image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Minyak Daun Basil - Daun basil adalah tanaman rempah yang masih satu keluarga dngan daun kemangi dan daunt mint. Kalian akan mudahmenemukan daun Ocimum basilicum dalam hidangan ayam bumbu rica-rica.

Minyak Daun Basil

Eva Mulia Klinik EvamuliaPerawatan Wajah Manfaat Minyak Daun Basil Daun basil adalah tanaman rempah yang masih satu keluarga dngan daun kemangi dan daunt mint. Kalian akan mudahmenemukan daun Ocimum basilicum dalam hidangan ayam bumbu rica-rica.

Selain digunakan sebagai bumbu masak, ternyata daun basil juga bisa diekstrak menjadi minyak. Minyak daun basil sejak lama digunakan oleh masyarakat Asia dan India untuk mengobatai dan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Manfaat Minyak Daun Basil

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Minyak Daun Basil - Daun basil adalah tanaman rempah yang masih satu keluarga dngan daun kemangi dan daunt mint. Kalian akan mudahmenemukan daun Ocimum basilicum dalam hidangan ayam bumbu rica-rica.

Mengatasi Rambut Berminyak

Untuk menghilangkan minyak atau ketombe berlebih dirambut, teteskan minyak daun basil ke dalam sampo kalian. Kalian juga bisa membalurkan minyak basil dengan baking soda dan cuka sari apel agar menyeimbangkan pH kulit kepala supaya minyak dan kotoran di rambut terangkat bersih.

Membersihkan Gigi Dan Mulut

Terkadang, bau mulut bisa saja tetap mengganggu meski kalian rajin sikat gigi. Untuk mengatasi permasalahan ini, segera tambahkan beberapa tetes minyak daun selasih ke dalam segelas air dan gunakan untuk berkumur selama 30 detik.

Cara lainnya, teteskan minyak basil ke pasta gigi kalian dan gosok gigilah. Daun basil mengandung antioksidan dan sifat antibakteri alami yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.

Meredakan Pegalinu

Selain antibakteri dan antivirus, minyak daun selasih ternyata juga memiliki sifat antiradang yang dapat mengatasi pegal linu dan melemaskan otot-otot kaku. Caranya cukup, teteskan 2 tetes minyak basil pada area tubuh yang terasa pegalinu, gosok atau pijat pelan sampai otot jadi lebih rileks.

Melawan Bakteri

Minyak dari daun basil mengandung zat antimikroba yang efektif melawan banyak bakteri, ragi, dan jamur dari makanan terkontaminasi. Sebuah penelitian dari India mengatakan bahwa minyak daun selasih manjur melawan E. coli, bakteri penyebab keracunan makanan.

Selain melawan infeksi bakteri dalam tubuh, minyak daun selasih juga bisa digunakan untuk menghilangkan bakteri di piring, alat masak, dan alat kamar mandi. Caranya, campurkan beberapa tetes minyak selasih ke dalam botol air semprotan. Lap permukaan meja atau piring dengan air campuran minyak tersebut agar terbebas dari bakteri dan jamur.

Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu

Sediakan air panas dalam baskom lalu teteskan minyak kayu putih dan minyak basil. Posisikan kepala kalian di atas baskom dan hirup uap hangatnya. Agar uapnya tidak kabur ke mana-mana, selimuti kepala kalian dengan handuk tipis untuk menutupi permukaan baskomnya juga. Daun basil memiliki sifat antivirus yang dapat membantu melawan virus influenza.

Pemakaian minyak daun basil: Minyak daun basil tidak boleh digunakan selama hamil. Sebab efek sampingnya dikhawatirkan akan berpengaruh pada kadar hormon serta otot dan saraf ibu hamil. Minyak daun basil juga baiknya tidak digunakan pada orang yang menderita epilepsi.

Penting untuk melakukan tes dulu sebelum menggunakan minyak esensial dari bahan alami apapun. Lakukan tes dengan meneteskan sedikit saja minyak basil ke kaki atau punggung tangan dan tunggu dalam 24 jam. Jika muncul gatal-gatal, sensasi panas, dan kemerahan pada kulit yang dioles, kalian mengalami reaksi alergi, dan jangan menggunakan minyak tersebut lagi.

Leave a Reply