image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Asam Retinoat Untuk Mengatasi Jerawat - Apabila Anda sedang berusaha untuk menghilangkan jerawat atau bekas jerawat yang membandel dan belum kunjung membaik padahal sudah melakukan banyak perawatan, penggunaan asam retinoat untuk jerawat mungkin bisa membantu. Asam retinoat, atau yang disebut dengan tretinoin adalah salah satu jenis obat topikal yang umumnya digunakan untuk mengobati jerawat.

Asam Retinoat Untuk Mengatasi Jerawat

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan Wajah Manfaat Asam Retinoat Untuk Mengatasi Jerawat Apabila Anda sedang berusaha untuk menghilangkan jerawat atau bekas jerawat yang membandel dan belum kunjung membaik padahal sudah melakukan banyak perawatan, penggunaan asam retinoat untuk jerawat mungkin bisa membantu. Asam retinoat, atau yang disebut dengan tretinoin adalah salah satu jenis obat topikal yang umumnya digunakan untuk mengobati jerawat. 

Asam Retinoat

Retinoic acid (asam retinoat) merupakan salah satu bahan perawatan kecantikan yang termasuk jenis vitamin A derivatif. Jenis vitamin ini merupakan vitamin yang mempunyai kegunaan untuk membantu menyembuhkan jerawat, menghilangkan bekas jerawat, menutup pori-pori, meningkatkan kolagen untuk mengurangi garis-garis tipis tanda penuaan, mempercepat sel kulit untuk meratakan warna dan menghaluskan kulit.

Banyak orang mengakui manfaat asam retinoat untuk mengatasi masalah kulit. Penggunaan asam retinoat untuk jerawat disarankan pada malam hari dan dioleskan sehari sekali. Hasil perawatan menggunakan asam retinoat  akan tampak sekitar tiga hingga empat minggu jika Anda menggunakannya secara rutin.

Mungkin Anda mengira jika penggunaan asam retinoat untuk jerawat mempunyai efek penyembuhan yang lama, tapi hal ini tentu sebanding dengan hasilnya. Oleh karena itu, penggunaan asam retinoat untuk jerawat harus digunakan dengan tingkat ketelatenan dan kesabaran yang tinggi agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Efek Samping Asam Retinoat

Efek samping yang ditimbulkan pada awal penggunaan yaitu kulit terkelupas, wajah gatal dan memerah. Dalam penggunaan asam retinoat akan membuat kondisi jerawat Anda terlihat makin parah. Dari efek samping yang disebutkan tersebut, Anda mungkin sedikit cemas memakai asam retinoid karena takut kulit Anda akan terlihat lebih buruk sebelum membaik.

Memang asam retinoid bisa menyebabkan kekeringan, kemerahan, dan kulit mengelupas. Anda bisa menghindari efek samping dengan menggunakan asam retinoid tiap dua hari sekali atau selang-seling hingga kulit Anda terbiasa.

Jika Anda tidak mengalami alergi atau iritasi, kalian dapat dengan mulai mengaplikasikannya setiap malam selama dua minggu atau sampai terlihat hasilnya. Selain itu, untuk mencegah iritasi, jangan lupa mencuci wajah Anda sebelum mengaplikasikan asam retinoid dan tunggu sampai wajah benar-benar kering.

Aturan Penggunaan Asam Retinoat

Berikut ini merupakan tips dalam menggunakan asam retinoat sebagai obat jerawat namun ingin menghindari efek samping yang mungkin bisa ditimbulkan seperti:

  • Benzoil peroksida dan alpha hydroxy acid (AHA) bisa menonaktifkan retinoid. Oleh karena itu, jangan gunakan produk kulit dengan kandungan tersebut saat Anda sedang menggunakan asam retinoat sebagai obat jerawat.
  • Beberapa orang yang mempunyai kulit sensitf, ibu hamil, dan menyusui tidak dianjurkan memakai zat ini.
  • Biasanya asam retinoat dipakai di malam hari menjelang tidur karena zat ini tidak akan efektif bekerja jika terpapar matahari.
  • Selama menggunakan asam retinorat untuk perawatan, wajib menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV yang bisa menyebabkan fotosensitif (kemerahan).
  • Jangan menggabungkan produk ini dengan asam glikolat atau vitamin C, juga jangan menggunakannya setelah melakukan scrubbing.
  • Penggunaan asam retinoat untuk jerawat cukup dioles tipis-tipis pada kulit.
  • Jangan pernah menggunakan asam retinoat terlalu banyak atau menggunakannya lebih sering daripada yang diresepkan dokter atau label kemasannya. Melakukan hal itu tidak akan meningkatkan efektivitasnya, namun malah akan meningkatkan efek samping.
  • Penggunaan dibutuhkan selama beberapa minggu, antara 9 sampai 12 minggu, sampai kondisi kulit membaik. Sehingga, Anda harus telaten dan sabar agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Jangan memakainya dalam kondisi kulit lembap. Tunggu setidaknya 20 menit setelah mencuci muka.
  • Hindari menggunakan zat ini pada luka terbuka atau kulit yang perih akibat terbakar matahari, dan kulit di sekitar mata, hidung, serta mulut.

Segera hentikan pemakaian dan konsultasikan pada dokter kulit atau dokter kecantikan agar mendapatkan penanganan yang terpat jika efek samping dari penggunaan asam retinoat bertambah parah atau kondisi kulit kalian.

Leave a Reply