7 Urutan Skincare untuk Remaja, Bikin Kulit Glowing dan Sehat

Eva Mulia Clinic – Urutan Skincare untuk Remaja – Remaja sering mengalami masalah kulit seperti jerawat, komedo, dan kulit berminyak. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang memicu kelenjar minyak di bawah permukaan kulit untuk membesar, sehingga kulit remaja rentan berminyak, komedoan, dan memiliki pori-pori yang lebih besar. Untuk mengatasi masalah kulit ini, cara terbaik adalah dengan mengaplikasikan skincare yang sesuai untuk remaja. Skincare untuk remaja dapat membantu merawat kulit agar tetap sehat dan glowing, serta mencegah kondisi kulit yang tidak diinginkan.

Jangan khawatir lagi tentang masalah kulit remaja seperti jerawat, komedo, dan kulit berminyak. Ada cara yang tepat untuk mengatasinya, simak ulasannya berikut ini!

Cleanser

Pertama-tama, bersihkan kulit dengan menggunakan cleanser yang sesuai dengan jenis kulitmu. Ini akan membantu membersihkan kulit dari kotoran, minyak, dan makeup yang menempel di kulit. Cleanser adalah produk skincare yang digunakan untuk membersihkan kulit dari kotoran, minyak, dan makeup yang menempel di kulit. Cleanser dapat digunakan untuk membersihkan seluruh wajah atau hanya digunakan untuk area tertentu, seperti mata atau bibir. Cleanser dapat digunakan dalam bentuk cair, padat, atau foaming. Ada beberapa jenis cleanser seperti:

  • Cleanser cair: Cleanser cair biasanya digunakan untuk membersihkan seluruh wajah.
  • Cleanser padat: Cleanser padat dapat digunakan untuk membersihkan area tertentu, seperti mata atau bibir.
  • Cleanser foaming: Cleanser foaming dapat digunakan untuk membersihkan seluruh wajah dan membuat kulit terasa lebih bersih dan segar.

Cleanser dapat digunakan sebagai bagian dari rutinitas skincare sehari-hari untuk membantu menjaga kulit tetap bersih dan sehat. Namun, pastikan untuk memilih cleanser yang sesuai dengan jenis kulitmu dan selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli kulit jika ada masalah kulit yang di alami.

Toner

Setelah membersihkan kulit, gunakan toner untuk mengecilkan pori-pori, menyeimbangkan pH kulit, dan membersihkan sisa-sisa kotoran yang mungkin masih ada di kulit. Toner adalah produk skincare yang digunakan setelah membersihkan wajah untuk menyeimbangkan pH kulit dan membersihkan sisa-sisa kotoran yang mungkin masih ada di kulit. Manfaat utama dari toner adalah:

  • Menyeimbangkan pH kulit: Toner dapat menyeimbangkan pH kulit setelah membersihkan wajah, yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit lebih siap untuk menerima produk skincare lainnya.
  • Membersihkan sisa-sisa kotoran: Toner dapat membersihkan sisa-sisa kotoran, makeup, dan minyak yang mungkin masih ada di kulit setelah membersihkan wajah.
  • Menyegarkan kulit: Toner dapat memberikan rasa segar dan menyegarkan pada kulit.
  • Menutrisi kulit: beberapa toner juga mengandung nutrisi seperti vitamin dan antioksidan yang dapat membantu menutrisi kulit.
  • Mengecilkan pori-pori: Beberapa toner mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak di wajah
  • Menghilangkan kemerahan: Beberapa toner juga dapat digunakan untuk mengurangi kemerahan pada kulit yang disebabkan oleh iritasi atau jerawat.

Serum

Aplikasikan serum yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, seperti serum anti-aging atau vitamin C.

Serum wajah adalah produk perawatan kulit yang berbentuk cairan yang diformulasikan untuk menyediakan nutrisi dan manfaat khusus untuk kulit. Serum wajah biasanya mengandung bahan aktif yang lebih tinggi dibandingkan produk perawatan kulit lainnya, seperti pelembab atau krim. Serum dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti keriput, flek, dan tona kulit yang tidak merata. Serum juga dapat digunakan untuk meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan elastisitas kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Moisturizer

Benar, menggunakan moisturizer dapat membantu melembabkan kulit dan menjaga keseimbangan kulit. Moisturizer dapat mengandung bahan-bahan seperti glycerin, hyaluronik, atau minyak yang dapat membantu mengunci kelembaban dalam kulit dan mencegah kulit dari kering. Moisturizer dapat digunakan pada kulit yang kering, normal, atau berminyak dan dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, seperti lotion, krim, atau gel. Namun, penting untuk memilih moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan mengikuti petunjuk penggunaan yang diberikan.

Sebaiknya digunakan setelah mandi atau setelah membersihkan wajah, karena kulit akan lebih menerima nutrisi dan lembab ketika kulit masih basah.

Sunscreen

Sangat penting untuk menggunakan sunscreen dengan SPF (Sun Protection Factor) yang cukup tinggi setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, seperti keriput, flek hitam, dan kanker kulit. Sunscreen dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar UVB dan UVA yang berbahaya. SPF adalah angka yang menunjukkan tingkat perlindungan sunscreen terhadap sinar UVB. Sangat dianjurkan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30, dan jika anda akan beraktivitas di luar ruangan yang cukup lama atau akan terpapar sinar matahari yang cukup kuat, gunakan sunscreen dengan SPF yang lebih tinggi. Selain itu, pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen secara merata dan mengulangi aplikasi setiap 2-3 jam atau sesuai dengan petunjuk dari produk sunscreen yang digunakan.

Masker

Menggunakan masker wajah sekali atau dua kali seminggu dapat memberikan nutrisi dan kelembaban tambahan pada kulit. Masker wajah dapat berisi bahan-bahan yang dapat membantu mencerahkan kulit, mengencangkan kulit, mengurangi keriput, dan mengatasi masalah kulit lainnya. Beberapa jenis masker wajah yang populer termasuk masker kolagen, masker minyak esensial, dan masker bubuk. Namun, pastikan untuk memilih masker yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan mengikuti petunjuk penggunaan yang diberikan. Juga, penting untuk membersihkan wajah sebelum mengaplikasikan masker dan mengevaluasi reaksi kulit setelah mengaplikasikan masker, jika ada iritasi atau reaksi yang tidak diinginkan segera hentikan penggunaan.

Exfoliating scrub

Menggunakan exfoliating scrub secara berkala dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan meningkatkan kualitas kulit. Exfoliating scrub dapat mengandung bahan-bahan seperti gula, biji-bijian, atau kristal yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Namun, Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya, karena menggunakan exfoliating scrub terlalu sering dapat menyebabkan iritasi atau kerusakan pada kulit. Umumnya, exfoliating scrub dianjurkan digunakan sekali atau dua kali seminggu saja. Selain itu, penting untuk memilih exfoliating scrub yang cocok dengan jenis kulit Anda dan mengikuti petunjuk penggunaan yang diberikan. Jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif atau memiliki masalah kulit tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit sebelum menggunakan exfoliating scrub.

Itu adalah 7 urutan skincare yang dapat membantu remaja untuk menjaga kulit tetap glowing dan sehat. Ingatlah untuk menyesuaikan jenis kulit dan kebutuhan kulitmu dan selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli kulit jika ada masalah kulit yang di alami.