image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Ciri Jerawat Karena Alergi - Ada banyak hal yang bisa menyebabkan jerawtan. Hal ini biasanya disebabkan karena produksi minyak pada wajah serta bakteri hingga debu yang bersarang dipori-pori kulit. Setelah itu menyumbat folikel rambut pada kulit hingga memicu timbulnya jerawat.

Jerawat Karena Alergi

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan WajahCiri Jerawat Karena Alergi Ada banyak hal yang bisa menyebabkan jerawtan. Hal ini biasanya disebabkan karena produksi minyak pada wajah serta bakteri hingga debu yang bersarang dipori-pori kulit. Setelah itu menyumbat folikel rambut pada kulit hingga memicu timbulnya jerawat.

Jika Anda ingin kulit yang sehat dan bebas jerawat, maka lakukan kebiasaan yang bisa mencegah jerawat dan hindari hal-hal yang bisa menyebabkan jerawat semakin parah seperti suka memencet jerawat.

Penyebab Jerawat Karena Alergi

Selain itu penyebab jerawat yang paling umum adalah jerawat karena alergi. Alergi di sini terdapat beberapa macam, yaitu:

  • Alergi hirup, adalah alergi yang terjadi ketika cuaca sedang ekstrim seperti debu, alergi dingin dan panas.
  • Alergi makanan, adalah munculnya reaksi berlebihan pada kulit ketika mengonsumsi makanan tertentu seperti makanan laut, atau saat makan makanan penyebab jerawat batu.
  • Alergi kontak, yaitu alergi yang muncul saat menggunakan barang tertentu seperti parfum atau perhiasan.

Reaksi yang muncul karena alergi pun juga bermacam-macam, salah satunya adalah munculnya jerawat. Anda tentu akan kesulitan membedakan antara jerawat yang muncul akibat gangguan kesehatan kulit dengan jerawat yang muncul karena alergi.

Ciri Jerawat Karena Alergi

Muncul Secara Tiba-Tiba

Ciri-ciri jerawat alergi hanya muncul dalam keadaan tertentu, sesuai dengan alergi Anda. Seperti muncul setelah makan seafood atau saat Anda kedinginan. Perhatikan waktu munculnya jerawat agar Anda memahami bahwa jerawat tersebut disebabkan oleh alergi. Jika jerawat muncul setelah makan makanan tertentu, maka ketahui dulu apa saja makanan yang harus dihindari saat jerawat muncul.

Jerawat Trasa Gatal Dan Panas

Ciri jerawat karena alergi berikutnya adalah jerawat yang terasa sangat gatal dan panas. Biasanya jerawat memang terasa gatal ketika ia mulai tumbuh atau akan sembuh. Tetapi gatal yang ditimbulkan oleh jerawat alergi berbeda. Selain gatal, kulit Anda juga akan terasa panas seperti terbakar.

Rasa gatal yang muncul sangat hebat dan tidak bisa ditahan. Jerawat Anda juga akan berwarna kemerahan seperti terbakar meski tidak disentuh sama sekali.

Pertumbuhan Jerawat Yang Singkat

Berbeda dengan jerawat yang disebabkan alergi, alah satu ciri ciri jerawat alergi adalah pertumbuhannya yang sangat cepat. Jerawat ini bisa tumbuh dalam waktu semalam. Dan dalam semalam, jerawat akan membesar dan meradang. Biasanya jerawat ini langsung memunculkan benjolan pada kulit dengan ukuran besar, berwarna merah, dan teksturnya keras.

Ukuran Jerawat Yang Besar

Jika Anda sering berjerawat atau punya kulit berjerawat tentu sudah tidak asing lagi dengan jerawat batu. Jerawat yang satu ini tergolong jerawat yang parah dan susah untuk dihilangkan. Nah, ciri ciri jerawat alergi adalah ukurannya yang sangat besar, lebih besar dari jerawat batu.

Sebelum jerawat ini muncul, permukaan kulit akan sangat merah dan mengeras. Lama kelamaan muncul benjolan yang sangat besar menyerupai bisul, tetapi bukan bisul dan bukan jerawat batu.

Jerawat Cepat Hilang Dan Tidak Berbekas

Nah salah satu ciri jerawat alergi adalah pertumbuhan jerawat yang sangat cepat. Tidak hanya tumbuhnya saja, ternyata jerawat alergi juga akan hilang dalam waktu singkat. Jerawat alergi memang muncul sebagai hasil dari reaksi tubuh terhadap kondisi tertentu seperti cuaca dan makanan. Untuk itu setelah zat penyebab alergi hilang, misalnya makanan sudah dicerna atau cuaca sudah membaik, jerawat akan hilang dengan segera.

Leave a Reply