image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Perawatan Wajah Serum, Essence Dan Emulsion - Buat yang baru mulai terjun ke rutinitas perawatan wajah, pasti akan bingung ketika pertama kali membeli produk skin care. Banyak istilah-istilah yang kurang umum dan terdapat pada produk-produk tersebut.

Perawatan Wajah Serum, Essence Dan Emulsion

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan Wajah Perawatan Wajah Serum, Essence Dan Emulsion Buat yang baru mulai terjun ke rutinitas perawatan wajah, pasti akan bingung ketika pertama kali membeli produk skin care. Banyak istilah-istilah yang kurang umum dan terdapat pada produk-produk tersebut.

Biasanya produk skin care Korea yang memiliki beragam jenis istilah dalam produk perawatan kulitnya, seperti essence, serum, emulsion, refiner, moisturizer, dan masih banyak lagi. Nah kali ini, saya akan membahas 3 istilah yang seringkali membuat bingung apa perbedaan dan cara pakainya.

Perawatan Wajah Serum, Essence Dan Emulsion

Perawatan Wajah Serum

Produk serum bersifat ringan, memiliki konsentrasi yang lebih tinggi daripada essence. Biasanya serum mempuyai keunggulan atau manfaat dalam menangani kondisi kulit tertentu, misalnya melawan tanda-tanda penuaan, atau kaya akan kandungan anti-oksidan. Cara pemakaian serum adalah sebelum penggunaan moisturizer.

Kalau Anda biasa mempraktikkan 10 step skin care routine ala Korea, pemakaian serum adalah setelah penggunaan essence. Ini rekomendasi serum yang dapat Anda coba. Kulit Anda kusam, serum ini bisa menjadi pilihan Anda. Formulanya berbentuk gel dengan kandungan vitamin c yang digabungkan dengan bahan terbaik lainnya.

Perawatan Wajah Essence

Dulu essence merupakan versi serum dengan tekstur dan konsentrasi yang lebih ringan, tapi sekarang menjadi lebih ringan dan berair. Hal ini karena essence memiliki konsentrasi lebih rendah daripada serum. Formulanya bertekstur kental dan mirip gel bahkan ada yang cair. Essence ini menjadi bagian utama dari perawatan skin care Korea.

Anda bisa menggunakan essence setelah memakai toner/refiner. Sehingga kulit dengan instan cepat terhidrasi dan kenyal dengan menggunakan essence ini. Manfaatnya bertahan lama. Tekstur yang ringan membuatnya mudah diaplikasikan dan menyerap pada kulit wajah.

Perawatan Wajah Emulsion

Produk emulsion dibuat dengan menggunakanbahan dasar air, lebih ringan daripada krim atau lotion, lebih kental dan memiliki konsentrasi yang lebih rendah dibanding dengan serum. Emulsion cocok sebagai pelembap untuk kulit kombinasi dan berminyak karena formulanya yang ringan sehingga mudah:

  • menyerap serta mampu menghidrasi.
  • melembapkan kulit.
  • memudahkan kulit wajah untuk bernapas.

Selain itu, formulanya yang ringan juga cocok untuk kulit sensitif. Emulsion ini membantu mencerahkan wajah, memiliki kandungan 20% ekstrak buah tomat dan vitamin c untuk memperbaiki warna kulit wajah.

Kesimpulan:

Setelah memahami perbedaan perawatan Perawatan Wajah Serum, Essence Dan Emulsion kalian bisa memilih yang paling baik untuk sesuai kebutuhan kulit Anda. Meski demikian, Anda juga bisa menggunakan ketiganya.

Jika Anda memilih menggunakan ketiganya, maka yang harus dioleskan terlebih dulu setelah cleansing dan toner adalah essence, dilanjutkan dengan serum, baru emulsion sebagai langkah terakhir. Untuk lebih amannya sebelum penggunaan, ada baiknya lakukan konsultasi dulu terhadap dokter.

Leave a Reply