image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Manfaat Teh Hijau Untuk Rambut - Perawatan Wajah - Menjadi salah satu teh yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh, teh hijau juga bisa digunakan untuk rambut. Apa saja khasiat yang ditawarkan dari teh hijau yang populer di dunia kecantikan ini.

Manfaat Teh Hijau Utuk Rambut

Eva Mulia Klinik Evamulia Manfaat Teh Hijau Untuk RambutPerawatan Wajah – Menjadi salah satu teh yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh, teh hijau juga bisa digunakan untuk rambut. Apa saja khasiat yang ditawarkan dari teh hijau yang populer di dunia kecantikan ini.

Teh hijau merupakan hasil dari olahan daun teh yang berasal dari tanaman camellia sinensis. Dikenal sebagai sumber antioksidan polifenol yang amat baik, teh hijau sering digunakan dalam produk perawatan rambut karena dipercaya memiliki banyak manfaat.

Manfaat Teh Hijau Untuk Rambut

Menjaga Pertumbuhan Rambut

Bebebrapa manfaat teh hijau untuk rambut yang ampuh dipercaya mampu menjaga dan melindungi pertumbuhan rambut. Dalam sebuah penelitian dari jurnal Phytomedicine, kandungan utama polifenol pada teh hijau, yaitu epigallocatechin-3-gallate (EGCG), dipercaya dapat mempercepat rambut tumbuh.

Hal ini disebabkan EGCG berperan sebagai pemicu atau seumber pertumbuhan rambut dengan merangsang folikel rambut dan mencegah kerusakan pada kulit serta sel rambut. Ini menjadi faktor kenapa teh hijau sering digunakan pada produk perawatan rambut, khususnya dalam mengatasi kerontokan.

Akan tetapi perlu dipastikan lagi, apakah efek teh yang mengandung anti microba ini bisa dipakai juga untuk orang yang mengalami kerontokan rambut akibat hormon.

Menutrisi Rambut

Selain mengatasi kerontokan dengan baik, manfaat teh hijau untuk rambut lainnya adalah menutrisi rambut. EGCG yang terkadang dalam teh hijau menghambat aktivitas hormon yang menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Teh hijau juga membantu melancarkan aliran darah.

Menurut penelitian, kandungan polifenol dalam minuman teh hijau miningkatkan dan menyalurkan oksigen ke otak sebanyak 29%. Hal ini amat berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut karena oksigen dan nutrisi yang dikirim ke kulit dapat merangsang folikel rambut.

Mencegah Kerontokan Rambut

Salah satu manfaat teh hijau untuk rambut selanjutnya adalah mencegah kerontokan rambut. Kerontokan rambut adalah kondisi yang pernah dialami banyak orang. Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal: setres, diet atau perubahan hormon.

Kandungan teh hijau yang kaya katekin membantu menekan hormon dihidrotestosteron. Hormon androgen yang biasanya memiliki kadar yang cukup tinggi pada pria dikenal sebagai penyebab kerontokan rambut. Kandungan ini lah yang dipercaya mampu menekan kerontokan rambut.

Leave a Reply