image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Manfaat Masker Teh Hijau - Perawatan Wajah - Teh hijau ternyata tidak hanya untuk sekedar dikonsumsi, akan tetapi juga bisa diolah menjadi produk perawatan kecantikan, yaitu masker wajah. Teh hijau merupakan teh yang dibuat dari tanaman camella sinensis dan ribuan tahun lamanya digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa penyakit.

Manfaat Masker Teh Hijau

Eva Mulia Klinik Evamulia Manfaat Masker Teh Hijau Perawatan Wajah Teh hijau ternyata tidak hanya untuk sekedar dikonsumsi, akan tetapi juga bisa diolah menjadi produk perawatan kecantikan, yaitu masker wajah. Teh hijau merupakan teh yang dibuat dari tanaman camella sinensis dan ribuan tahun lamanya digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa penyakit.

Hal ini dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi membuat teh hijau cukup terkenal di dunia pengobatan tradisional. Bahkan, teh yang berwarna hijau ini juga disebut bisa memberikan manfaat yang baik untuk wajah jika diolah menjadi masker.

Manfaat Masker Teh Hijau

Mengurangi Iritasi Wajah

Selain mengandung senyawa antioksidan, masker teh hijau memiliki senyawa yang bersifat anti-peradangan. Oleh karena itu, manfaat masker teh hijau untuk mengurangi iritasi wajah. Kandungan antiperadangan tersebut cukup tinggi karena kandungan katekin yang ada didalamnya banyak juga.

Masker teh hijau digunakan untuk membantu mengurangi iritasi kulit dan kemerahan. Bukan hanya anti-peradangan, teh hijau sendiri bersifat menenangkan kulit yang sedang mengalami iritasi atau gatal akibat psoriasis dan rosacea.

Membantu Mencegah Kanker Kulit

Salah satu manfaat yang ada dari masker teh hijau lainnya juga membantu menurunkan resiko kanker kulit. Dalam sebuah penelitian Archives of Biohemistry and Biophysics, kandungan polifenol dalam teh hijau cukup bermenfaat untuk mencegah sel kanker. Polifenol adalah senyawa fitkimia yang berasal dari tanaman.

Jika sudah masuk dan diserap tubuh, polifenol akan berperan seperti antioksidan dan melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Antioksidan pada polifenol yang terkandung di dalam teh hijau telah terbukti bisa menjadi agen antikanker pada manusia dan hewan, bahkan teh hijau juga bisa menurunkan kanker kulit melanoma.

Mengatasi Jerawat

Salah satu penyebab jerawat yang umum adalah hormon. Pola makan dan usia juga mempengaruhi munculnya hormon yang menyebabkan jerawat. Selain menggunakan obat jerawat, kalian juga bisa menggunakan masker teh hijau agar jerawat cepat hilang.

Penggunaan teh hijau yang mengandung polifenol secara oral dan topikal bisa digunakan dalam pengobatan dan pencegahan jerawat. Hal ini karena senyawa polifenol mengurangi produksi sebum yang menyebapkan jerawat. Selain itu, masker teh hijau juga diyakini bisa mengontrol bakteri pada wajah.

Melawan Penuaan Dini

Selain membantu menurunkan resiko kanker kulit, manfaat masker teh hijau juga membantu kalian melawan penuaan dini. Proses pengolahan teh hijau menjadi masker amatlah efektif. Mulai dari:

  • Cara daun teh dipetik
  • Diproses
  • Dikukus
  • Dan dikeringkan membuat teh hijau berhasil mempertahankan senyawa antioksidan di dalamnya (polifenol).

Pada saat antioksidan bertemu dengan radikal bebas, senyawa tersebut akan menyerap radikal bebas dan membuat lemah dan tidak berbahaya.

Tubuh manusia menggunakan oksigen agar bisa bekerja dengan normal dan memproduksi radikal bebas di dalamnya. Jenis polifenol yang ada dalam teh hijau ini adalah salah satu senyawa antioksidan yang amat efektif menghancurkan radikal bebas dan membantu proses penuaan.

Melembapkan Wajah

Selain polifenol, teh hijau juga mengandung vitamin lainnya yang baik untuk kulit seperti vitamin E. Kandungan vitamin E pada masker teh hijau bermanfaat untuk menutrisi dan melembapkan kulit wajah. Pada sebuah penelitian diungkapkan bahwa kandungan pelembab teh hijau miningkatkan hidrasi pada kulit.

Untuk itu, manfaat masker teh hijau dinilai bisa membantu kulit wajah nampak lembap dan bersih. Manfaat ini dihasilkan dari senyawa polifenol yang memiliki antioksidan dan anti-peradangan kulit. Untuk lebih baiknya silahkan kalian berkonsultasi dengan dokter ahli terlebih dahulu.

Leave a Reply