Manfaat Gambir

Eva Mulia Klinik Kecantikan Perawatan Wajah Manfaat Gambir Untuk Mengatasi Jerawat Dan Bekasnya Gambir adalah salah satu bahan yang digunakan dalam menginang. Gambir termasuk dalam salah satu kelompok bahan herbal karena kegunaannya dalam berbagai terapi pengobatan. Salah satu terapi yang memanfaatkan gambir untuk pengobatan adalah jerawat.

Sebenarnya ada banyak cara menghilangkan jerawat secara tradisional, salah satunya adalah menggunakan gambir. Selain dengan kedua bahan di atas, cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi juga patut dicoba. Setelah pengobatan, basanya bekas jerawat akan mucul. Untuk menghilangkannya, jika tidak tidak ingin menggunakan antibiotik, ada cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan herbal.

Manfaat Gambir Untuk Mengatasi Jerawat Dan Bekasnya

Mengobati jerawat dengan bahan alami dinilai lebih minim resiko daripada menggunakan sejenis antibiotik. Dalam kondisi tertentu, terdapat bahaya penggunaan antibiotik jerawat dengan berbagai sebab.

Selain digunakan untuk meniyih ternyata gambir juga mempunyai kemampuan hebat dalam menyembuhkan jerawat. Gambir dapat berperan dalam menghilangkan jerawat dan bekasnya. Selain itu, gambir juga cocok digunakan untuk menghilangkan jerawat yang tidak bisa pecah dengan sendirinya.

1. Mengurangi Pembengkakakn

Jerawat yang meradang biasanya akan diikuti oleh pembengkakan di kulit bagian sekitar jerawat. Pembengkakan jerawat merupakan sebuah proses untuk jerawat matang, sehingga jerawat nantinya akan menetas. Pembengkakan jerawat jika tidak segera diatasi akan menjadi penyebab jerawat bernanah dan berdarah.

Oleh karenanya, penggunaan gambir akan mengurangi pembengkakan jerawat dengan cepat. Gunakan gambir sebagai terapi dengan cara membuat masker terlebih dahulu.

2. Mencegah Peradangan

Selain mencegah infeksi, antioksidan juga dapat berperan sebagai zat anti inflamasi. Sudah diketahui secara umum bahwa senyawa anti inflamasi berguna untuk mencegah peradangan. Sehingga gambir secara efektif berperan sebagai cara mengatasi jerawat meradang. Jika peradangan telah dihentikan, maka selanjutnya gambir akan menghaluskan bekas jerawat yang timbul. Kandungan dalam gambir akan secara otomatis melakukan hal-hal semacam ini.

3. Mencegah Infeksi

Jerawat bisa disebabkan oleh bermacam-macam faktor, diantaranya adalah karena infeksi virus. Penggunaan gambir sebagai obat dalam mengatasi jerawat dinilai sangat efektif dan minim resiko yang ditimbulkan. Kandungan antioksidan mempunyai peran dalam mencegah infeksi virus yang bisa menyebabkan jerawat. Oleh karenanya, gambir dapat mencegah jerawat datang kembali secara alami.

4. Menghilangkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat sebenarnya dapat dihindari dengan perawatan yang tepat. Salah satunya adalah dengan gambir. Menggunakan gambir sebagai pengobatan jerawat akan memberikan efek bagus dalam mencegah bekas jerawat muncul. Bekas jerawat secara efektif dapat dicegah kemunculannyajika terapi gambir sudah diterapkan saat jerawat muncul. Pengobatan bekas jerawat setelah muncul akan membutuhkan waktu untuk menghilang.

5. Menghaluskan Kulit

Gambir juga mempunyai efek dalam menghaluskan kulit, terutama kulit bekas jerawat. Ini dikarenakan gambir mempunyai kandungan berupa katekin. Katekin akan berfungsi menghaluskan kulit yang kasar akibat bekas jerawat. Selain itu, senyawa ini akan berfungsi menghambat proses terjadinya jerawat di wajah. Penggunaan gambir secara teratur dapat memperbaiki kondisi wajah yang tidak rata.

6. Menghilangkan Flek Hitam Dan Bekas Keriput

Noda hitam dan keriput di wajah merupakan tanda penuaan kulit. Masker gambir sangat efektif untuk mengatasi tanda penuaan di kulit anda. Dengan menggunakan masker ini secara teratur, kulit akan menjadi lebih kencang dan segar.

Efek Samping Gambir Untuk Wajah

Karena kandungan antioksidan yang kuat, ada beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan jika gambir tidak digunakan secara benar. Oleskan gambir hanya pada bagian yang ingin disembuhkan saja. Ini dikarenakan gambir akan membuat kulit menjadi kering dan bahkan pecah-pecah. Jangan sampai langkah mengatasi jerawat meradang justru malah merusak kulit disekitarnya. Hendaknya, gunakan pengobatan ini jangan sampai berlebihan.