image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Minyak mustard - Minyak Mustard adalah hasil olahan dari biji tanaman mustard (sesawi). Minyak ini juga memiliki rasa kuat dan aroma tajam yang memberi ciri khas pada hidangan.

Minyak Mustard

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan Wajah Manfaat Minyak mustard Minyak Mustard adalah hasil olahan dari biji tanaman mustard (sesawi). Minyak ini juga memiliki rasa kuat dan aroma tajam yang memberi ciri khas pada hidangan. Tidak hanya menambah cita rasa, beberapa zat di dalam minyak mustard juga dipercaya memberikan manfaat untuk kesehatan.

Ada dua jenis minyak mustard yang dijual di pasaran. Minyak yang dibuat langsung dari biji tanaman mustard adalah minyak mustard murni. Minyak ini tidak boleh digunakan untuk memasak karena mengandung asam erucic yang berbahaya untuk jantung.

Jenis minyak yang kedua adalah minyak esensial mustard. Minyak esensial dibuat dengan menyuling uap biji mustard hingga produk akhirnya bukan berisi asam erucic. Produk ini aman dikonsumsi sehingga bisa menjadi minyak pilihan untuk memasak.

Manfaat Minyak Mustard

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Minyak mustard - Minyak Mustard adalah hasil olahan dari biji tanaman mustard (sesawi). Minyak ini juga memiliki rasa kuat dan aroma tajam yang memberi ciri khas pada hidangan.

Meskipun berbeda, minyak murni dan minyak esensial dari mustard sama-sama boleh digunakan sebagai minyak untuk pijat. Baik sebagai bahan masakan maupun minyak pijat, inilah sederet manfaat minyak mustard.

Menjaga Kesehatan Jantung

Zat lain yang banyak terkandung dalam minyak mustard adalah asam lemak tak jenuh. Lemak menyehatkan ini dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah, serta gula darah yang berpengaruh langsung terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Menurut penelitian asam lemak tak jenuh juga bisa menurunkan low density lipoprotein (LDL). LDL adalah kolesterol jahat yang membuat pembentukan plak pada pembuluh darah.

Meski begitu, konsumsi minyak mustard secara berlebihan tidak dianjurkan. Kalian dapat menggunakan minyak mustard sebagai pilihan untuk memasak, tetapi usahakan tetap menggunakan bergantian dengan jenis minyak yang lain.

Meredakan Nyeri

Manfaat minyak mustard dari kandungan allyl isothiocyanate dan asam alfa linoleat pada minyak mustard memiliki fungsi untuk mengurangi nyeri. Temuan ini disampaikan dalam sebuah riset terhadap hewan dalam jurnal Scientific Reports.

Dalam studi tersebut, pemberian minyak mustard ke dalam air minum bisa menurunkan kepekaan saraf yang menghantarkan sinyal nyeri pada tubuh hewan. Dengan kata lain, pemberian minyak mustard dapat membantu mengurangi nyeri.

Meredakan Pilek Dan Flu

Minyak mustard memiliki manfaat dalam mengatasi gejala gangguan pernapasan. Produk ini sering digunakan sebagai bahan alami untuk batuk, hidung mampet, dan gejala flu lainnya.

Kalian bisa mencampurkan minyak mustard murni dengan produk pelega pernapasan berbentuk salep atau krim yang dioleskan ke dada. Atau, kalian juga bisa menambahkan minyak mustard ke dalam alat diffuser dan mencium aroma atau uapnya.

Memperlambat Pertumbuhan Kanker

Manfaat minyak esensial mustard juga punya berpotensi menghambat perkembangan dan penyebaran sel kanker. Berdasarkan keterangan penelitian pada hewan, senyawa aktif dalam minyak ini dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker kandung kemih sebanyak 35 persen.

Sel-sel kanker juga tidak bisa menyebar ke luar dinding otot kandung kemih. Minyak mustard adalah produk yang kaya akan asam lemak tak jenuh serta berbagai senyawa aktif. Kandungan ini yang membuatnya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, baik sebagai bahan masakan ataupun minyak pijat.

Kendati punya banyak manfaat, minyak mustard sebagai minyak esensial aromaterapi juga bisa menimbulkan efek samping. Jadi, usahakan minyak ini tidak dikonsumsi atau digunakan secara berlebihan. Cukup gunkan minyak mustard sebagai pilihan dari produk sama yang lain.

Leave a Reply