Penyebab Mata Panda yang Seharusnya Tidak Anda Abaikan!

Eva Mulia – Penyebab Mata Panda – Tahukah Anda apa arti mata panda dan apa penyebab mata panda? Jika dua hal ini menarik minat Anda, baca artikel ini sampai habis karena Anda akan menemukan jawabannya! Ingatlah untuk menerapkan hal-hal yang baik dan menghindari hal-hal yang buruk sehingga Anda dapat menjaga kesehatan mata dan kulit di sekitar area mata Anda.

Yang dimaksud dengan istilah mata panda adalah adanya lingkaran hitam di sekitar mata kita. Kulit di sekitar mata, terutama di area bawah mata, terkadang bisa tampak lebih gelap daripada kulit lainnya. Padahal, mata panda merupakan kondisi yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Pada awalnya, Anda pasti mengira bahwa seseorang dengan mata panda adalah karena kelelahan. Namun ternyata mata panda bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang berbeda.

Tipe Mata Panda

Ada dua jenis lingkaran hitam di bawah mata, yaitu biru-ungu dan kecoklatan. Mata panda biru-ungu disebabkan oleh akumulasi darah di pembuluh darah di bawah mata. Anda biasanya akan menemukannya saat bangun dari tidur. Karena tubuh Anda berbaring untuk waktu yang lama, darah menggenang di bawah mata Anda. Sementara kulit di bawah mata merupakan bagian kulit yang sensitif, perubahannya akan terlihat jelas. Biasanya mata panda ini akan hilang dengan sendirinya. Nah, jenis mata panda yang kedua ini berwarna coklat hingga hitam. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Kelelahan

Saat tubuh Anda kurang istirahat atau bahkan tidak sempat istirahat karena sibuk, Anda tidak akan bisa menjaga kondisi tubuh tetap prima. Tubuh manusia tidak bisa dipaksa untuk selalu aktif. Tubuh kita membutuhkan waktu istirahat untuk memulihkan energi yang terbuang. Jika Anda merasa kelelahan menjadi penyebab lingkaran hitam di sekitar mata, Anda bisa menggunakan mentimun. Salah satu manfaat mentimun untuk mata dan wajah adalah untuk menyegarkan mata yang lelah. Mata panda biasanya disertai dengan kantung di bawah mata. Untuk ini, Anda dapat menggunakan Cara menghilangkan kantong di bawah mata.

2. Kurang tidur

Kurang tidur juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab mata panda yang mengganggu penampilan Anda. Seperti halnya organ tubuh lainnya, mata juga membutuhkan waktu untuk beristirahat. Ini dilakukan saat tidur dan memejamkan mata. Nah, kalau kurang tidur, mata akan cepat lelah. Faktor kurang tidur juga bisa menyebabkan kantung di bawah mata dengan mata panda. Cara menghilangkan kantung di bawah mata dalam 3 hari bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi masalah mata tersebut. 3. Stres

Beban kerja dan aktivitas sehari-hari yang menuntut kita untuk selalu produktif dapat menyebabkan stres fisik dan mental yang dapat diterapkan pada situasi stres. Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Tidak dapat dipungkiri bahwa gejala stres memanifestasikan dirinya secara fisik. Jika Anda sedang stres, jangan biarkan mata panda yang muncul membuat Anda semakin stres. Anda bisa menggunakan krim untuk menghilangkan kantung di bawah mata yang juga bisa menghilangkan mata panda.

4. Keturunan

Gen atau faktor keturunan juga bisa menjadi alasan mengapa Anda mungkin memiliki mata panda. Saya ingin melihat apakah ada orang tua Anda yang memiliki hal yang sama. Jika memang menjadi faktor, akan semakin sulit untuk menghilangkannya. Untuk menghindari masalah ini, Anda bisa menggunakan riasan. Concealer dapat membantu Anda menciptakan lingkaran hitam di sekitar mata. Namun pemilihan riasan juga perlu diperhatikan. Di pasaran banyak beredar makeup palsu yang mengandung bahan kimia berbahaya. Berhati-hatilah saat berbelanja untuk menghindari bahaya riasan palsu.

5. Penuaan

Mata panda bisa muncul seiring bertambahnya usia. Padahal berbagai cara untuk mencegah penuaan dini bisa dilakukan. Penuaan tidak bisa terus menerus karena usia pasti akan terus bertambah. Tapi Anda bisa berhati-hati untuk memperlambat prosesnya. Anda bisa mengatasi keberadaan mata panda dengan melakukan perawatan salon. Namun pastikan untuk memilih salon yang terpercaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, ada bahaya wajah di ruang tamu dan hal-hal lain yang dapat membahayakan Anda. Jangan ragu untuk meminta saran dari orang-orang terdekat Anda.

6. Penyakit tertentu

Beberapa jenis penyakit dapat menyebabkan gejala pembengkakan kelopak mata. Pembengkakan ini bisa menyebabkan munculnya mata panda. Salah satu penyakit yang dapat menyebabkan mata panda adalah dermatitis atopik atau bintitan. Jika Anda merasa kelopak mata Anda bengkak karena alasan yang tidak diketahui, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter mata untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan mata panda dan masalah tersebut dapat teratasi.

7. Alergi

Alergi merupakan hasil reaksi tubuh terhadap zat-zat tertentu yang masuk ke dalam tubuh, seperti makanan dan obat-obatan. Tubuh kita mengandung antibodi yang melindungi dari gangguan berbahaya dari luar tubuh, seperti virus dan bakteri. Zat antibodi di dalam tubuh bisa menjadi resisten terhadap zat tertentu. Ini akan berbeda untuk setiap orang. Berbagai penyebab alergi kulit wajah bisa menyerang Anda. Alergi juga bisa terjadi karena bahan kosmetik yang berbahaya. Salah satu gejala yang dapat ditimbulkan dari reaksi ini adalah munculnya lingkaran hitam pada kulit di sekitar area mata.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *