image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

jerawat di belakang telinga

Sering Muncul Jerawat di Belakang Telinga? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jerawat di belakang telinga- Namanya jerawat memang bisa muncul dimana saja dan kapan saja. Mungkin selama ini kita tahu jerawat sering muncul di bagian-bagian tubuh yang jelas terlihat, misalnya di wajah. Padahal, jerawat juga bisa muncul di bagian-bagian tubuh yang tertutup lho, salah satunya telinga. Hadirnya jerawat pada bagian tubuh yang tak lazim ini tentu akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa dibandingkan dengan jerawat yang muncul di pipi atau dahi. Sebenarnya apa sih penyebab timbulnya jerawat di telinga? Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Munculnya Jerawat di Belakang Telinga

Munculnya jerawat di belakang telinga memang bukan hal yang umum. Selain di bagian sekitar daun telinga, jerawat juga bisa timbul di bagian dalam telinga. Jika diteliti lebih dalam lagi, hadirnya jerawat di kulit area sekitar telinga kemungkinan besar terjadi karena adanya penumpukkan kelenjar minyak dan sel kulit mati. Kulit telinga bagian luar meliputi tulang rawan dan sejumlah kecil lemak. Sedangkan kulit di area lubang telinga mempunyai sel-sel rambut, serta kelenjar yang menghasilkan minyak dan kotoran telinga. Untuk itu, kelenjar yang menghasilkan terlalu banyak minyak inilah yang mengakibatkan munculnya jerawat di telinga.

Jerawat di telinga juga dapat timbul akibat bakteri. Kehadiran bakteri ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya saja kerap menggunakan earphone yang jarang dibersihkan, atau bisa juga karena terlalu sering menyentuh dan menggaruk telinga. Bakteri di dalam dan sekitar telinga itu dapat menyebabkan infeksi dan peradangan. Nah, ternyata hal inilah yang menyebabkan jerawat di telinga terasa lebih menyakitkan. Selain itu, faktor lain yang menyebabkan timbulnya jerawat di area telinga bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon, stres, atau bisa juga alergi terhadap produk penata dan perawatan rambut. Bila Anda malas atau kurang teliti membersihkan bagian telinga, jangan heran jika jerawat di bagian ini sukar untuk disembuhkan.

Cara Mengatasi Jerawat di Belakang Telinga

1. Kompres dengan Air Hangat

jerawat di belakang telinga 1

 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir rasa nyeri akibat jerawat yaitu dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Pertama-tama, bersihkan bagian telinga lebih dulu dengan menggunakan alkohol untuk menghilangkan bakteri yang ada. Kemudian, celupkan kapas atau handuk kecil bersih ke dalam air hangat, peras, lau tempelkan ke bagian telinga yang berjerawat. Anda bisa melakukan cara ini sekitar 2-3 kali sehari selama kurang lebih lima menit. Jangan memencet jerawat di bagian ini karena hanya akan memperburuk kondisi jerawat dan membuat kulit bagian telinga mengalami iritasi atau meradang.

2. Pilih Obat Jerawat yang Mengandung Benzoyl Peroxide

jerawat di belakang telinga

Bila cara di atas sudah dicoba, Anda juga dapat menggunakan obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide. Kandungan ini biasanya tersedia dalam bentuk gel, lotion, krim, atau bisa juga sabun. Obat ini memang paling umum digunakan dan efektif untuk mengatasi jerawat yang membandel. kandungan benzoyl peroxide diketahui mampu membunuh bakteri dan mengurangi kulit berminyak. Karena efek sampingnya bisa membuat kulit mengelupas, ada baiknya Anda menggunakan produk dengan kandungan benzoyl peroxide dengan takaran yang sudah dianjurkan oleh dokter atau yang tertera pada cara pakai di kemasan.

3. Segera Kunjungi Dokter

jerawat di belakang telinga

Jika jerawat di telinga sukar untuk sembuh dan bahkan makin terasa sakit, ada baiknya Anda segera berkonsultasi kepada dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Biasanya, dokter akan memberikan resep obat berupa krim atau salep khusus yang sesuai dengan kondisi kulit yang Anda miliki.

Baca juga: Benarkah Tren Perawatan Blue Light Therapy Efektif untuk Atasi Masalah Jerawat?

Leave a Reply