image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

penyebab jerawat di leher

Penyebab Jerawat di Leher dan Cara Mengobatinya

Eva Mulia – Bagian tubuh yang rentan terkena jerawat adalah wajah, punggung, dan dada. Tetapi, tahukah Anda jika jerawat juga bisa muncul di leher? Lantas apa penyebab munculnya jerawat di leher dan bagaimana cara mengobatinya yang tepat? Berikut ulasannya!

Penyebab Jerawat di Leher

penyebab jerawat di leher

Pada umumnya, munculnya jerawat disebabkan oleh peradangan kulit yang di akibatkan pori-pori tersumbat oleh minyak, kotoran, keringat, bakteri serta sel kulit mati. Berbeda dengan penyebab jerawat di leher. Biasanya jerawat di leher dikarenakan leher yang kotor dan berkeringat. Bahkan gesekan langsung antara rambut kotor atau pakaian yang berbahan kasar juga bisa menyebabkan kulit leher meradang sehingga memicu munculnya jerawat.

Tak hanya itu, menggunakan perhiasan yang terbuat dari plastik dan logam palsu yang bersentuhan langsung dengan leher juga dapat menyebabkan jerawat muncul di leher. Selain karena faktor-faktor luar, penyebab jerawat di leher juga bisa dikarenakan ketidakseimbangan hormon, stres, pola makan yang buruk, serta efek samping obat-obatan tertentu.

Cara Mengobati Jerawat di Leher

Ada beberapa cara untuk mengobati jerawat di leher. Jika jerawat yang muncul masih tergolong ringan, Anda bisa menggunakan produk antijerawat mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, dan sulfur yang dijual bebas di toko obat. Produk yang tersedia pun ada berbagai macam mulai dari facial wash, krim, gel, lotion dan lain sebagainya. Segera hentikan penggunaanya jika kondisi kulit makin parah, muncul rasa panas terbakar dan ruam kemerahan.

Hindari juga memencet jerawat karena bisa memperparah peradangan karena bakteri berpindah dari tangan ke kulit leher. Hal ini tentu bisa meninggalkan flek hitam bekas jerawat yang sulit dihilangkan. Selain itu, hindari sinar UV secara langsung serta debu polusi pada kulit yang berjerawat agar cepat sembuh. Jika jerawat menimbulkan rasa sakit dan gatal, segera kompres area jerawat selama 10-15 menit dengan air dingin. Gunakan juga pakaian yang longgar dan tidak menggunakan makeup di leher untuk sementara waktu.

Konsultasi Ke Dokter

Biasanya dengan rutin melakukan perawatan, maka jerawat di leher akan hilang dengan sendirinya. Tetapi, penting untuk mengonsultasikan lebih lanjut dengan dokter kulit jika jerawat di leher mempunyai ciri sebagai berikut:

  • Mengeluarkan darah atau nanah.
  • Sakit dan membuat tidak nyaman.
  • Muncul benjolan keras yang terletak jauh di bawah kulit.
  • Selama enam minggu jerawat tidak kunjung sembuh.
  • Pernah sembuh, tapi kemudian muncul kembali.

Jerawat di leher merupakan kondisi yang jarang sekali terjadi. Kuncinya adalah selalu menjaga kebersihan tubuh dan melakukan gaya hidup yang sehat. Hal ini sebagai cara untuk menghindari munculnya jerawat di area tubuh manapun.

Baca juga: Jerawat matang

1 Comment

Leave a Reply