image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

penyebab jerawat di leher

Punya Jerawat di Leher? Yuk Cari Tahu Penyebab dan Cara Menanganinya

Penyebab jerawat di leher- Pada umumnya, setiao bagian tubuh mempunyai resiko mengalami jerawat, termasuk pada leher. Jerawat pada leher bisa terjadi pada siapapun baik  itu wanita maupun pria dan umumnya terjadi pada masa-masa perubahan hormon seperti ketika masa puber, menjelang datang bulan bahkan pada saat hamil. Breakout yang terjadi pada leher dapat berwarna putih atau merah, dapat muncul satuan hingga berkelompok, dan bisa terjadi pada area depan, sisi, belakang leher Anda. Untuk mengetahui penyebab jerawat di leher dan cara mencegahnya, mari kita simak ulasannya.

Penyebab Jerawat di Leher

penyebab jerawat di leher

Jerawat terjadi akibat  dari pori-pori yang tersumbat oleh sel kulit mati, bakteri, atau sebum. Penyebab tersumbatnya pun beragam, di antaranya:

  • Pori-pori tersumbat akibat produk kosmetik. Skin care dan makeup yang dipakai hingga leher bisa menjadi penyebab utama tersumbatnya pori-pori pada leher. Selain itu, produk hair care yang tertinggal di area leher juga bisa menjadi penyebab terjadinya jerawat pada leher.
  • Bersihkan bagian leher dengan rutin. Ketika selesai mandi, bagian leher sering kali terlewat. Terutama ketika mencuci wajah, area leher juga dilewatkan. Sehingga, bagian leher tidak dijaga kebersihannya. Padahal bila dibandingkan dengan wajah, area leher jauh lebih sering berkeringat dan memproduksi lebih banyak minyak.
  • Bakteri dari tangan. Ketika ingin melakukan sesuatu, sesering apa Anda menopang leher dan dagu dengan tangan? Perlu diketahui bahwa kotoran, bakteri, dan minyak pada tangan bisa berpindah ke leher. Hal ini tentu dapat membuat leher menjadi mudah mengalami jerawat.
  • Iritasi Akibat Pakaian. Gemar menggunakan scarf atau pakaian bermodel turtle-neck? Hati-hati, hal ini bisa memicu dan memperparah jerawat pada leher. Gesekan antara kulit dan bahan pakaian dapat menimbulkan iritasi, belum lagi jika keringat Anda tidak dapat terserap dengan baik ke pakaian.

Cara Mencegah Jerawat di Leher

Untuk masalah perubahan hormon dan stres, memang sulit untuk dicegah agar tidak menimbulkan jerawat. Namun, setidaknya Anda bisa mencegah penyebab lain dari jerawat pada leher dengan cara berikut ini:

Ketika Anda mengalami perubahan hormon dan stres, memang sulit untuk dicegah agar tidak menimbulkan jerawat. Tapi, setidaknya Anda dapat mencegah penyebab lain dari jerawat pada leher dengan cara berikut ini:

  • Ganti produk skin care dan hair care. Sebisa mungkin, pilihlah skin care dan hair care yang tidak mengandung minyak untuk mencegah tersumbatnya pori-pori. Selain itu, jika Anda gemar menggunakan hair oil dan hair spray, pastikan untuk membersihkan area leher sebelum Anda tidur.
  • Rajin membersihkan dan mengeksfoliasi leher. Karena banyaknya keringat, sebum, kotoran pada leher adalah penyebab utama jerawat pada leher. Untuk mencegahnya, tentu Anda harus lebih memperhatikan kebersihan pada leher. Jangan pernah melewatkan area leher saat Anda mandi dan lakukan eksfoliasi leher sebanyak 2-3 kali seminggu.
  • Gunakan pakaian yang lebih longgar. Hindari kebiasaan menggunakan pakaian dengan kerah yang ketat dan penggunaan scarf secara kencang. Selain itu, pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan katun untuk mengurasi risiko iritasi.
  • Cegah terjadinya iritasi. Anda yang sering menggaruk leher atau mengelap keringat dengan kasar, cobalah untuk hilangkan kebiasaan ini. Lakukan dengan halus untuk mencegah iritasi. Kebersihan sarung bantal juga perlu lebih diperhatikan. Untuk Anda yang memiliki rambut panjang, biasakan untuk mengikat rambut agar tidak menutupi leher.

Baca juga: 5 Manfaat Tersembunyi dari Tepung Beras untuk Jerawat dan Kecantikan Kulit Anda

Leave a Reply