image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Beras Hitam - Walaupun tidak sepopuler beras putih atau juga beras merah yang amat sangat dikenal, manfaat beras hitam patut kita perhatikan. Beragam kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh ada pada beras ini.

Manfaat Beras Hitam

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan WajahManfaat Beras Hitam Walaupun tidak sepopuler beras putih atau juga beras merah yang amat sangat dikenal, manfaat beras hitam patut kita perhatikan. Beragam kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh ada pada beras ini.

Sebenarnya beras hitam sama dengan beras putih dan beras merah pada umumnya, yaitu masuk dalam spesies tanaman oryza sativa. Bermacam ragam jenis varietas beras hitam, termasuk yang berasal dari Indonesia dan Thailand.

Kandungan Nutrisi Beras Hitam

Beberapa kandungan nutrisi yang dapat kalian rasakan dari manfaat beras hitam, antara lain:

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Beras Hitam -  Walaupun tidak sepopuler beras putih atau juga beras merah yang amat sangat dikenal, manfaat beras hitam patut kita perhatikan. Beragam kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh ada pada beras ini.

Antioksidan Antisianin

Setelah dimasak, beras hitam akan berubah warna menjadi ungu tua. Hal itu dikarenakan oleh kandungan dari antioksidan antosianin yang tinggi pada beras hitam. Kandungan antioksidan ini paling banyak ada pada kulit luarnya.

Berdasarkan keterangan seorang ahli, antioksidan antosianin kemungkinan membantu melawan penyakit jantung, kanker, dan gangguan kesehatan lain. Satu sendok beras hitam memiliki kandungan antosianin lebih tinggi dibandingkan dengan satu sendok blueberi, bahkan dengan kandungan gula yang lebih sedikit.

Mengandung Minera

Mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti zat besi, zinc, kalsium, mangan dan fosfor juga banyak ada dalam beras hitam.

Mengandung Vitamin E

Kulit luar beras hitam juga kaya kandungan vitamin E yang dapat menambah sistem imunitas sekaligus menangkal radikal bebas. Berdasarkan penelitian, diketahui kandungan vitamin E yang ada dalam beras hitam dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dan mencegah sakit jantung.

Mengandung Vitamin B

Manfaat beras hitam juga dilihat dari beberapa kandungan vitamin B seperti vitamin B1 (tiamina), B2 (riboflafin) dan b9 yang juga dikenal sebagai asam float.

Mengolah beras hitam: Setelah dimasak, maka beras hitam akan berubah warna menjadi ungu tua disertai dengan tekstur yang lembut. Banyak cara mengolah beras hitam, sebagai makanan utama seperti nasi dan bubur, menjadi bahan pembuat roti dan mie, serta bahan pembuatan keik atau makanan manis lain. Tidak dianjurkan untuk memasak beras hitam dengan alat penanak nasi (rice cooker) untuk hasil terbaik.

Leave a Reply