image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Makanan Penyebab Munculnya Komedo - Makanan penyebab komedo- Komedo terbentuk saat sel kulit mati dan minyak menyumbat pori-pori. Minyak ini dihasilkan oleh kelenjar minyak (sebum) di dalam pori-pori.

Makanan Penyebab Komedo

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan Wajah Makanan Penyebab Munculnya Komedo Makanan penyebab komedo- Komedo terbentuk saat sel kulit mati dan minyak menyumbat pori-pori. Minyak ini dihasilkan oleh kelenjar minyak (sebum) di dalam pori-pori.

Saat permukaan pori-pori tersebut terbuka dan terpapar oleh udara luar, maka komedo akan berubah warna menjadi hitam. Sehingga kemunculan komedo sangat mengganggu penampilan. Kondisi ini membuat berbagai produk perawatan wajah berlomba-lomba membuat formulasi khusus untuk melawan komedo.

Namun, komedo tidak bisa diatasi hanya dari perawatan wajah saja. Perlu Anda ketahui bahwa ternyata makanan juga punya peran penting pada kemunculan komedo di wajah. Bahkan, perawatan wajah yang maksimal, bisa tidak terlihat hasilnya jika pemilihan makanan tetap dilakukan dengan asal.

Makanan Penyebab Komedo

Makanan Berlemak

Makanan penyebab komedo adalah makanan berlemak.  Asupan lemak atau minyak yang berlebih bisa  menyebabkan kelenjar lemak yang memproduksi lemak lebih banyak dan memicu munculnya komedo. Makanan yang banyak mengandung lemak biasanya diolah dengan metode goreng, deep frying, atau goreng dengan tepung. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang diolah dengan metode masak rendah lemak agar wajah bebas komedo.

Makanan Cepat Saji

Makanan penyebab komedo selanjutnya adalah makanan cepat saji. Komedo sangat berkaitan dengan makanan yang kaya akan kalori, lemak, dan karbohidrat. Dengan mengonsumsi makanan cepat saji terus menerus bisa meningkatkan risiko komedo hingga 17 persen. Selain itu, makanan cepat saji dapat memengaruhi kadar hormon yang menimbulkan komedo.

Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Siapa sangka ternyata mengkomsumsi makanan berkarbohidrat berlebihan bisa menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh yang berakibat pada kemunculan komedo pada wajah. Oleh karena itu, selalu batasi porsi karbohidrat yang Anda konsumsi dalam satu hari. Hindari juga memilih menu tinggi karbohidrat misalnya mie bersamaan dengan nasi, atau roti dengan kentang.

Makanan Pedas

Makanan penyebab komedo terakhir adalah mengonsumsi makanan yang memiliki rasa pedas. Hal ini karena makanan pedas adalah bahan makanan yang bisa menyebabkan metabolisme tubuh hingga produksi hormon berlebih. 

Selain itu, masakan pedas juga sering disajikan bersamaan dengan makanan berlemak dalam jumlah besar. Kedua jenis makanan ini bisa menyebabkan munculnya komedo.

Leave a Reply