image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Eva Mulia - Perawatan Wajah - Manfaat Buah Sawo - Buah dengan warna coklat dan berdaging lunak ini menjadi salah satu buah yang banyak digemari. Akan tetapi, jangan hanya asal makan, karena buah ini menyimpan segudang khasiat kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Manfaat Buah Sawo

Eva Mulia Klinik Eva Mulia Perawatan WajahManfaat Buah Sawo Buah dengan warna coklat dan berdaging lunak ini menjadi salah satu buah yang banyak digemari. Akan tetapi, jangan hanya asal makan, karena buah ini menyimpan segudang khasiat kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Sawo merupakan buah tropis yang memiliki nama lain Manikara zapota dan masuk dalam famili Sapotaceae. Buah ini banyak tumbuh di negara Amerika bagian tengah, Karibia dan Meksiko. Dibalik rasanya yang manis, manfaat buah sawo dikarnakan kandungan nutrisi didalamnya.

Nutrisi Buah Sawo

Buah yang kaya akan serat, vitamin C, vitamin A, vitamin B, niasin dan float. Selain itu buah ini juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, selenium dan fosfor. Manfaat buah sawo lainnya karena rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol. Dalam 100 gramnya mengandung 83 kalori.

Menangkal Radikal Bebas

Manfaat buah sawo karena kandungan antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh. Antioksidan sendiri merupakan molekul penting yang berperan untuk menangkal radikal bebas. Jika radikal bebas dibiarkan dalam tubuh bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh yang sehat.

Radikal bebas sering dikaitkan dengan penyakit kanker, jantung, berkurangnya kemampuan pengelihatan hingga Alzheimer. Menggabungkan buah ini dengan berbagai jenis buah lainnya yang juga kaya akan kandungan antioksidan merupakan cara terbaik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Mengatasi Demam Dan Radang

Menurut sebuah penelitian yang menemukan bahwa ekstrak saun sawo atau Manilkara Zapota dapat mengandung sifat antiradang dan antipiretik yang membantu meringankan peradangan serta demam. Akan tetapi penelitian ini masih dilanjutkan untuk memastikan manfaat daun buah sawo.

Untuk kalian yang mungkin sensitif terhadap komponen yang terkandung dalam sawo, mengkonsumsi buah ini bukan hal yang tepat. Oleh karena itu, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum kalian menggunakan obat yang tergolong herbal.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dalam 100 fram buah sawo matang diketahui sbanyak 5,3 gram. Bisa dibilang, serat yang terkandung dalam buah ini cukup tinggi. Kandungan serat dan tanin dalam buah ini membantu melancarkan sistem pencernaan.

Manfaat buah sawo untuk kesehatan pencernaan karena asupan dari sawo yang bisa meringankan berbagai gangguan seperti sembelit diare, wasir dan lain sebagainya.

Menurut bberapa penelitian membuktikan jika serat dapat mencegah seseorang dari beberapa penyakit kronis dikemudian hari, seperti diabetes, penyakit jantung hingga kanker usus besar.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah sawo ini sering digunakan sbagai sumber diet untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat dalam buah ini membuat kalian kenyang lebih lama tanpa harus menambahkan banyak kalori dalam tubuh. Hal ini membuat nafsu makan menurun dan makan lebih sedikit.

Meskipun demikian, pastikan kalian tidak mengkonsumsi buah ni secara berlebihan, Ini karena buah sawo mengandung kalori dan fruktosa yang tinggi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, padukan buah ini dengan makanan sehat lainnya dalam menu diet kalian.

Leave a Reply