image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Kulit Pisang Untuk Tubuh - Pisang menjadi salah satu buah yang disukai banyak orang, selain karena rasanya yang manis, pisang juga sering diolah dalam berbagai jenis makanan. Selain daging buahnya dimanfaatkan, tahukah kalian bahwa kulitnya juga berguna untuk kesehatan lho.

Manfaat Kulit Pisang

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan Wajah Manfaat Kulit Pisang Untuk Tubuh Pisang menjadi salah satu buah yang disukai banyak orang, selain karena rasanya yang manis, pisang juga sering diolah dalam berbagai jenis makanan. Selain daging buahnya dimanfaatkan, tahukah kalian bahwa kulitnya juga berguna untuk kesehatan lho.

Mungkin selama ini banyak orang yang mengira bahwa bisa hanya bisa dimanfaatkan dagingnya saja, tapi sebenarnya kulit pisang juga mengandung banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat kulit pisang yang harus Anda ketahui.

Manfaat Kulit Pisang

Menurunkan Kolesterol

Jika Anda memiliki kolesterol, maka salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol yaitu dengan meningkatkan asupan serat. Apabila kadar kolesterol jahat turun maka hal tersebut otomatis  akan menurunkan risiko stroke dan jantung.

Oleh karena itu, manfaat kulit pisang bisa Anda gunakan untuk menurunkan kolesterol karena pisang mengandung serat yang lebih larut dan tidak larut daripada buahnya.

Memutihkan Gigi

Hampir semua orang yang tak menyangka bahwa kulit pisang mampu memutihkan gigi. Bagaimanakah caranya? pertama gosokan kulit pisang pada gigi Anda selama satu menit setiap harinya selama satu minggu. Kemudian Anda bisa menggosok gigi tanpa odol. Cara ini mampu memberikan warna putih alami gigi.

Mengecilkan Pinggang

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet, sepertinya Anda harus mendapatkan manfaat kulit pisang. Kulit pisang mengandung kalori rendah dan berlimpah serat serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga menjadikannya sumber suplemen yang ideal bagi siapa saja yang ingin tetap langsing.

Mencegah Kanker

Salah satu bahan makanan yang bisa digunakan untuk mencegah kanker adalah kulit pisang. Kulit pisang kaya antioksidan dan terdiri dari senyawa yang melindungi sel dari ancaman mutasi, yang biasanya menyebabkan tumor kanker. Meski begitu, temuan terkait hal ini masih diperlukan penelitian lanjutan.

Memperkuat Sel Darah Merah

Sel darah merah mengirimkan oksigen ke jaringan tubuh secara konstan. Kulit pisang termasuk nutrisi yang memperkuat sel darah merah dengan memastikan distribusi oksigen dan meminimalkan kerusakan sel darah merah.

Meningkatkan Sistem Kekebalan

Kulit pisang memiliki kandungan yang kaya akan serat. Tingginya kandungan serat dalam kulit pisang membantu menciptakan bakteri probiotik di usus besar. Dengan begitu maka proses detoksifikasi tubuh akan berjalan dan sistem kekebalan menjadi lebih baik.

Mengatasi Psoriasis

Manfaat kulit pisang yang terakhir adalah dapat digunakan untuk mengatasi penyakit psoriasis. Psoriasis adalah penyakit peradangan kulit menahun yang umumnya ditandai dengan kulit mengelupas, ruam merah, kulit terasa kering, bersisik dan menebal. Jika sisik ini digaruk akan berakibat pendarahan bintik-bintik yang lumayan sakit.

Cara yang bisa Anda coba mengatasi penyakit psoriasis adalah dengan dengan menggosokan kulit pisang secara merata ke bagian kulit yang terkena penyakit psoriasis. Saat penggunaan pertama kulit akan memerah namun akan memudar dengan sendirinya.

Menjaga Kesehatan Mata

Memiliki kadar lutien yang tinggi, manfaat kulit pisang yang bisa didapatkan adalah mengoptimalkan kesehatan mata. Lutien adalah senyawa yang membantu kemampuan penglihatan pada malam hari dan membantu mencegah katarak dan degenerasi makula.

1 Comment

Leave a Reply