image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Minyak Tamanu - Kalian mungkin tidak asing lagi dengan minyak esensial yang sering digunakan dalam merawat kulit. Beberapa diantaranya seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak arhan dan lain sejenisnya. Akan tetapi, pernahkah kalian mendengar minyak tamanu?

Manfaat Minyak Tamanu

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan WajahManfaat Minyak Tamanu Kalian mungkin tidak asing lagi dengan minyak esensial yang sering digunakan dalam merawat kulit. Beberapa diantaranya seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak arhan dan lain sejenisnya. Akan tetapi, pernahkah kalian mendengar minyak tamanu?

Apa Itu Minyak Tamanu

Minyak tamanu adalah hasil dari ekstrak biji buah pohon cemara yang disebut Calophyllum Inophyllum. Minyak ini sering digunakan oleh orang Asia Tenggara karena manfaatnya yang luar biasa untuk masalah kulit seperti jerawat, bekas luka dan psoriasis. Penelitian tentang manfaat minyak tamanu untuk kesehatan masih minim.

Dalam beberapa studi yang masih terbatas, para peneliti juga menemukan bahwa tanamu oil mengandung Calophyllolide, yaitu zat yang diketahui memiliki sifat antiradang. Selain itu, minyak ini juga mengandung senyawa delta-tocotrienol (sejenis vitamin E), serta antioksidan yang bermanfaat untuk kulit.

Manfaat Minyak Tamanu

Mengatasi Jerawat Dan Bekas Jerawat

Minyak tamanu begitu bagus untuk menyembuhkan dan merawat bekas luka jerawat. Hal ini karena tamanu oil memiliki sifat antimikroba, antiradang serta antibakteri yang akan membatu tubuh mempercepat penyembuhan bekas luka jerawat atau keloid.

Menghilangkan Stretch marks

Salah satu penyebab timbulnya stretch marks adalah kulit yang merenggang setelah berkurang atau bertambah berat badan. Minyak tanamu diyakini mampu mengurangi kemunculan stretch marks. Dalam sebuah penelitian menunjukan jika penggunaan minyak tamanu secara rutin diketahui efektif untuk mencegah dan mengurangi strech marks di kulit.

Mengobati Luka Bakar

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam minyak tamanu diketahui dapat menenangkan kulit yang terbakar, mencerahkan kulit yang gelap, serta membantu proses penyembuhan luka dengan cepat. Kalian bisa mengoleskan minyak ini di area kulit yang terbakar atau menggelap. Beberapa orang juga menggunakan minyak pohon cemara ini untuk meredakan iritasi dan gatal gigitan serangga.

Melembapkan Kulit

Kandungan asam lemak yang tinggi dalam minyak tamanu membuat minyak ini memiliki khasiat yang tinggi untuk kulit kalian. Minyak cemara ini merupakan pelembap alami yang bisa diserap kulit dengan mudah. Beberapa orang juga meyakini jika minyak ini mampu meregenerasi sel-sel kulit yang rusak.

Untuk kalian yang memiliki alergi biji buah tertentu harus menghindari jenis minyak esensial ini. Selain dari manfaat yang ditawarkan, akan lebih baik jika kalian menghubungi dokter ahli sebelum menggunakan tamanu oil ini.

Leave a Reply