image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

cara menghilangkan jerawat didahi

3 Cara Menghilangkan Jerawat di Dahi Secara Alami dan Cepat

Klinik Eva Mulia – Ada banyak penyebab timbulnya jerawat di wajah dan penyebab jerawat kecil-kecil di dahi, sehingga resiko munculnya jerawat di wajah dan dahi akan tinggi. Jika jerawat di dahi sudah terlanjur tumbuh, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa menghilangkan jerawat di dahi dengan cepat. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak artikel di bawah ini.

Cara Menghilangkan Jerawat Didahi dengan Bahan Alami

1. Daun Cendana

cara menghilangkan jerawat didahi daun cendana

Sebagian dari Anda mungkin masih belum familiar dengan tanaman yang satu ini. Ya, Ini adalah tanaman cendana yang sudah lama dikenal sebagai tanaman penghasil kayu dan minyak.  Tanaman cendana mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kulit anda, salah satunya bisa mengobati berbagai jenis jerawat di dahi.

  • Daun cendana berfungsi sebagai cleansing agent yang akan menyingkirkan segala kotoran dan debu yang menempel di dahi, sehingga akan menghindarkan anda dari jerawat pada dahi di kemudian hari.
  • Daun cendana merupakan antiseptik alami yang bermanfaat untuk mengusir jerawat, komedo, bekas jerawat, dan bintik hitam di wajah dan dahi.

Cara menghilangkan jerawat didahi dengan menggunakan daun cendana:

  • Siapkan 4 helai daun cendana, Lalu tumbuk helaian daun cendana tersebut sampai teksturnya menjadi halus.
  • Kemudian, campurkan dengan sedikit air dan aduk hingga teksturnya menjadi seperti pasta.
  • Setelah itu, oleskan tumbukan daun cendana tersebut pada dahi yang terdapat jerawat.
  • Diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga meresap.
  • Setelah 1 jam, bilas wajah dengan air bersih.
  • Lakukan menggunakan masker daun cendana ini sebanyak 3 kali dalam seminggu secara rutin hingga jerawat di dahi mengempis.

2. Cuka Apel

cara menghilangkan jerawat didahi

Apple cider vinegar atau cuka apel merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat di dahi. Cuka apel mengandung asam ringan yang memberikannya sifat astringent (zat yang bisa membuat suatu jaringan berkontraksi atau mengerut). Kandugan astringent dalam cuka apel bisa menyusutkan dan menghilangkan jerawat dengan cepat. Selain itu, cuka apel juga bisa membantu menstabilkan kadar pH kulit kita. Salah satu penyebab dahi berjerawat adalah karena tingkat pH-nya tidak stabil. Bila pH-nya sudah kembali pada tingkat yang seharusnya, maka kulit akan bekerja secara normal, sehingga tidak akan menimbulkan jerawat lagi.

3. Asam Jawa

cara menghilangkan jerawat didahi

Selain berguna sebagi rempah-rempah, ternyata asam jawa bisa digunakan untuk menyehatkan kulit anda. Terutama jerawat yang muncul didahi. Berikut ini manfaat dan cara menghilangkan jerawat di dahi menggunakan asam jawa:

  • Asam jawa memiliki kandungan antiseptik alami yang bisa menghilangkan segala kotoran, debu, dan bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat sekaligus bisa mempercepat proses pengeringan dan pengempisan jerawat.
  • Vitamin C pada asam jawa akan memicu produksi kolagen pada kulit. Manfaat kolagen untuk jerawat adalah akan menghaluskan dan mengencangkan kulit secara alami, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat didahi dengan menggunakan asam jawa.

  • Pertama-tama, anda siapkan beberapa buah asam jawa, lalu anda keluarkan bijinya. Setelah itu, tumbuk halus bijinya hingga teksturnya menyerupai bubuk. Agar tekstur tidak terlalu kering, maka campurkan dengan sedikit air.
  • Setelah itu, aplikasikan asam jawa ini pada dahi yang terdapat jerawat dengan gerakan memijit.
  • Diamkan tumbukan asam jawa tersebut meresap di kulit anda selama kurang lebih 20 menit.
  • Setelah itu, bersihkan wajah Anda dengan air bersih.
  • Gunakan masker asam jawa ini setiap hari hingga jerawat di dahi anda mengempis dan memudar dari dahi anda.

Tips Mencegah Jerawat di Dahi

Setelah anda mengetahui berbagai cara menghilangkan jerawat di dahi, tentu anda ingin mengetahui juga cara mencegah munculnya jerawat di dahi bukan? Nah, berikut ini merupakan tips-tips yang kiranya akan bermanfaat untuk mencegah jerawat di dahi.

Setelah mengetahui berbagai cara menghilangkan jerawat di dahi, tentu Anda ingin mengetahui tips mencegah  munculnya jerawat di dahi bukan? Nah, berikut ini adalah tips-tips yang bisa bermanfaat untuk mencegah jerawat di dahi.

  • Cuci Wajah 2 Kali Sehari. Salah satu cara sederhana yang harus anda lakukan yaitu dengan membersihkan wajah 2 kali sehari. Sehingga semua kotoran, debu, bakteri, dan polusi yang menempel di dahi anda dapat segera tersingkirkan dan jerawat di dahi pun tidak akan muncul.
  • Ganti Gaya Rambut. Gaya rambut yang berponi membuat dahi anda tertutup oleh rambut sehingga jerawat di dahi bisa tumbuh dengan subur.Hal ini disebabkan karena helaian rambut bisa mengeluarkan kotoran dan bakteri. Untuk itu, sebaiknya jika rambut Anda panjang, maka lebih baik dikuncir kebelakang atau dipotong.
  • Gunakan Pelembab.Setelah membersihkan wajah, sebaiknya aplikasikan pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak kepercayaan anda. Kulit wajah anda, terutama di dahi, membutuhkan pelembab agar terjadinya peradangan akibat minyak dan polutan yang menghinggapi kulit anda tidak akan terjadi.

Demikianlah cara menghilangkan jerawat didahi  dan tips untuk mencegah munculnya jerawat di dahi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Sehat Penghilang Jerawat yang Terbukti Ampuh

Leave a Reply