image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Tips Perawatan Wajah - Penyebab Mata Panda - Mata panda atau lingkar hitam pada bagian bawah mata sering dikatakan karena kurang tidur. Akan tetapi, kurang tidur bukan satu-satunya penyebab mata panda timbul. Orang yang dehidrasi, mengalami penuan dini atau menderita penyakit tertentu juga memiliki mata panda

Penyebab Mata Panda Adalah

Eva Mulia Klinik Evamulia Tips Perawatan Wajah Penyebab Mata Panda Mata panda atau lingkar hitam pada bagian bawah mata sering dikatakan karena kurang tidur. Akan tetapi, kurang tidur bukan satu-satunya penyebab mata panda timbul. Orang yang dehidrasi, mengalami penuan dini atau menderita penyakit tertentu juga menimbulkan mata panda.

Mata panda juga bisa di alami oleh pria atau wanita, dan pada usia berapapun termasuk anak-anak. Mata panda adalah bagian kulit dibawah mata berwarna lebih gelap dibandingkan warna kulit wajah lainnya. Keberadaannya membuat kesan lebih tua dari usia sebelumnya.

Penyebab Mata Panda

Mata panda yang mungkin meresahkan dari sisi penampilan oleh sebagian besar kaum hawa ini umumnya disebabkan beberapa faktor, berikut adalah penyebab mata panda:

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Tips Perawatan Wajah - Penyebab Mata Panda - Mata panda atau lingkar hitam pada bagian bawah mata sering dikatakan karena kurang tidur. Akan tetapi, kurang tidur bukan satu-satunya penyebab mata panda timbul. Orang yang dehidrasi, mengalami penuan dini atau menderita penyakit tertentu juga memiliki mata panda
  • Kurang Tidur atau Istirahat

Kurang tidur membuat darah tidak mengalir lebih baik. Akibatnya, darah yang terkumpul dibawah mata dapat terlihat, karena kulit didaerah ini sangat tipis. Selain mata panda, kurang tidur juga bisa membuat mata menjadi tampak bengkak hingga otot di sekitar mata menjadi tegang. Hal ini dapat membuat kulit wajah tampak lebih kusam.

  • Alergi

Reaksi alergi dan mata kering dapat memicu lingkar hitam. Ketika mengalami alergi, tubuh akan melepaskan histamin sebagai respon terhadap munculnya alergi. Histamin dapat menyebabkan pembuluh darah membesar dan menjadi lebih terlihat, termasuk yang berada dibawah mata.

  • Genetik

Penyebab Mata panda juga bisa diturunkan dalam keluarga. Selain itu, orang yang memiliki kulit gelap juga beresiko mengalami mata panda.

  • Faktor Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit menjadi lebih tipis dan kendur. Perlahan-lahan kulit juga akan kehilangan produktifitasnya. Saat keadaan ini terjadi, pembuluh darah dibawah mata terlihat jelas, sehingga menyebabkan mata panda.

  • Paparan Sinar Matahari

Paparan sinarmatahari dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen penggelapan kulit. Paparan sinarmatahari pada wajah juga bisa menyebabkan pigmentasi pada kulit sekitar mata, sehingga warna menjadi lebih gelap.

  • Dehidrasi

Penyebab mata panda karena dehidrasi. Ketika tubuh kalian kekurangan air atau cairan dalam tubuh, kulit sekitar mata akan terlihat cekung dan sayup.

  • Menatap Layar

Menatap layar televisi, komputer atau smartphone dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan ketegangan pada mata. Ketegangan ini menjadikan pembuluh darah disekitar mata membesar dan mengakibatkan kulit sekitar mata menjadi lebih gelap.

  • Gayahidup Yang Kurang Baik

Gaya hidup yang kurang baik seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol serta makanan cepat saji juga menyebabkan mata panda, hal ini karena menumpuknya cairan dalam tubuh. Kebiasann ini menjadikan aliran dalam tubuh tidak lancar, baik itu untuk kulit atau organ tubuh lainnya.

Inilah seputar informasi penyebab mata panda atau lingkar hitam yang berada dikulit bawah mata. Untuk informasi perawatan wajah, kalian bisa membaca tips seperti Cara Menghilangkan Kantung Mata atau 4 Cara Merawat Kulit Sekitar Mata.

Leave a Reply