Penyebab Kantung Mata

Penyebab Kantung Mata yang Perlu Kamu Tahu!

Evamulia – Perawatan Wajah – Penyebab Kantung Mata – Kantung mata merupakan salah satu permasalahan kulit yang dapat menyebabkan seseorang menjadi terlihat lebih tua, lelah dan kusam. Terdapat banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah yang satu ini, mulai dari menggunakan eye cream, kompres dengan es batu hingga operasi.

Penyebab Kantung Mata yang Perlu Kamu Tahu!

Penyebab Kantung Mata

Nah, untuk memastikan kantung mata mendapatkan perawan yang tepat, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu penyebab kantung mata yang sering dialami.

Penggunaan Skincare yang Kurang tepat

Eye cream merupakan salah satu produk skincare yang fungsinya untuk merawat kulit tipis disekitar mata. Beberapa jenis kandungan efektif yang sering ditemukan pada eye cream diantaranya retinol, salicylic acid, dan glycolic acid. Ketiga kandungan tersebut memang ampuh dalam mengatasi permasalahan kulit di area mata, tetapi juga dapat menyebabkan iritasi, terutama jika diaplikasikan pada area yang salah.

Akibatnya, tubuh memiliki sirkulasi cairan yang kurang lancar, serta membuat area bawah mata menjadi lebih gelap dan kendur, sehingga mata menyimpan cairan yang berlebihan.

Alergi

Ketika sedang mengalami alergi tertentu, tubuh akan memproduksi senyawa kimia yang dapat menyebabkan bengkak dan puffy. Zat penyebab alergi ini juga dapat menyebabkan inflamasi pada area bwah mata dan menyebabkan area ini menjadi lebih gelap.

Gaya Hidup Kurang Sehat

Kurang tidur termasuk kedalam salah satu penyebab kantung mata yang paling umum dijumpai. Tubuh menjadi tidak berhasil dalam mengeluarkan cairan berlebih pada tubuh serta membuat cairan ini berlebihan berkumpul pada jaringan kulit bwah mata.

Selain itu, konsumsi garam yang berlebih juga dapat menyebabkan munculnya kantung mata. Ketika  garam tersebut dikonsumsi secara berlebih, maka tubuh berisiko mengalami dehidrasi. Tubuh mencegah hal tersebut dengan cara mengikat cairan berlebih, sama halnya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Cairan akan berkumpul pada area bawah mata dan menyebabkan pembengkakan.

Iritasi Akibat Penggunaan Produk Kecantikan

Residu shampo, kondisioner serta pembersih wajah juga dapat menjadi penyebab kantung mata. Beberapa produk tersebut dapat tertinggal pada lipatan mata akibat tidak terbilas dengan baik, sehingga menyebabkan iritasi yang membuat ingin menggosok mata dan berjung pada kantung mata.

Selain itu, eye makeup remover dan kandungan pewangi dapat menyebabkan iritasi pada mata. Oleh karena itu, pastikan selalu membilas wajah dengan baik dan gunakan produk yang bersifat hypoallergenic.

Bertambahnya Usia

Munculnya kantung mata dan dark circle merupakan salah satu ciri dari pertambahan usia. Seiring dengan bertambahnya usia, kulit mulai kehilangkan kolagen dan jaringan lemak. Sehingga, kulit menjadi kendur dan cairan yang terkumpul pada area bawah mata semakin jelas.

Bertambahnya Usia

Kantung mata juga bisa saja muncul karena faktor genetik. Cobalah amati apakah orang tuamu memiliki kantung mata yang juga sama besar?

Namun sayangnya, meskipun bukan masalah serius, kantung mata akibat faktor keturunan ini biasanya tidak dapat diatasi atau dicegah oleh obat apapun.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *