image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Madu Secara Medis - Manfaat madu banyak dikenal untuk kesehatan dan kecantikan. Cairan manis yang diproduksi oleh lebah ini banyak digunakan sebagai obat tradisional yang diyakini bisa solusi atau mengatasi berbagai kondisi.

Manfaat Madu Secara Medis

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan WajahManfaat Madu Secara MedisManfaat madu banyak dikenal untuk kesehatan dan kecantikan. Cairan manis yang diproduksi oleh lebah ini banyak digunakan sebagai obat tradisional yang diyakini bisa solusi atau mengatasi berbagai kondisi.

Benarkah anggapan umum mengenai manfaat madu jika dilihat dari segi medis? Madu terdiri dari beberapa kandungan seperti air, gula, antioksidan, fenolat, flavonoid, vitamin C, vitamin E, asam amino, serta mineral seperti zinc dan zat besi.

Masyarakat kerap mengambil manfaat madu sebagai obat untuk meredakan batuk, alergi, diare dan asma. Selain itu, banyak orang juga memanfaatkannya untuk berbagai permasalahan kulit seperti kulit gatal, bahan utama campuran masker untuk kulit atau bahkan menyembuhkan luka.

Manfaat Madu Secara Medis

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Madu Secara Medis - Manfaat madu banyak dikenal untuk kesehatan dan kecantikan. Cairan manis yang diproduksi oleh lebah ini banyak digunakan sebagai obat tradisional yang diyakini bisa solusi atau mengatasi berbagai kondisi.

Jika kalian tertarik menggunakan madu sebagai obat tradisional, ada baiknya kalian mengetaui manfaat madu secara medis:

Menyembuhkan Luka

Nutrisi dan bahan kimia yang ada pada madu dipercaya dapat mempercepat pengobatan luka dengan cara mengurangi rasa sakit, mengurangi infeksi, menambah kinerja sel yang rusak karena luka, mengurangi nanah, serta bau tidak sedap pada luka. Jenis luka yang mungkin bisa disembuhkan oleh madu adalah luka bakar, lecet, luka pascaoperasi, dan borok atau ulkus kaki kronis.

Mengatasi Sariawan

Mengonsumsi madu sebanyak 20 ml mungkin bisa mengurangi tingkat keparahan sariawan, serta penurunan berat badan dan nyeri saat menelan akibat terapi radiasi dalam pengobatan kanker di kepala dan leher. Penelitian mengatakan bahwa pasien yang diberi madu pasca terapi radiasi di kepala mengeluhkan nyeri lebih ringan dibandingkan mereka yang tidak.

Pengobatan Batuk

Beberapa penelitian mengatakan bahwa rasa manis pada madu bisa memicu air liur dan lendir. Hal tersebut bisa membasahi tenggorokan hingga meredakan batuk. Mengonsumsi madu sebelum istirahat mungkin bisa mengurangi batuk pada orang dewasa dan anak-anak yang berusia dua tahun ke atas. Madu tidak boleh dikatan sebagai obat batuk pada bayi atau karena cerita lain, karena dapat mengakibatkan keracunan.

Diabetes

Manfaat madu secara medis ternyata juga baik dalam penanganan penyakit diabetes. Beberapa penelitian berkata bahwa mengonsumsi madu setiap hari bisa menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Selain itu, kadar kolesterol dan berat badan penderita diabetes juga bisa menurun karena manfaat madu. Namun Saat ini masih perlu diamati lebih jauh tentang jenis madu apa yang berguna untuk membantu mengobati masalah tersebut.

Selain itu, para peneliti lebih lanjut juga diperlukan untuk mengetahui kebenaran manfaat madu secara medis untuk kondisi lain seperti:

Meningkatkan stamina, Mengatasi alergi, Mengobati diare, Meringankan kondisi setelah operasi mata, Meningkatkan kesuburan, Mengatasi kulit gatal, Mengobati iritasi kulit akibat terbakar matahari, Meringankan asma, Mengatasi masalah kekurangan gizi, Menurunkan berat badan atau untuk diet.

Leave a Reply