image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

vitamin awet muda

5 Jenis Vitamin Awet Muda yang Perlu Anda Ketahui

Eva Mulia – Saat ini, banyak orang yang rela melakukan apa saja agar tetap terlihat muda. Mulai dari membayar perawatan kulit mahal bahkan mungkin operasi plastik dilakukan untuk menghilangkan kerutan di wajah. Meskipun pada kemasan produk kulit tersebut mengandung berbagai macam vitamin, namun hanya beberapa yang benar-benar bisa mencegah penuaan.

Antioksidan merupakan komponen terpenting dalam vitamin yang bermanfaat untuk memperlambat penuaan. Selain itu, antioksidan juga bermanfaat untuk mencegah efek radikal bebas dari kerusakan sel di dalam tubuh dan kulit. Radikal bebas bisa terjadi dari efek terpapar berbagai macam faktor lingkungan, mulai dari sinar UV, asap rokok, dan kotoran yang menempel di kulit. Bahaya radikal bebas dapat mempercepat proses penuaan pada kulit. Berikut adalah vitamin-vitamin yang bisa mempengaruhi kecepatan penuaan:

Berbagai Jenis Vitamin Awet Muda

1. Vitamin A

vitamin awet muda

Jenis vitamin awet muda yang pertama adalah vitamin A. Vitamin ini mengandung antioksidan yang bisa menetralisir efek dari oksidasi akibat radikal bebas. Cairan topikal dengan vitamin A (seperti krim retinol) juga bermanfaat untuk mengurangi kerusakan akibat terpapar sinar matahari dan penuaan kuli dengan cara mengelupas sel kulit mati dan mengurangi kerutan. Menariknya, vitamin A juga bisa mengurangi lingkar hitam pada mata.

Mengkonsumsi vitamin A dalam kadar yang cukup sangat penting untuk kesehatan tulang. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan maka bisa membahayakan orang-orang yang sudah tua, karena bisa menyebabkan osteoporosis dan tulang rapuh.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan pada dokter tentang berapa banyak vitamin A yang Anda butuhkan. Anda bisa mendapatkan asupan harian vitamin A melalui beragam jenis makanan, seperti ubi jalar, wortel, dan sayuran berdaun hijau tua.

2. Vitamin B

vitamin awet muda

Niacin merupakan salah satu komponen di vitamin B (terutama B3) yang bisa membantu memperlambat penuaan. Prosesnya dengan membantu kulit meningkatkan kemampuan untuk meregulasi kelembapan pada kulit. Selain terlihat sehat, memiliki kulit lembab dan tidak kering juga menjadikan kulit lebih kencang dan mencegah bakteri, virus, atau mikroba lainnya. Karena kulit kering akan menyebabkan kulit menjadi sensitif, gatal-gatal, dan terlihat bersisik. Selain itu, niacin juga bisa mengangkat sel kulit mati. Anda bisa mendapatkan asupan harian vitamin B melalui beragam jenis makanan, seperti telur, ikan, daging ayam, kacang-kacangan, dan roti kaya protein.

3. Vitamin K

vitamin awet muda

Semakin bertambahnya usia, maka lingkar mata akan semakin jelas terlihat. Penyebab munculnya lingkar mata adalah karena kurang tidur, hormon, alergi, dan faktor keturunan. Lingkar mata ini terbentuk akibat kapiler-kapiler di sekitar mata yang bocor atau melar, sehingga menyebabkan penggumpalan darah. Manfaat vitamin K sendiri adalah bisa membantu mengurangi lingkar mata tersebut.

Hal ini karena vitamin K punyak kemampuan untuk menjaga kapiler-kapiler di sekitar mata dan menghancurkan gumpalan-gumpalan darah. Perlu Anda ketahui bahwa vitamin K tidak benar-benar akan menghilangkan seluruh lingkar mata Anda, vitamin ini hanya membatu mengurangi lingkar mata Anda. Anda bisa mendapatkan asupan harian vitamin K melalui beragam jenis makanan, seperti brokoli, kol, bayam, dan kangkung.

4. Vitamin C

vitamin awet muda

Jenis vitamin awet muda berikutnya adalah vitamin C. Di dalam vitamin C mengandung sumber antioksidan yang bisa memperlambat penuaan. Vitamin C juga bisa membantu peremajaan kulit agar tidak keriput dengan meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Kolagen juga berguna untuk menyembuhkan luka. Anda bisa mendapatkan asupan harian vitamin C melalui beragam jenis makanan, seperti jeruk, mangga, kentang, dan lain sebagainya.

5. Vitamin E

vitamin awet muda

Vitamin E adalah komponen yang larut dalam lemak, yang bisa membatu memperbaiki kulit kering. Vitamin awet muda ini bisa membantu meregulasi kelembapan kulit. Biasanya vitamin E terdapat dalam sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV dari matahari. Vitamin E juga menjadi sumber antioksidan yang bermanfaat untuk membantu memperlambat penuaan. Anda bisa mendapatkan vitamin E melalui beragam jenis makanan, seperti sayur hijau, kacang-kacangan, gandum, atau dengan suplemen atau krim kulit.

Baca juga: 5 Manfaat Vitamin B5 Untuk Kecantikan Wajah

Leave a Reply