image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Jerawat di Bibir - Perawatan Wajah - Jerawat bisa muncul dimana saja, salah satunya jerawat di bibir. Meskipun kecil, jerawat di sekitar bibir umumnya jauh lebih nyeri dibandingkan area wajah lainnya. Tidak heran jika munculnya jerawat ini membuat makan atau berbicara tidak nyaman.

Jerawat di Bibir

Eva MuliaKlinik Evamulia Jerawat di BibirPerawatan Wajah Jerawat bisa muncul dimana saja, salah satunya jerawat di bibir. Meskipun kecil, jerawat di sekitar bibir umumnya jauh lebih nyeri dibandingkan area wajah lainnya. Tidak heran jika munculnya jerawat ini membuat makan atau berbicara tidak nyaman.

Tapi hati-hati, jangan sembarangan memencet jerawat di bibir hanya karena ingin cepat sembuh. Atasi jerawat di bibir dengan cara yang tepat, aman dan efektif. Jerawat di bibir dapat disebabkan oleh produksi minyak berlebih, bakteri dan folikel rambut yang tersumbat oleh kulit mati.

Sumbatan ini biasanya disebabkan oleh penggunaan lip balm, lipstik, petroleum jelly atau makeup secara berulang. Meskipun produknya aman, pemakaian secara berlebihan dan telat membersihkan bisa menyumbat pori-pori. Stres, hormon dan obat-obatan tertentu juga bisa meningkatkan resiko kemunculan jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat di Bibir

Mengompres Jerawat

Mengompres jerawat di bibir dengan es batu atau air hangat juga bisa meredakan peradangan. Kompres dingin dingin juga membantu meringankan pembengkakan dan kemerahan bahkan rasa nyeri yang mengganggu. Mengompres dengan air hangat juga bisa menjadi solusinya.

Cara ini membantu mengeluarkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori. Jika jerawat sudah parah, kompres hangat membantu mengeringkan nanah sehingga nyeri akan menghilang. Usahakan mengompres jerawat sebanyak dua kali sehari.

Mengoleskan Obat Jerawat

Benzoil peroksida merupakan salah satu obat ampuh untuk mengatasi jerawat yang meradang. Benzoil peroksida bekerja dengan membunuh bakteri dan mengendalikan minyak dikulit. Kalian juga bisa menggunakan retinoid untuk mengatasi jerawat di bibir.

Retinoid bekerja dengan membuka sumbatan pada pori, mengurangi produksi minyak dan mencegah peradangan kulit. Selain itu, ada antibiotik yang digunakan untuk menghilangkan jerawat di bibir. Krim antibiotik membantu membunuh bakteri dan meredakan peradangan.

Jika kalian menggunakan oabta jerawat di malam hari, jangan lupa mengoleskan pelembap keesokan harinya. Pelembab membantu mencegah kekeringan pada kulit akibat obat jerawat yang digunakan.

Mengoleskan Tea Tree Oil

Selain obat medis, kalian juga bisa mengunakan tea tree oil sebagai bahan alami untuk mengatasi jerawat di bibir. Tea tree oil banyak diyakini mampu mengurangi masalah jerawat yang berlebihan. Hal ini dikarenakan kandungan antiradang dan antimikroba didalamnya.

Jika kalian memiliki kulit sensitif, oleskan minyak pada tangan untuk melihat reaksi yang timbul, jika tidak berekasi berarti aman. Jika beberapa cara diatas masih tidak mempan, segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Leave a Reply