image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Daun Mimba Untuk Kesehatan - Daun intara atau daun mimba yang memiliki nama lain neem tree adalah tanaman yang mengandung banyak manfaat. Bukan hanya daunnya, ternyata pohon mimba ini mulai dari kayu, biji, akar, bunga hingga buahnya dapat digunakan untuk kesehatan.

Melihat Manfaat Daun Mimba

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan WajahManfaat Daun Mimba Untuk Kesehatan Daun intara atau daun mimba yang memiliki nama lain neem tree adalah tanaman yang mengandung banyak manfaat. Bukan hanya daunnya, ternyata pohon mimba ini mulai dari kayu, biji, akar, bunga hingga buahnya dapat digunakan untuk kesehatan.

Tanaman Mimba

Tanaman mimba adalah tanaman (Azadirachta Indica) yang banyak ditemukan di negara tropis seperti India, Pakistan dan Indonesia. Tanaman ini bisa ditemukan hampir disemua daerah. Hampir dari keseluruhan pohon mimba memiliki khasiat sebagai obat. Sering kali tanaman mimba dijadikan minyak, ekstrak atau direbus untuk diminum airnya.

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Daun Mimba Untuk Kesehatan -  Daun intara atau daun mimba yang memiliki nama lain neem tree adalah tanaman yang mengandung banyak manfaat. Bukan hanya daunnya, ternyata pohon mimba ini mulai dari kayu, biji, akar, bunga hingga buahnya dapat digunakan untuk kesehatan.
  • Daun mimba digunakan untuk penyakit kusta, kelainan mata, mimisan, cacingan, sakit perut, kehilangan nafsu makan, gejala maag, penyakit jantung, penyakit jantung, demam, penyakit gusi, dan juga penyakit hati.
  • Ranting pohon mimba digunakan untuk membantu mengobati batuk dan asma. Biji dan minyak biji dari pohon ini digunakan untuk membantu penyembuhan kusta dan cacingan. Batang, akar, dan buah dari pohon ini digunakan sebagai face tonic.
  • Sari dari kulit kayu mimba digunakan untuk membantu pengobatan malaria, penyakit kulit, nyeri, dan demam. Kulit batang pohon mimba pada waktu tertentu setiap tahunya menghasilkan cairan dalam jumlah besar. Cairan ini yang diminum sebagai obat penyakit lambung di India.
  • Bunga pohon mimba ini juga bisa digunakan untuk membantu pengobatan wasir (ambeien), cacingan, gangguan saluran kencing, dahak, luka, dan kusta.

Fungsi Daun Mimba Untuk Tubuh

Berikut adalah beberapa fungsi dan manfaat daun mimba untuk kesehatan tubuh kita yang mungkin belum kita ketahui.

Anti Kanker

Daun mimba dapat digunakan sebagai obat pencegah terjadinya kanker. Pemberian ekstrak dari daun mimba secara efektif bisa menekan sifat karsinogen di dalam tubuh. Dilansir dalam laman Livestrong, ekstrak dari daun mimba diyakini memiliki khasiat antikanker, yaitu membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker.

Menurut sebuah riset mengatakan bahwa penderita kanker serviks yang dirawat dengan medis dan ekstrak mimba dapat mencegah peningkatan keparahan sel kanker hingga dapat menurunkan risiko kematian akibat kanker serviks. Sementara itu, penelitian lain mengatakan bahwa ekstrak mimba memiliki efek antikanker pada pertumbuhan sel kanker prostat.

Antioksidan

Antioksidan membantu menjaga semua sel kalian dari efek radikal bebas. Daun mimba mengandung banyak flavonoid seperti quercetin, katekin, karoten, asam askorbat. Semua komponen ini merupakan sumber antioksidan. Tidak heran jika tanaman mimba sering dijadikan obat kulit.

Apalagi bagian daun mimba memiliki sifat antioksidan yang amat tinggi. Senyawa ini membantu mengurangi terjadinya kerusakan sel kulit mati. Bahkan, antioksidan pada tanaman mimba juga menjadi antiseptik sampai-hingga dapat membantu mengatasi jerawat dan kemerahan di kulit wajah.

Antimikroba

Daun mimba memiliki khasiat antimikroba yang berpotensi membantu mencegah atau memperlambat perkembangan mikroba jahat (bibit penyakit). Penelitian dalam Dental Journal tahun 2011 mengindikasikan bahwa minyak mimba yang terbuat dari biji pohon mimba dapat menurunkan pertumbuhan mikroorganisme pada rongga mulut.

Daun mimba juga mengandung senyawa bioaktif yang disebut dengan alkaloid, steroid, dan flavonoid, dan tanin yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella dan E. Coli.

Leave a Reply