image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Cara Alami Merawat Rambut Rontok - Perawatan Wajah - Siapa sangka rambut rontok hanya dapat dirawat dengan menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia saja? Ada beberapa bahan alami yang bisa didapatkan disekitar kita untuk merawat rambut rontok.

Merawat Rambut Rontok

Eva Mulia Klinik Evamulia Cara Alami Merawat Rambut Rontok Perawatan Wajah Siapa sangka rambut rontok hanya dapat dirawat dengan menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia saja? Ada beberapa bahan alami yang bisa didapatkan disekitar kita untuk merawat rambut rontok.

Sebenarnya, bahan untuk merawat rambut rontok hampir sama dengan yang biasa digunaka kebanyakan orang untuk menumbuhkan rambut secara alami. Senyawa alami tersebut akan efektif jika kalian mengetahui apa penyebab rambut rontok yang dialami. Apakah disebabkan kekurangan vitamin, pengaruh obat atau menopause.

Bahan Alami Untuk Merawat Rambut Rontok

Minyak Kelapa Untuk Rambut Rontok

Bahan alami untuk merawat rambut rontok adalah minyak kelapa. Hal ini dikarenakan minyak kelapa diteliti oleh Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa produk perawatan rambut yang mengandung minyak kelapa dapat meningkatkan pertumbuhan dan ketebalan rambut.

Kedua keuntungan tersebut dapat terjadi karena adanya asam lemak pada minyak kelapa yang dapat menembus batang rambut. Bahkan, penggunaan minyak kelapa juga membuat rambut tidak kehilangan protein dalam jumlah yang banyak. Kalian dapat menggunakan minyak kelapa sebagai:

  • Kondisioner
  • Masker rambut
  • Pelindung rambut sebelum keramas

Gingseng

Sebagai tanaman herbal asal Korea yang menawarkan banyak khasiat, manfaat gingseng ternyata dapat digunakan sebagai bahan untuk merawat rambut rontok. Akar tanaman gingseng sudah digunakan ribuan tahun lamanya dalam pengobatan tradisional, termasuk mengatasi kerontokan rambut.

Menurut penelitian, kandungan ginsenosida pada gingseng cukup terlibat dalam siklus pertumbuhan rambut. Senyawa tersebut ternyata dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan dengan menginduksi anagen dan menunda katagen.

Masker Lidah Buaya

Menurut penelitian lidah buaya kaya akan antioksidan, glukosa, mineral seperti kalsium, magnesium dan natrium, serta vitamin A, B, C, E dan float. Lidah buaya juga mengandung tujuh dari delapan asam amino esensial dan merupakan jenis tanaman yang memiliki sifat anti radang dan anti penuaan alami.

Lidah buaya juga mengandung senyawa aktif yang dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan, memicu pertumbuhan dan perbaikan kulit, dan melembapkan kulit. Tapi, klaim dan pengakuan tentang sekian banyak manfaat masker lidah buaya untuk masalah kulit itu masih memerlukan bukti dan riset lebih lanjut.

Minyak Ikan

Salah satu bahan untuk merawat rambut rontok adalah minyak ikan, minyak ikan mengandung asam lemak omega 3 yang berperan dalam pertumbuhan rambut. Dalam sebuah penelitian tahun 2018, penggunaan minyak ikan kembung dapat dipakai untuk menumbuhkan rambut.

Ekstrak minyak tersebut dapat mengatur pertumbuhan rambut dan perkembangan siklus sel, sehingga rambut lebih kuat dan cepat tumbuh. Ini karena asam lemak omega 3 memiliki senyawa yang bersifat antioksidan yang meningkatkan ketebalan rambut.

Bawang

Tidak hanya sebagai bahan untuk masakan, ternyata bawang juga berguna untuk merawat rambut rontok. Kalian hanya perlu mengubah irisan bawang menjadi jus yang nantinya jkan dioleskan pada kulit kepala agar rambut kuat dan tidak mudah rontok. Jus bawang berhasil mengatasi kebotakan melalui peningkatan pertumbuhan rambut.

Selain itu bau yang kahs juga mempercepat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga mempercepat proses pertumbuhan. Kalian bisa memulai denga :

  • Mencampur dan memeras airnya.
  • Kemudian oleskan cairan tersebut pada kulit kepala dan rambut.
  • Biarkan selama 15 menit.
  • Dan bilas rambut dengan shampo seperti biasanya.

Kalian bisa menggunakan jus bawang sebagai cara merawat rambut rontok. Jika cara diatas tidak menunjukan hasil yang lebih baik, ada baiknya kalian segera menemui dokter ahli untuk berkonsultasi dan melakukan perawatan yang tepat.

Leave a Reply