image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia Clinic - manfaat propolis untuk kulit

5 Manfaat Propolis untuk Merawat Kulit

Eva Mulia – Beberapa dari Anda pasti sudah pernah mendengar tentang propolis. Dalam beberapa tahun terakhir, propolis kian populer dikalangan masyarakat karena bahan ini banyak ditambahkan dalam produk kesehatan dan kecantikan. Ada begitu banyak manfaat propolis luar biasa untuk kesehatan dan kulit. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, simak ulasan dibawah ini!

Senyawa Penyembuhan Dalam Propolis

Propolis memiliki 300 lebih senyawa, dimana mayoritas senyawa ini adalah bentuk polifenol. Polifenol merupakan antioksidan yang melawan penyakit dan kerusakan di dalam tubuh. Biasanya polifenol ini sering ditemukan dalam makanan yang diduga memiliki sifat antioksidan, termasuk:

  • Buah-buahan
  • Sayuran
  • Teh hijau
  • Anggur merah

Propolis juga sering dikenal sebagai “Lem Lebah” merupakan gel lengket yang dihasilkan oleh lebah propolis di dalam sarangnya. Nah berikut ini manfaat propolis untuk kulit yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Propolis untuk Kulit Wajah

1. Melembapkan Kulit

Manfaat propolis untuk kulit yang pertama adalah mampu melembabkan kulit wajah. Dengan menggunakan propolis, maka Anda akan mendapatkan kulit lembut dan lembap. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan efek menenangkan dengan propolis, saat kulit sedang mengalami masalah seperti kulit kering, eksim atau psoriasis.

2. Mencegah Tanda Penuaan

Manfaat propolis untuk kulit yang kedua adalah mencegah tanda penuaan. Kandungan mineral di dalam propolis berguna untuk memperbaiki kembali sel-sel kulit yang rusak. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam propolis juga akan membantu kulit melawan radikal bebas yang setiap hari merusak kulit Anda. Mulai dari polusi, sinar UV, junk food, serta bahan kimia yang terkandung dalam produk kecantikan Anda. Sehingga, kulit Anda akan terlindungi lebih lama.

3. Menyamarkan Bekas Luka

Manfaat berikutnya dari propolis yaitu bisa meredakan stretch mark, bekas jerawat, hingga bekas operasi. Sifat antioksidan di dalamnya tidak hanya bekerja sendiri, namun juga bisa meningkatkan kinerja anti-oksidan yang ditemukan dalam tubuh. Kombinasi dua hal tersebut akan membantu proses penyembuhan, menyamarkan bekas luka dan meningkatkan sirkulasi darah.

4. Mengatasi Jerawat

Ketika Anda sedang memiliki jerawat, sebaiknya Anda coba gunakan bahan alami untuk merawat masalah tersebut. Salah satu bahan alami tersebut yakni propolis. Hal ini karena propolis bisa membunuh bakteri termasuk Propionibacterium Acnes (P.Acne) yang merupakan salah satu penyebab jerawat.

5. Mengatasi Kutil

Manfaat propolis untuk kulit yang terakhir yaitu bisa mengatasi kutil dalam waktu kurang dari dua minggu dan tidak akan kembali. Orang yang mempunyai kulit, jika diobati dengan propolis, maka kulit di kulit akan menyembuhkan sekitar 75 persen.

Itulah beberapa manfaat propolis untuk kulit, jadi tidak heran jika propolis ditambahkan dalam berbagai produk perawatan kesehatan dan kulit. Nah, Anda bisa mencoba produk yang mengandung propolis untuk mendapatkan manfaatnya. Selamat Mencoba.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Bunga Matahari Untuk Kulit Wajah

Leave a Reply