image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Tips Mengatasi Gigi Sensitif - Jenis gangguan kesehatan pada gigi bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Biasanya yang dirasakan adalah rasa ngilu. Salah satu penyebab umum yang ditemukan dalah gigi sensitif. Gigi sensitif cukup menghambat kalian ketika makan atau minum.

Tips Mengatasi Gigi Sensitif

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan Wajah Tips Mengatasi Gigi Sensitif Jenis gangguan kesehatan pada gigi bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Biasanya yang dirasakan adalah rasa ngilu. Salah satu penyebab umum yang ditemukan dalah gigi sensitif. Gigi sensitif cukup menghambat kalian ketika makan atau minum.

Apa bila kondisi ini sering kalian alami, kalian perlu tahu cara seperti apa dan bagaimana cara merawat gigi sensitif agar tidak sering kambuh lagi. Rasa sakit yang disebabkan gigi yang sensitif seperti ngilu akan muncul ketika terkena suatau zat atau termperatur tertentu. Contoh seperti ngilu ketika mengkonsumsi makanan panas atau minuman dingin.

Cara Merawat Dan Mencegah Gigi Sensitif

Gigi sensitif perlu diwawat untuk mengurangi dan menekan ngilu agar tidak sering terjadi. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat dan mengatasi gigi sensitif.

Menjaga Kesehatan Enamel

Gigi sensitif dapat disebabkan oleh enamel gigi yang terkikis. Enamel gigi merupakan perlindungan yang membantu gigi menghadapi berbagai jenis makanan atau minuman. Ketika terkikis, saraf tepi menjadi terekspos sehingga menyebabkan ngilu. Untuk mencegah sekaligus merawat gigi sensitif karen enamel gigi terkikis, yang dapat kalian lakukan adalah:

  • Jangan mengosok gigi terlalu keras
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung asam
  • Hindari perawatan pemutih gigi

Gunakan Pasta Gigi Sensitif

Pasta gigi khusus untuk gigi sensitif pada umumnya mengandung bahan yang aman untuk kesehatan gigi dan gusi. Selain itu, komposisi dari kandungan yang ada di dalam pasta gigi biasanya dapat membantu mengurangi rasa ngilu pada gigi sensitif. Kalian juga bisa memilih pasta gigi herbal yang dijual dipasaran.

Lalu pilih sikat gigi dengan bulu yang lembut dan bersihkan gigi secara perlahan. Degan memilih produk perawatan secara tepat, kalian bisa membantu mengurangi rasa ngilu akibat gigi sensitif.

Penyebab Gigi Sensitif

Penyakit Gusi

Penyakit gusi muncul akibat penumpukan plak dan karang gigi. Gusi yang tertarik atau menyusut bisa menjai penyebabnya. Untuk mengatasinya, dokter mungkin perlu merawat gigi sesitif dan mencegah penyakit gusi dengan cara sacaling atau bahkan mungkin perlu pengobatan.

Penyusutan Gusi Secara Alami

Penyusutan gusi biasanya terjadi ketika usia 40 tahun yang mengakibatkan gigi tidak terlindungi. Akar gigi tidak memiliki enamel sehingga lebih sensitif dan menyebabkan ngilu jika terkena zat.

Retak Pada Gigi

Retakan bisa memanjang hingga akar gigi, kalian dapat merasakan ngilu saat berada pada suhu rendah atau dingin. Kalian butuh berkonsultasi pada dokter untuk mengatasi gigi retak. Gigi bisa ditambal jika retakan tidak terlalu parah, tapi jika sudah mencapai batas garis gusi, dokter akan mencabut gigi Anda.

Gigi sensitif umum ditemukan dan bisa terjadi pada siapa saja. Rasa ngilu yang muncul mungkin akan mengganggu, contohnya seperti ketika kalian mengonsumsi makanan.

Leave a Reply