kandungan ini mampu mengencangkan kulit, menyamarkan garis-garis halus di wajah, serta membuat kulit terasa lembap. Tak hanya itu, tepung beras juga kaya akan vitamin B yang bisa meregenerasi sel-sel wajah dan mencegah proses penuaan dini. Dengan menggunakan masker tepung beras secara rutin, akan membuat kulit tampak lebih segar dan awet muda.

Cara menggunakannya cukup mudah, campurkan 2 sdm tepung beras, 1 putih telur, dan 1 sdm madu kedalam mangkuk. Aduk hingga berbentuk pasta. Kemudian aplikasikan masker pada wajah dan diamkan selama 10 menit. Bilas wajah dengan menggunakan air dingin.

4. Menyamarkan Kantung Mata

manfaat tepung beras untuk wajah

Manfaat tepung beras untuk wajah selanjutnya adalah membantu menyamarkan kantung mata. Hal ini berkat kandungan asam amino dan vitamin dalam tepung beras sehingga bisa membatu menyamarkan kantung mata dan memberi efek dingin pada mata.

Cara menggunakannya cukup mudah, haluskan 1/2 buah pisang dan campurkan 2 sdm minyak jarak dan 3 sdm tepung beras. Aplikasikan pada kantung mata. Tunggu selama 15 menit. kemudian bilas dengan air dingin.

5. Mengontrol Minyak Berlebih

manfaat tepung beras untuk wajah

Manfaat tepung beras untuk wajah yang terakhir adalah mampu mengontrol minyak berlebih pada wajah. Bahan alami ini bisa digunakan sebagai bedak tabur alami. Ini karena sifatnya yang mudah menyatu dengan lapisan kulit dan menyerap kelebihan minyak pada wajah. Sehingga tepung beras bisa digunakan bagi jenis kulit berminyak dan acne-prone.

Cara menggunakannya, campurkan 2 sdm tepung beras, 1 sdm tepung maizena. Kemudian aplikasikan pada wajah secara merata menggunakan brush. Sebaiknya gunakan bedak alami ini setelah mengaplikasikan foundation. Agar hasilnya tidak cracky, cakey, dan membantunya bertahan lebih lama.

Baca juga: 5 Manfaat Kiwi Untuk Kecantikan Wajah

Leave a Reply