image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

cara mengangkat sel kulit mati - klinik eva mulia

Cara Mudah Mengangkat Sel Kulit Mati

eva mulia tebet – Sel kulit mati yang menumpuk bisa menyebabkan kulit menjadi kusam bahkan bisa menimbulkan flek hitam. Untuk mengangkat sel kulit mati yang sudah terlanjur muncul, sebaiknya Anda melakukan perawatan terhadap kulitmu.

Harus diketahui bahwa biasanya sel kulit akan melakukan regenerasi dan berganti setiap 28-30 hari. Pada proses regenerasi inilah, sel kulit baru akan keluar dan mendorong sel kulit mati ke permukaan kulit. Untuk proses regenerasi berjalan dengan baik, maka Anda harus melakukan proses eksfoliasi untuk mencegah penumpukan sel kulit mati.

Penyebab Munculnya Sel Kulit Mati

cara mengangkat sel kulit mati

Sel kulit mati yang menumpuk, biasanya bisa menimbulkan berbagai permasalahan seperti pori-pori tersumbat, kekusaman, memicu munculnya jerawat dan komedo. Sebenarnya, apa ya yang menjadi penyebab munculnya sel kulit mati? Yuk cari tahu jawabannya.

1. Membersihkan wajah yang kurang maksimal

Banyak sekali hal-hal yang menyebabkan terjadinya penumpukan sel kulit mati pada wajah, di antaranya makeup, kotoran, polusi, dan minyak. Hal-hal tersebut tentu tidak bisa dihindari dalam keseharian. Maka dari itu, Anda harus membersihkan wajah secara maksimal setiap harinya agar proses regenerasi kulit berjalan dengan lancar. Adanya kotoran-kotoran tersebut bisa membuat proses pergantian kulit menjadi terhambat.

2. Usia

Seiring bertambahnya usia, kemampuan regenerasi kulit Anda akan menurun sehingga sel-sel kulit mati akan semakin menumpuk. Usia yang bertambah, akan membuat kulit semakin sedikit memroduksi minyak. Itulah yang menyebabkan kulit menjadi cepat kering dan mengakibatkan menumpuknya sel-sel kulit mati.

3. Tidak menggunakan pelembap

Sebenarnya dalam urutan skin care yang benar, setiap orang harus menggunakan pelembap. Hal ini karena penggunaan pelembap membantu kulit Anda melakukan eksfoliasi dengan lebih baik. Perlu dipahami, jika Anda melakukan eksfoliasi dalam kondisi kulit yang kering bisa membuat proses pergantian sel-sel kulit tidak bekerja optimal, sehingga kulit cenderung mengelupas. Kulit kering juga lebih rentan terhadap penumpukan sel-sel kulit mati. Hal ini disebabkan karena kulit yang kering akan menjebak sel-sel kulit mati untuk di bawahnya untuk beregenerasi dan terdorong.

4. Melewatkan eksfoliasi

Dalam perawatan wajah bukan hanya perlu melakukan double cleansing saja setiap hari, tapi perlu juga melakukan eksfoliasi untuk membantu proses regenerasi agar lebih maksimal secara berkala. Bila Anda tidak melakukan eksfoliasi, maka sel-sel kulit mati akan menumpuk. Eksfoliasi sendiri sangat perlu dilakukan, khususnya bila usia semakin bertambah.

5. Iklim

Iklim, lingkungan, atau cuaca juga bisa menjadi penyebab munculnya sel kulit mati. Bila kondisi iklim di sekitar Anda kering, bersuhu terlalu rendah, kadar kelembapan pada kulit akan semakin menurun. Bila Anda tidak mengimbanginya dengan penggunaan pelembap, maka akan membuat kulit mengalami kekeringan. Kulit yang kering akan berpengaruh pada proses regenerasi kulit sehingga dapat berujung pada menumpuknya sel kulit mati.

Cara mengangkat sel kulit mati

Itulah 5 penyebab sel kulit mati menumpuk. Lalu bagaimana cara alami mengangkat sel kulit mati dengan cepat? Yuk ikuti penjelasannya berikut ini.

Basuh dengan air hangat

Cara mengangkat sel kulit mati yang bisa Anda lakukan pertama adalah dengan mengompres wajah dengan handuk hangat. Air hangat sendiri dapat membuka pori-pori wajah, sel kulit mati yang tersumbat akan lebih mudah terangkat, dan mempersiapkan kulit untuk proses eksfoliasi. Caranya, Anda dapat merendam handuk dalam air hangat dan letakkan dengan lembut ke wajah Anda. Tepuk pelan dan diamkan selama 1-2 menit.

Cucilah wajah dengan pembersih yang lembut

Setelah menggunakan handuk hangat, Anda perlu membersihkan wajah dengan jenis pembersih yang lembut sesuai jenis kulit. Dengan membersihkan kulit secara rutin membantu membuka pori-pori dan mempersiapkan kulit wajah untuk eksfoliasi efektif. Setelah membersihkan wajah, jangan lupa untuk mengeringkan wajah kembali dengan handuk kering yang halus dan gosok dengan lembut, agar tidak menimbulkan kerusakan pada kulit.

Baca juga: 12 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Melakukan eksfoliasi

Bila sudah membersihkan wajah, waktunya melakukan eksfoliasi. Jika ingin melakukan cara yang lebih praktis, bisa menggunakan scrub wajah. Eksfoliasi jenis ini sudah banyak tersedia di pasaran dan cenderung banyak dipilih oleh para perempuan karena mudah digunakan.

Lakukanlah eksfoliasi secara lembut agar tidak membuat kulit menjadi iritasi. Setelah melakukan eksfoliasi, cucilah wajah dengan air setelah eksfoliasi selesai. Lalu tepuk-tepuk dengan lembut hingga kering dan diamkan selama sekitar 5 menit. Lalu akhiri dengan mengoleskan pelembap yang bisa menyegarkan wajah Anda kembali.

Hindari melakukan eksfoliasi setiap hari

Kulit memerlukan waktu untuk menumbuhkan kembali lapisan paling atas setelah Anda melakukan pengelupasan. Maka dari itu, jangan lakukan eksfoliasi setiap hari. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, sebaiknya lakukan eksfoliasi sekali atau dua kali saja dalam seminggu. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak bisa melakukan eksfoliasi 2-4 kali selama seminggu. Perlu diingat, setelah eksfoliasi dapat meningkatkan sensitifitas kulit terhadap sinar matahari. Jadi, setelah melakukan eksfoliasi harus mengoleskan tabir surya sebelum pergi ke luar ruangan.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Leave a Reply