image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - 4 Cara Mencegah Maag Saat Puasa - Maag saat puasa memang rasanya dapat menjadi sebuah halangan ibadah di bulan Ramadan ini. Gejala maag yang ditandai dengan perut nyeri, mual, kembung, dada rasanya perih, memang dapat menjadi alasan Anda batal lalu berbuka puasa.

Mencegah Maag Saat Puasa

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan Wajah 4 Cara Mencegah Maag Saat Puasa Maag saat puasa memang rasanya dapat menjadi sebuah halangan ibadah di bulan Ramadan ini. Gejala maag yang ditandai dengan perut nyeri, mual, kembung, dada rasanya perih, memang dapat menjadi alasan Anda batal lalu berbuka puasa.

Namun, sebenarnya maag bukan menjadi penghalang yang lumayan berarti untuk memaksimalkan ibadah sekitar hari-hari puasa kita berlangsung. Dengan catatan, kita tahu tips dan cara aman untuk menangkal maag kambuh ketika puasa. Apa saja cara mencegah maag saat puasa?

Cara Mencegah Maag Saat Puasa

Mengkonsumsi Makanan Tinggi Serat

Pastikan ketika sahur, kita mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Serat banyak ditemukan pada buah, sayur, kacang-kacangan, beras, agar-agar, dan gandum. Makanan yang kaya akan serat seringkali berisi karbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini memerlukan waktu yang lambat untuk diserap ke dalam sistem tubuh.

Makanan kaya serat ini bisa memperlambat pengosongan lambung. Jika lambung penderita maag perutnya kosong, asam lambung Anda dapat mengiritasi dinding lambung dan menyebabkan rasa perih. Hal ini dapat menambah risiko maag kambuh ketika puasa.

Selalu Sahur

Kondisi maag saat puasa umumnya dapat dicegah jika kalian selalu mengusahakan sahur ketika puasa, tidak boleh di biasakan puasa tanpa sahur. Mungkin kalian bisa satu atau dua kali tidak sahur karena sekian banyak alasan. Namun, jika hal ini di lakukan terus-menerus, kalian memperburuk keadaan maag ketika puasa.

Maag kalian dapat kambuh di jam-jam puasa terutama ketika siang hari dari pukul 10 pagi hingga pukul 12 siang. Usahakan pada ketika sahur, Anda mesti menghindari makanan yang berisiko membuat maag kambuh.

Berbuka Tepat Waktu

Kesibukan kita dalam bekerja ataupun kemacetan parah ketika kalian pulang, terkadang menjadi cara kalian untuk menunda buka puasa. Berbuka puasa tepat waktu sangat penting untuk mencegah maag kita kambuh, jangan membiasakan menunda-nunda waktu berbuka puasa.

Hindari minuman berbuka puasa yang mengandung kafein. Jika kalian sebelumnya makan tiga kali sehari, kalian dapat mengubahnya menjadi empat atau lima kali dari waktu berbuka puasa hingga waktu imsak dengan porsi yang lebih sedikit, agar kalian tidak kekenyangan.

Menghindari Makanan Penyebab Maag

Saat sahur dan berbuka puasa, Anda mesti menghindari makanan yang dapat menciptakan maag saat puasa kambuh. Hindari makanan berlemak, karena makanan yang banyak lemak dapat menambah peradangan pada selaput lambung. Mie dan pasta merupakan makanan olahan yang dapat mengiritasi selaput lambung. Makanan pedas semacam cabai rawit, mustard, dan saus sambal yang pun dapat memperburuk.

1 Comment

Leave a Reply