Eva Mulia - Klinik Evamulia - Virus Corona - Perawatan Wajah - Virus corona adalah atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit ini karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut hingga kematian.

Virus Corona

Eva Mulia Klinik Evamulia Virus Corona Perawatan Wajah Virus corona adalah atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit ini karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut hingga kematian.

Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus corona adalah jenis terbaru dari coronavirus yang menular pada manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik itu bayi, anak-anak, orang dewa, lansia, ibu hamil atau ibu menyusui.

Corona virus adalah kumpulan virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan seperti flu. Akan tetapi virus ini juga menyebabkan infeksi pernapasan berat seperti: paru-paru (pneumonia), Middle-East Respiratory Syndrome (MERS) dan Server Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Gejala Virus Corona

Gejala infeksi virus corona atau COVID-19 bisa menyebabkan penderitanya mengalami flu, demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan hingga sakit kepala. Atau gejala penyakit pernapasan berat seperti demam, batuk, batuk berdahak, nyeri dada dan sesak pernapasan.

Akan tetapi, secara umum ada 3 gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus corona, seperti:

• Demam (suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius)
  • Batuk
  • Sesak napas

Menurut penelitian, gejala COVID-19 muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus corona.

Penyebab Virus Corona

Infeksi virus corona atau COVID-19 disebabkan oleh coronavirus, yaitu kelompok virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Pada sebagian besar kasus, coronavirus harusnya menyebabkan infeksi pernapasan ringan dan sedang, Seperti flu. Tapi COVID-19 bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat.

Ada juga dugaan bahwa virus corona awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun diketahui bahwa virus corona juga menular dari manusia ke manusia. Seperti:

• Tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita COVID-19
  • Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu setelah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita COVID-19
  • Kontak jarak dekat dengan penderita COVID-19, misalnya bersentuhan atau berjabat tangan

Virus corona dapat menginfeksi siapa saja, tapi akan lebih berbahaya jika menginfeksi orang lanjut usia, ibu hamil, orang yang sedang sakit atau orang yang daya tahan tubuhnya lemah.

Pengobatan Virus Corona

Inveksi corona atau COVID-19 belum bisa diobati, tetapi ada beberapa langkah yang dapat dilakukan dokter untuk meredakan gejalanya dan mencegah penyebaran virusnya, seperti;

• Memberikan obat pereda demam dan nyeri yang aman dan sesuai kondisi penderita.
  • Merujuk penderita COVID-19 untuk menjalani perawatan dan karantina di rumah sakit yang dituju.
  • Menganjurkan penderita COVID-19 untuk istirahat yang cukup
  • Menganjurkan penderita COVID-19 untuk banyak minum air putih untuk menjaga kadar cairan tubuh

Mencegah Virus Corona

Hingga saat ini, belum ada vaksin pasti untuk mencegah infeksi virus corona atau COVID-19. Oleh karena itu, cara pencegahan terbaik adalah dengan menghindari beberapa faktor penyebab infeksi virus corona, seperti:

• Hindari bepergian ke tempat-tempat umum yang ramai pengunjung (social distancing).
  • Gunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian.
  • Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum.
  • Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.
  • Hindari kontak dengan hewan, terutama hewan liar. Bila terjadi kontak dengan hewan, cuci tangan setelahnya.
  • Masak daging sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi.
  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah.
  • Hindari berdekatan dengan orang yang sedang sakit demam, batuk, atau pilek.
  • Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan.

Untuk mereka yang diduga terkena COVID-19 atau termasuk kategori ODP (orang dalam pemantauan) ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar virus corona tidak menular ke orang lain, seperti:

• Jangan keluar rumah, kecuali untuk mendapatkan pengobatan.
  • Periksakan diri ke dokter hanya bila Anda mengalami gejala gangguan pernapasan yang disertai demam atau memenuhi kriteria PDP (pasien dalam pengawasan).
  • Usahakan untuk tinggal terpisah dari orang lain untuk sementara waktu. Bila tidak memungkinkan, gunakan kamar tidur dan kamar mandi yang berbeda dengan yang digunakan orang lain.
  • Larang dan cegah orang lain untuk mengunjungi atau menjenguk Anda sampai Anda benar-benar sembuh.
  • Sebisa mungkin jangan melakukan pertemuan dengan orang yang sedang sedang sakit.
  • Hindari berbagi penggunaan alat makan dan minum, alat mandi, serta perlengkapan tidur dengan orang lain.
  • Pakai masker dan sarung tangan bila sedang berada di tempat umum atau sedang bersama orang lain.
  • Gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung bila batuk atau bersin, lalu segera buang tisu ke tempat sampah.

Inilah beberapa penjelasan tentang virus corona, mulai dari pengertian virus corona, pencegahan virus corona hingga gejala virus corona. Baca juga tentang Jerawat di leher, pengertian sebum adalah dan Jenis Antioksidan Untuk Kesehatan.