image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia Clinic - manfaat pegagan untuk wajah

5 Manfaat Pegagan untuk Kesehatan Wajah

Eva Mulia – Jika bicara tentang jerawat, maka Anda akan langsung dihadapkan dengan sejumlah pilihan untuk mengatasinya. Mulai dari penggunaan salep khusus hingga pengobatan menggunakan bahan-bahan alami. Penggunaan bahan alami untuk mengobati jerawat cukup aman dilakukan karena tidak menimbulkan iritasi. Nah, salah satu bahan alamin yang dipercaya ampuh menghilangkan masalah jerawat yaitu tanaman pegagan. Kini, beberapa skincare banyak yang mengaplikasikan ekstrak pegangan sebagai bahan anti jerawat.

Manfaat Kandungan dari Tanaman Pegagan

Eva Mulia Clinic - manfaat pegagan untuk wajah

1. Mencegah Radikal Bebas

Manfaat pegagan untuk wajah yang pertama yaitu dapat mencegah radikal bebas. Pegagan memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk menjaga dan melindungi kulit dari paparan sinar UV dan radikal bebas. Efek buruk dari radikal bebas bisa menyebabkan kulit terkena breakout dan jerawat.

2. Menstimulasi Produksi Kolagen

Manfaat pegagan untuk wajah yang kedua yaitu dapat mendorong produksi kolagen. Kolagen adalah nutrisi yang sangat penting untuk kulit wajah  agar tetap kenyal dan awet muda. Selain bisa menyamarkan garis halus di wajah, kolagen juga mampu memperbaiki tekstur kulit yang tidak rata. Terutama yang disebabkan oleh peradangan jerawat.

3. Mengurangi Peradangan

Jerawat meradang bisa menjadi masalah yang cukup serius. Hal ini bisa menimbulkan ruam pada area sekitar. Terkadang, jerawat meradang juga bisa menimbulkan rasa gatal yang menyiksa. Tapi kondisi ini bisa diatasi dengan menggunakan ekstrak pegagan. Tanaman ini mengandung bahan anti peradangan yang bisa meredakan peradangan tersebut.

4. Menghilangkan Bakteri Penyebab Jerawat

Manfaat pegagan untuk wajah berikutnya yaitu efektif untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Hal ini karena di dalam pegagan terdapat kandungan bahan anti bakteri. Menariknya, dengan menggunakan ekstrak pegagan pada kulit juga bisa mencegah bakteri tersebut kembali lagi. Maka tak heran kulit menjadi lebih bersih.

5. Merawat Kulit

Daun pegagan mengandung triterpenoid yang bisa meningkatkan antioksidan dan memperkuat jaringan kulit. Selain itu, Madecassoside dan Asiaticoside pada daun pegagan juga sudah teruji klinis dimana bermanfaat untuk meningkatkan kolagen yang perannya bisa mempercepat penyembuhan kulit yang terluka.

Anda bisa menemukan daun pegagan pada semak-semak atau rerumputan di sekitar tempat tinggal Anda. Namun, Anda juga bisa memakai sejumlah skincare khusus jerawat yang sudah dilengkapi dengan kandungan pegagan di dalamnya. Selamat mencoba!

Baca juga: 4 Minuman Penyebab Jerawat yang Wajib Anda Hindari

Leave a Reply