image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Tips Memilih Sampo Yang Tepat Untuk Rambut - Perawatan Wajah - Sebagian dari Anda memilih sampo karena mungkin tertarik dengan harum dan kemasannya. Untuk sekarang, mungkin saatnya kalian beralih dari kebiasan itu. Karena salah memilih sampo bisa mengakibatkan kerusakan rambut.

Memilih Sampo Yang Tepat Untuk Rambut

Eva Mulia Klinik Evamulia Tips Memilih Sampo Yang Tepat Untuk Rambut Perawatan Wajah Sebagian dari Anda memilih sampo karena mungkin tertarik dengan harum dan kemasannya. Untuk sekarang, mungkin saatnya kalian beralih dari kebiasan itu. Karena salah memilih sampo bisa mengakibatkan kerusakan rambut.

Hal ini tentu tidak kalian inginkan bukan? Untuk mendapatkan informasi seputar perawatan rambut dan kecantikan, berikut adalah penjelasan untuk kalian.

Memahami Jenis Rambut Anda

Saat ini, hampir semua sampo diformulasikan untuk jenis rambut yang berbeda. Sebelum membeli sampo, kalian harus terlebih dahulu mengetahui jenis rambut kalian. Walaupun banyak sampo yang dapat membersihkannya, tidak semua kandungan dan komposisi sampo yang kalian gunakan cocok untuk rambut dan kulit kepala kalian.

  • Normal: Jenis rambut stabil, tidak kekurangan maupun kelebihan minyak pada kulit kepala. Selain itu, keadaan rambut tidak terlalu keriting maupun halus.
  • Berminyak: Umumnya, sebum menjaga kelembapan rambut agar rambut tidak kering dan rusak. Akan tetapi, kelebihan sebum pada kulit kepala dapat membuatnya berminyak.
  • Kering: Rambut yang kekurangan sebum sehingga menyebabkan rambut menjadi kurang kelembapannya dan dehidrasi. Akibatnya, rambut mudah patah.
  • Halus: Rambut halus adalah rambut yang mudah diatur. Namun, keadaannya membuatnya terlihat tipis.
  • Keriting: Karena bentuknya yang keriting, rambut ini sulut untuk diatur dan terlihat lebih bervolume.
  • Berwarna: Rambut diberi pewarna, biasanya bila tidak dirawat dengan baik rentan terhadap kerusakan.

Memilih Sampo Yang Sesuai Dengan Jenis Rambut

Memilih sampo yang sesuai jenis rambut cukup mudah. Biasanya kandungan atau jenis rambut yang ditujukan akan tertera pada kemasan sampo. Namun perlu di ketahui, bahwa beberapa kandungan sampo yang disarankan oleh beberapa ahli seperti:

  • Jika rambut berminyak tersebut menyebabkan ketombe, maka gunakan sampo anti ketombe yang mengandung bahan seperti ketoconazole, zinc pyrithione atau selenium sulfide.
  • Untuk rambut yang halus dan terlihat tipis, untuk memilih sampo yang memiliki kandungan protein gandum terhidrolisis dan PG-propyl silanetriol yang dapat meningkatkan ketebalan batang rambut sehingga rambut tidak lagi terlihat tipis.
  • Untuk rambut yang sulit diatur, baik itukarena rambut kering atau rambut keriting untuk memilih sampo yang sekaligus sebagai kondisioner. Ini dapat menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala.
  • Untuk rambut kering pilihlah sampo yang mengandung bahan seperti dimethicone, polquaternium dan cylometcone untuk memberikan kelembutan pada rambut. Kandungan ini berasal dari minyak biji alpukat dan anggur untuk mencegah dehidrasi juga.
  • Untuk rambut berwarna, kalian bisa memilih sampo dari ahli rambut yang tentu menjaga warna agar tidak mudah pudar atau tidak menghilangkan higlight pada rambut kalian.

Selain memilih sampo yang tepat, cara kalian berkeramas juga harus tepat, agar kandungan dan manfaat dari sampo bisa menyerap kedalam rambut dan kulit kepala. Inimlah beberapa tips memilih sampo yang tepat untuk rambut.

Leave a Reply