image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia Clinic -kulit kering bersisik

Perawatan Alami Mengatasi Kulit Kering Bersisik

Eva Mulia Clinic – Apapun jenis kulit Anda, pasti Anda pernah mengalami kulit kering. Kondisi kulit kering bersisik akan sulit untuk disembunyikan. Terutama di wajah yang sering menggunakan makeup pun tidak banyak membantu bahkan akan memperburuk masalah tersebut.

Jika Anda mengalami kulit kering bersisik yang terasa gatal, pasti Anda ingin mendapatkan solusi yang cepat dan mudah. Dibawah ini tips yang bisa Anda coba di rumah untuk menenangkan keluhan kulit kering Anda.

Perawatan Kulit Kering Bersisik

kulit kering bersisik

1. Mandi atau kompres air hangat

Anda bisa mandi atau mengompres pada bagian kulit kering bersisik dengan kompres air hangat. Gunakan kain bersih yang sudah direndam dengan air hangat. Lalu gosok lembut dengan gerakan melingkar kecil untuk mengangkat sisa kulit mati. Lakukan cara ini beberapa kali sehari. Pastikan untuk menggunakan kain bersih setiap kali akan mengompres. Setelah itu, keringkan kulit dan oleskan pelembab tubuh.

2. Gunakan sabun pembersih yang tepat

Ada beberapa sabun wajah yang terlalu keras untuk kulit sensitif diwajah Anda. Bila kulit Anda terasa kencang dan kering setelah Anda mencucinya, kemungkinan Anda salah memilih produk yang cocok untuk kulit Anda. Untuk itu, pilihlah produk pembersih wajah yang tepat. Carilah produk yang tidak mengandung sodium lauryl sulfate, yang menguras kelembapan kulit. Sebaliknya, pilih produk yang bebas dari pewangi dan pewarna dan diberi label Moisturizing.

3. Gunakan pelembap yang tepat

Setelah mandi, oleskan pelembab pada kulit, hal ini untuk meningkatkan nutrisi kulit agar tetap lembab. Lakukan dua kali sehari (pagi dan malam hari sebelum tidur). Pilih pelembab ringan yang memiliki kandungan shea butter, ceramides, asam laktat, asam stearat, dan nonkomedogenik. Kandungan tersebut bisa membantu menjaga lapisan kulit teratas kulit kering bersisik dan menembus lapisan sehat di bawahnya. 

Jika kulit Anda tetap kering sepanjang hari, Anda mungkin perlu mengulangi mengoleskan pelembab beberapa kali dalam sehari. Hindari menggunakan toner atau astringent berbasis alkohol. Semua ini bisa menarik keluar kelembapan kulit.

4. Oleskan petroleum jelly

Petroleum jelly dapat bekerja dengan baik untuk menjaga kelembapan dan membantu meringankan kekeringan di kulit. Bila Anda malas untuk melembapkan kulit, maka kulit tidak bisa memproduksi lebih banyak minyak demi menjaga kulit tidak semakin mengering.

Petroleum jelly bertindak sebagai humektan, yang menarik dan menyegel kelembapan ke dalam kulit. Meskipun tekstur dari petroleum jelly mungkin tampak kental, lengket, dan bisa menutupi pori, tatapi sebenarnya molekul jelly ini terlalu besar untuk merasuk ke dalam kulit.

Alternatif lain, Anda bisa menggunakan minyak organik, seperti minyak zaitun, minyak almond, minyak kelapa yang baik untuk melembabkan kulit dibandingkan dengan berbagai krim pelembab yang tersedia di pasaran.

6. Berendam susu

Berendam susu jika kulIt tubuh Anda kering, atau kompres area kulit wajah yang kering bersisik dengan waslap yang direndam susu putih dingin. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelahnya, usap kulit kering bersisik dengan gerakan pijat melingkar. Lemak dan asam laktat yang terkandung dalam susu berfungsi sebagai pembersih wajah ringan yang juga mampu memberikan kelembapan ekstra.

7. Masker wajah buatan sendiri

Hindari menggunakan peeling wajah yang bertekstur kasar, dan masker wajah tanah liat untuk sementara waktu. Semua ini dapat menarik keluar kelembapan kulit.

Sebagai gantinya, Anda bisa meracik sendiri masker wajah alami untuk mengatasi masalah kulit kering bersisik Anda. Masker alpukat madu, misalnya. Kombinasi alpukat dan madu merupakan sumber yang baik dari sterolin dan humektan yang mampu mengobati kekeringan kulit.

Tumbuk halus alpukat dan aduk rata bersama sesendok madu hingga menjadi pasta lembut. Balurkan masker di area kulit kering, diamkan selama 15 menit, dan bilas bersih.

Alternatif lainnya adalah masker pisang dan yogurt. Campuran ini tidak hanya melembabkan kulit, tetapi juga mengelupas sel-sel mati. Tumbuk halus pisang dan aduk rata bersama sesendok yogurt plain hingga menjadi pasta lembut. Balurkan masker di area kulit kering, diamkan selama 30 menit, dan bilas bersih.

Atau, Anda bisa oleskan gel lidah buaya tebal-tebal pada area kulit kering, tunggu selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Setelah maskeran, jangan lupa untuk keringkan kulit dan oleskan pelembab kulit, ya!

8. Oleskan tabir surya

Salah satu penyebab kulit kering bersisik, kasar dan keriput yaitu karena terkena paparan sinar matahari. Anda bisa membantu mencegah kerusakan kulit dengan mengoleskan tabir surya broad spectrum ber-SPF 30 setiap kali akan keluar rumah dan gunakan pakaian yang tepat untuk melindungi masalah kulit.

Di cuaca panas, pakai pakaian tangan panjang yang tipis dan longgar, baju lengan panjang, dan topi bertepi lebar untuk menaungi leher, telinga, dan mata. Dalam cuaca dingin, pastikan untuk berpakaian berlapis yang menyerap keringat untuk mencegah kepanasan dan berkeringat berlebihan. Keduanya bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi.

Untuk mencegah, bibir kering di cuaca dingin, gunakan lip balm yang mengandung tabir surya SPF 15, dan tutupi bibir Anda dengan masker.

Baca juga : Efektifkah Mencerahkan Kulit Secara Instan dengan Suntik Vitamin C? Berikut Penjelasannya!

Leave a Reply