image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

suntik vitamin c - klinik eva mulia

Efektifkah Mencerahkan Kulit Secara Instan dengan Suntik Vitamin C? Berikut Penjelasannya!

Eva Mulia Clinic – Ada keinginan untuk melakukan vitamin C? Suntik vitamin memang memiliki beberapa manfaat. Hal ini karena vitamin C menjadi salah satu kandungan yang dipercaya untuk membuat tampilan kulit jadi lebih cerah. Namun, jangan terburu-buru untuk mendapatkan manfaat suntik vitamin C dulu karena ada beberapa efek samping yang juga perlu Anda ketahui.

Simak penjelasan dibawah ini untuk mengetahui lebih jauh tentang suntik vitamin C. Kenali juga apa itu suntik vitamin C, apa saja manfaat suntik vitamin C, efek samping suntik vitamin C, dan informasi lainnya.

Suntik Vitamin C

suntik vitamin c

Suntik vitamin C merupakan tindakan dalam memberikan vitamin C murni secara langsung ke dalam aliran darah. Aliran darah tersebut masuk melalui intravena atau IV (pembuluh darah), subkutan (bawah kulit), intramuskular atau IM (otot).

Ketersediaan suntik vitamin C juga cukup bervariasi. Misalnya suntik vitamin C dengan konsentrasi 250 mg/mL, 500 mg/ mL, hingga 25 gram/ mL yang merupakan dosis tinggi. Satu kali suntikan vitamin C sama dengan beberapa buah suplemen oral vitamin C.

Manfaatnya Suntik Vitamin C

suntik vitamin c

Setiap orang yang tertarik untuk melakukan suntik vitamin C tentu ingin mendapatkan satu atau beberapa manfaat suntik vitamin C. Berikut ini adalah beberapa manfaat suntik vitamin C untuk tubuh:

1. Mengatasi kekurangan vitamin C

Manfaat pertama dari suntik vitamin C yaitu untuk mengatasi masalah kekurangan vitamin C. Apabila seseorang kekurangan vitamin C maka bisa menimbulkan skorbut atau scurvy. Kondisi skorbut ini merupakan kondisi di mana jaringan-jaringan tubuh telah rusak.

Beberapa gejala dari skorbut seperti mudah lelah, gigi, nyeri sendi, dan gusi mudah berdarah, muncul bintik-bintik biru di kulit, dan lainnya. Nah suntik vitamin C ini bisa membantu mengatasi gejala skorbut

2. Membuat tubuh menjadi lebih fit

Karena manfaatnya bisa memperbaiki pertumbuhan dan perkembangan sel dan jaringan tubuh yang telah rusak akibat beberapa hal. Itu berarti suntik vitamin C bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan prima. Selain itu, kandungan antioksidan dalam kadar tinggi juga berperan untuk membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar.

3. Mengobati penyakit kanker

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa manfaat suntik vitamin C juga bisa untuk mengobati penyakit kanker. Menggunakan suntik vitamin C dalam dosis tinggi secara intravena bersama dengan obat kanker bisa mengobati penyakit kanker.

Kadar vitamin C yang tinggi merupakan racun bagi sel-sel kanker. Dengan begitu, sel-sel kanker akan hancur sendiri tanpa merusak sel-sel tubuh yang sehat. Selain itu, vitamin C juga bisa meminimalisir efek samping dari obat kanker yang digunakan.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Suntik vitamin C dengan dosis tertentu membuat seluruh kandungan antioksidan bisa diserap dan masuk ke aliran darah.

Hal ini membuat tubuh menerima banyak antioksidan yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, dengan kata lain manfaat suntik vitamin C tidak hanya bisa memperbaiki imunitas saja tetapi juga bisa mencegah Anda agar tidak sering sakit.

5. Membantu pembakaran lemak

Mungkin Anda pernah mendengar beberapa informasi yang menyebutkan bahwa manfaat suntik vitamin C bisa membantu menurunkan berat badan bahkan secara dramatis. Hal ini agak keliru dan perlu diluruskan.

Belum ada penelitian yang membuktikan jika suntik vitamin C bisa menurunkan berat badan. Namun, tanpa vitamin C, tubuh tidak dapat membakar lemak. Jadi, tepatnya manfaat suntik vitamin C bisa membantu tubuh untuk membakar lemak.

6. Memutikan kulit dengan cepat

Suntik vitamin C bermanfaat untuk merawat kulit serta mencegahnya dari kekeringan atau dehidrasi. Kolagen tentu sangat berguna untuk kekenyalan dan keelastisan kulit. Tetapi seiring dengan bertambah usia, kolagen dalam tubuh semakin berkurang produktivitasnya. Vitamin C juga diketahui dapat membantu merangsang produksi kolagen agar wajah terbebas keriput dan penuaan dini.

Prosedur Suntik Vitamin C

Seperti yang sudah disebutkan di atas, penyuntikkan vitamin C harus dilakukan oleh tenaga medis yang ahli di bidangnya. Hal ini disebabkan karena sebelum melakukan treatment, dokter harus melakukan serangkaian tes alergi, mengecek fungsi ginjal, serta laju metabolisme tubuh Anda. Selain itu, Anda juga perlu memberitahukan pada dokter apabila memiliki masalah lambung guna mendapatkan dosis vitamin C yang sesuai dengan daya tangkap tubuh.

Efek samping suntik vitamin C

Jika Anda hanya melihat sisi manfaat suntik vitamin C nya saja, tentu akan banyak orang yang ingin melakukan suntik vitamin C. Namun, tidak sedikit orang yang pada akhirnya mundur atau urung melakukan suntik vitamin C setelah mengetahui beberapa efek sampingnya. Berikut ini adalah beberapa efek samping suntik vitamin C yang bisa ditimbulkan:

1.  Menghilangkan proteksi kulit terhadap sinar UV

Efek samping dari suntik vitamin C  bisa menghambat proses melogenesis sehingga menurunkan perlindungan kulit terhadap paparan sinar UV. Sebagaimana kita ketahui bahwa paparan sinar UV bisa membahayakan kulit dan tubuh.

2. Membuat rahim kering

Meskipun banyak wanita yang ingin kulitnya menjadi putih mempesona, namun banyak juga yang urung melakukannya karena suntik vitamin C memiliki efek samping terhadap kesuburan. Efek suntik vitamin C bisa membuat rahim menjadi kering sehingga sangat berisiko untuk kehamilan.

3. Membahayakan kesehatan ginjal

Suntik vitamin C juga bisa menimbulkan efek samping yang bisa membahayakan kondisi kesehatan ginjal. Anda perlu tahu bahwa angka kecukupan vitamin C yang dibutuhkan adalah 75-90 mg dalam sehari, sedangkan batas maksimalnya adalah 2000 mg.

Satu suntikan vitamin C biasanya mengandung 1000-2000 mg. Padahal, Anda tidak hanya cukup untuk satu kali suntik. Hal ini bisa membuat kerja ginjal menjadi sangat berat dan dalam jangka panjang bisa memicu gagal ginjal.

4. Menyebabkan hemolisis

Suntik vitamin C juga bisa menyebabkan terjadinya hemolisis. Hemolisis adalah kondisi di mana tubuh mengalami penghancuran sel-sel darah merah. Hal ini terjadi jika suntik vitamin C diberikan kepada pasien dengan kelainan bawaan.

5. Timbul beberapa gejala

Efek samping suntik vitamin C bisa menimbulkan beberapa gejala. Gejala yang muncul dikarenakan tubuh sudah menerima vitamin C dalam dosis tinggi. Beberapa gejala yang akan muncul di antaranya sakit kepala, mual, muntah, kulit memerah, sakit punggung, diare, kram perut, gusi mudah berdarah dan bisa membuat pingsan.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Leave a Reply